Ketika Steelheart Menyihir The 90's Festival 2024

Band asal Amerika Serikat, Steelheart tampil memikat di The 90's Festival 2024.

oleh Edu Krisnadefa diperbarui 12 Agu 2024, 06:35 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 06:35 WIB
Steelheart
Grup musik rock asal Amerika, Steelheart saat tampil pada acara The 90's Festival 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Miljenko Matijevic masih terlihat begitu bugar. Badannya tinggi besar, atletis, pergerakannya pun masih tampak lincah. Selintas sulit menduga jika usia pria blasteran Amerika Serikat-Krosia ini sudah memasuki kepala enam.

Malam itu, Michael, panggilan Matijevic, tampil mentereng. Dia mengenakan kemeja lengan panjang biru metalik dan celana latex berwarna hitam, plus kaca mata hitam.

Tak lupa dia membuka kancing kemejanya hingga ke dada. Terlihat flamboyan, khas vokalis-vokalis glam rock era 1990-an.

Di panggung The 90's Festival 2024, Matijevic Bersama bandnya, Steelheart, tampil jadi salah satu headliner di hari pertama, Sabtu (10/8/2024).

Bagi Steelheart, ini ketiga kali mereka hadir di Jakarta. Sebelumnya, band yang dibentuk di Connecticut pada 1989 ini sempat dua kali hadir di ibukota negara pada 2013.

Steelheart sendiri jadi salah satu band yang paling ditunggu penampilannya di The 90's Festival. Para pecinta musik Indonesia masih terkagum-kagum dengan lengkingan vokal Matijevic di lagu "She's Gone" yang mencuat di awal tahun 1990-an.

Ketika itu, Matijevic memang disebut-sebut sebagai salah satu vokalis yang mampu menjangkau nada-nada tinggi, hingga 7 oktav!

Dengan formasi terkini: Matijevic (vokal), Mike Humbert (drum), Joe Pessia (gitar), dan James Ward (bass), Steelheart menyapa penonton The 90's Festival 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Matijevic Masih Garang

Steelheart
Grup musik rock asal Amerika, Steelheart saat tampil pada acara The 90's Festival 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mereka menggebrak dengan dua lagu cover dari Steel Dragon, "Blood Pollution" dan "Livin' the Life" yang merupakan soundtrack dari film Rock Star yang dibintangi Mark Wahlberg di tahun 2001.

Baru di lagu ketiga, Matijevic dan kawan-kawan membawakan lagu mereka sendiri, "Dirty Girl" yang diambil dari album Through Worlds of Stardust di tahun 2017.

Ternyata Matijevic masih garang di panggung. Dengan aksinya yang energik dan penguasaan panggung yang mumpuni, dia masih mampu memukau penonton.

"Good evening Jakartaaaaa....," Matijevic berteriak usai lagu "Dirty Girl".

Lalu, dia berujar, "Ini lagu yang kami ambil dari album pertama kami...."

Tak lama meluncurlah "Gimme Gimme". Lagu ini merupakan ciptaan Matijevic dan Ward, dua personel original Steelheart yang tersisa hingga saat ini.


Pamer Suara Tinggi

Steelheart
Sang vokalis, Miljenko Matijevic, masih sanggup bawakan lagu “She’s Gone” yang sulit itu dengan sempurna.

Di lagu ini, Matijevic mulai sering memamerkan teriakannya di sela-sela bait-bait lagu. Penonton pun terkesima tak menyangka Matijevic masih menyimpan powernya untuk menjangkau nada-nada tinggi.

Begitu juga di lagu selanjutnya, "Everybody Loves Eileen", di mana di awal lagu, Matijevic sempat memainkan gitar akustik.

Beberapa kali Matijevic memamerkan kemampuannya menjangkau nada tinggi. Penonton pun bersorak.


She's Gone Momen Klimaks

Steelheart
Band yang dibentuk pada tahun 1989 ini membawakan sejumlah hits mereka seperti She's Gone dan I'll Never You Go. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hingga akhirnya saat yang ditunggu-tunggu penonton pun tiba. Terdengar dentingan suara piano melalui sequencer, yang merupakan intro dari lagu "She's Gone". Penonton pun riuh.

Suasana hening tiba-tiba. Matijevic melantunkan bait-bait awal lirik "She's Gone" tanpa diiringi musik.Lagu yang masuk dalam album pertama mereka itu memang dimainkan dengan aransemen berbeda di panggung The 90's Festival.

Melodi gitar ikonik di intro lagu yang terdapat di versi asli baru dimainkan Pessie di tengah lagu, sebelum Matijevic kembali menyanyikan bait-bait awal.

Yang paling seru tentu saja saat memasuki bagian refrain. Penonton pun menunggu teriakan khas Matijevic saat menjelang chorus.

Hasilnya, tak mengecewakan. Matijevic seolah menyihir penonton saat berteriak "giiiiirllllll...." hingga nada tertinggi. Penonton pun bersorak, mereka mendapat momen klimaks dari konser Steelheart di The 90's Festival ini.

Tak heran, aplaus panjang pun bersahutan usai Steelheart membawakan lagu ini.


Ditutup dengan I'll Never Let You Go

Steelheart
Grup musik rock asal Amerika, Steelheart saat tampil pada acara The 90's Festival 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Steelheart kemudian membawakan lagu "We All Die Young" yang kembali disambut meriah penonton. Usai lagu ini, Steelheart pamit.

"Thank you Jakartaaaaa," ujar Matijevic. Lampu-lampu lalu dimatikan. Namun penonton terus berteriak "We want more, we want more...."

Matijevic Kembali menyandang gitar akustik. Tak lama, mengalunlah "I'll Never Let You Go", yang menjadi penuntup konser Steelheart malam itu. Penonton pun puas.

"Mike masih oke suaranya walau usia sudah tidak muda lagi," ujar A. Eko Cahyanto, salah seorang penonton yang hadir. "Permainan mereka rapi dan cukup bersih. Lagu She's Gone dan I'll Never Let You Go dipoles lagi menjadi lebih fresh bahkan memasukkan unsur musik country," ujarnya.

Eko, yang juga seorang admin dari komunitas pencinta musik Glam Rock Community Indonesia (GRCI) menyebut, kehadiran Steelheart di The 90's Festival cukup menyegarkan dan memulihkan kerinduan para penikmat musik hard rock atau glam rock.

"Sebab, akhir-akhir ini jarang sekali band dunia dengan genre itu hadir di Indonesia," ujarnya.

 


Setlist Steelheart di The 90's Festival 2024

Steelheart
Grup musik rock asal Amerika, Steelheart saat tampil pada acara The 90's Festival 2024 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Setlist Steelheart di The 90's Festival 2024

1. Blood Pollution (Steel Dragon cover)

2. Livin' the Life (Steel Dragon cover)

3. Dirty Girl

4. Gimme Gimme

5. Everybody Loves Eileen

6. She's Gone

7. We All Die Young

8. I'll Never Let You Go

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya