Facebook Tawarkan Anti-Malware Gratis

Software anti-malware ini bisa diunduh secara gratis oleh pengguna yang memakai perangkat terinfeksi malware.

oleh Andina Librianty diperbarui 22 Mei 2014, 12:27 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2014, 12:27 WIB
Ilustrasi Facebook
Ilustrasi Facebook (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta - Facebook membantu pengguna untuk membersihkan malware yang ada dalam perangkat mereka. Software anti-malware ini bisa diunduh secara gratis oleh pengguna yang memakai perangkat terinfeksi malware.

Dilansir The Next Web, Kamis (22/5/2014), untuk memfasilitasi hal tersebut raksasa jejaring sosial ini bekerjasama dengan vendor software keamanan F-Secure dan Trend Micro. Salah satu anti-malware dari keduanya ini akan direkomendasikan berdasarkan jenis malware yang dideteksi. 

Pengguna dengan perangkat yang terinfeksi malware akan mendapat pemberitahuan tentang salah satu produk keamanan tersebut ketika mengakses Facebook. Jika Anda mengklik download, software anti-malware ini secara otomatis akan terpasang dan mulai menjalankan tugasnya. Kemudian Anda akan melihat hasilnya dalam bentuk pemberitahuan di Facebook. Setelah selesai, software tersebut akan langsung terhapus.

Mengingat software ini tidak bisa dimiliki selamanya, maka tidak bisa digunakan sebagai 'pelindung tetap' perangkat Anda dari malware. Namun, Facebook tidak mengungkapkan jenis perangkat apa yang bisa menggunakan software anti-malware tersebut.

Kendati anti-malware ini bisa membantu pengguna, tak menutup kemungkinan ada pengguna yang tidak ingin menjalankan software itu. Facebook mengatakan bahwa pengguna bisa menolak mengunduh software anti-malware dan tetap bisa menggunakan layanannya. Setelah itu, pengguna mungkin akan tetap melihat pemberitahuan mengenai anti-malware ini.

Langkah Facebook menawarkan tool keamanan bagi pengguna dinilai sebagai pilihan yang tepat, setidaknya bisa mengurangi jumlah 'link nakal' yang dikirim dari komputer teman yang telah terinfeksi malware. Facebook berencana untuk menawarkan software tambahan lainnya di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya