Dua Pekan Jelang Puasa Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Probolinggo Terpantau Stabil

Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo terpantau stabil dua pekan menjelang Ramadhan.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 08 Mar 2023, 07:04 WIB
Diterbitkan 08 Mar 2023, 07:04 WIB
Harga kebutuhan pokok di Probolinggo terpantau stabil. (Istimewa)
Harga kebutuhan pokok di Probolinggo terpantau stabil. (Istimewa)

Liputan6.com, Probolinggo - Harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo terpantau stabil dua pekan menjelang Ramadhan.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya inflasi, kami akan menganalisis kembali ketersedian sembako pada distributor- distributor yang ada di pasaran,” ujar Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, Selasa (7/3/2023).

Kata dia, meski terpantau stabil, namun pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok. Selain itu operasi pasar juga terus dilakukan untuk mendukung pengendalian inflasi menejelang bulan puasa ini.

Menurut Timbul, kebutuhan pokok seperti telur, beras, gula dan minyak goreng biasanya permintaan cukup tinggi dan harganya mengalami kenaikan menjelang lebaran.

“Ketersedian beras  saat ini sangat mencukupi. Ditambah lagi saat ini masuk musim panen padi dan stok beras Perum Bulog juga dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H,” paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah mengerahkan OPD terkait untuk memperbanyak kegiatan pasar murah menjelang lebaran dan strategi yang ditekankan agar mengakomodir produk -produk UMKM yang nantinya bisa dijual di pasar murah itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pasar Murah

“Kami ingin banyak pihak terlibat dalam pengendalian inflasi baik melalui mitra CSR maupun perusahaan swasta untuk mengadakan kegiatan pasar murah.  Intinya masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok dengan mudah dan harga normnal,” paparnya.

Timbul berharap dengan mengoptimalkan upaya- upaya tersebut maka kata dia, inflasi di Probolingga akan tetap terkendali sehingga harga-harga bahan  pokok tidak terlalu meroket.

“Mudah-mudahan dengan segala upaya ini bisa mengendalikan harga bahan pokok selama puasa dan Idul Fitri agar harganya tidak naik,” pungkasnya.

Infografis Skema Pensiun PNS
Infografis Skema Pensiun PNS
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya