Sejumlah Jalan Protokol di Kota Malang Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Prayitno menjelaskan, tim BPBD Kota Malang langsung diterjunkan ke lokasi tersebut untuk memastikan kondisi tidak membahayakan bagi warga, khususnya kelompok rentan seperti para lanjut usia anak-anak dan penyandang disabilitas.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Nov 2023, 20:00 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi Banjir | unsplash.com/@jonfordphotos
Ilustrasi Banjir | unsplash.com/@jonfordphotos

Liputan6.com, Kota Malang - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kota Malang, Jawa Timur menyebabkan sejumlah titik di wilayah tersebut mengalami banjir dan menyebabkan beberapa infrastruktur mengalami kerusakan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Prayitno mengatakan bahwa salah satu titik banjir dengan ketinggian air hingga dua meter terjadi di Perumahan Sigura-gura Residence di wilayah Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun.

"Saya berada di lokasi yang tadi sempat mengalami banjir setinggi dua meter, di wilayah Karangbesuki," katanya di Kota Malang, Sabtu (26/11/2023), dilansir dari Antara.

Prayitno menjelaskan, tim BPBD Kota Malang langsung diterjunkan ke lokasi tersebut untuk memastikan kondisi tidak membahayakan bagi warga, khususnya kelompok rentan seperti para lanjut usia anak-anak dan penyandang disabilitas.

Menurut dia, kondisi saat ini air sudah surut dan tidak ada laporan terkait korban dari bencana banjir yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi tersebut. Namun, BPBD Kota Malang mencatat ada sejumlah kerusakan, khususnya di wilayah Kelurahan Karangbesuki.

"Tidak ada laporan korban akibat banjir, yang masuk hanya kerusakan seperti jalan paving, tembok sungai roboh. Itu saja, kerusakan teknis pada konstruksi. Banjir juga merendam sejumlah rumah di lokasi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, titik lain yang dilaporkan mengalami banjir adalah di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Klojen dan Kecamatan Lowokwaru. Di wilayah Kecamatan Klojen, dilaporkan tembok rumah roboh dan menyebabkan kerusakan.

Namun ia memastikan saat ini kondisi banjir sudah surut seiring hujan yang mereda dan tidak ada korban jiwa akibat bencana yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi kurang lebih selama satu jam sejak pukul 14.00 WIB.

"Tidak ada korban jiwa. Sekarang mulai proses pembersihan rumah akibat adanya lumpur," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lokasi Terdampak Banjir

Berdasarkan pantauan di lapangan, banjir terjadi pada sejumlah titik di wilayah Kota Malang seperti di wilayah Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Jalan MT Haryono, Simpang Gajayana, Jalan Mayjen Pandjaitan, Jalan Galunggung, Jalan Soekarno Hatta dan Kampung Kayutangan Heritage.

Selain itu, banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi tersebut juga terjadi di Jalan Veteran, hingga membuat lantai dasar salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kawasan tersebut tergenang.

Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia
Infografis Komponen Wajib Pernikahan Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya