Permohonan Talak Cerai Andre Taulany Terhadap Rien Wartia Ditolak, Pengadilan Ungkap Alasannya

Andre Taulany sempat menggugat cerai Rien Wartia ke Pengadilan Agama Tigaraksa.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 24 Sep 2024, 17:01 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 17:00 WIB
Andre Taulany
Kuasa hukum Andre Taulany mengakui sidang cerai beragenda mediasi gagal. Proses cerai berlanjut. Ia membantah talak cerai karena dugaan perselingkuhan. (Foto: Dok. Instagram @andreastaulany)

Liputan6.com, Jakarta Pengadilan Agama Tiga Raksa menolak permohonan talak cerai Andre Taulany terhadap istrinya, Rien Wartia Trigina. Dalam artian, permohonan talak cerai Andre dinyatakan gugur dan keduanya masih dinyatakan sah sebagai suami istri. 

Hal itu disampaikan Humas Pengadilan Agama Tiga Raksa, Ummi Azma. Ditolaknya permohonan itu karena majelis hakim tidak menemukan dalil-dalil yang diajukan Andre Taulany.

"Putusan nomor 1668/ PDTG/2024/PA Tigaraksa perkara cerai talak antara Andreas Taulany bin RMI Haumahu sebagai termohon, Majelis Hakim menolak permohonan pemohon," kata Ummi Azma kepada wartawan, Selasa (24/9/2024).

"Menurut pertimbangan hukum Majelis Hakim bahwa dari dalil yang diajukan oleh pemohon yang menyatakan adanya perselisihan dan pertengkaran terus-menerus itu tidak terbukti," Ummi Azma menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tidak Memenuhi Ketentuan

Erin Taulany
Istri Andre Taulany, Erin Taulany juga bergabung dengan deretan aktris yang memakai outerwear. Keluarga Taulany memakai koleksi dodotan white and gold dari Ghea Fashion Studio. [Foto: @erintaulany]

Ummi mengatakan, permohonan Andre tidak memenuhi ketentuan Pasal 39 ayat 2 undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan juncto Pasal 19 huruf F Peraturan Pemerintah nomor 9 tahun 1975 juncto Pasal 119 huruf F Kompilasi Hukum Islam. 

"Pemohon dan termohon hanya kurang komunikasi saja sehingga permohonan pemohon itu tidak memenuhi ketentuan," jelasnya.

 


Keterangan Saksi

7 Momen Liburan Andre Taulany di Bali, Tampil Mesra Bersama Istri
Andre Taulany liburan bareng istri (Sumber: Instagram/andreastaulany)

Putusan ini diperkuat keterangan saksi yang dihadirkan, baik dari pihak pemohon maupun termohon. Saksi yang dihadirkan merupakan keluarga dari kedua pihak. 

"Menyatakan bahwa antara pemohon dan termohon itu hanya kurang komunikasi saja. Tidak ada pertengkaran, tidak terjadi perselisihan pertengkaran yang terus menerus," ungkapnya.

 


Belum Berkekuatan Hukum Tetap

Menurut Ummi, putusan ini masih belum berkekuatan hukum tetap. Kedua pihak masih dapat mengajukan banding hingga batas waktu yang ditetapkan. 

"Jadi nanti baru berkekuatan hukum tetap itu tanggal 4 Oktober 2024. Dan baru itulah kita ketahui nanti kalau ternyata tidak ada yang banding berarti pemohon dan termohon masih suami istri," ucap Ummi Azma.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya