Beginilah Proses Cetak Rekening Koran Anda Dilakukan

Ingin tahu proses cetak surat rekening koran yang biasa dikirim ke rumah Anda tiap bulan? Berikut laporannya.

oleh Denny Mahardy diperbarui 16 Okt 2014, 18:00 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2014, 18:00 WIB
Baru Lahir, Perusahaan Cetak Siapkan Strategi di Era Digital
Perusahaan percetakan konvensional harus memutar otak untuk bisa bertahan di era digital

Liputan6.com, Jakarta - Surat tagihan dan pemberitahuan transaksi yang dilakukan melalui kartu kredit, asuransi, operator telekomunikasi dan layanan lainnya hampir setiap bulan datang ke tempat kita sebagai bukti transaksi yang pernah dilakukan dalam satu periode.

Meski surat yang biasa disebut sebagai rekening koran tersebut sudah akrab bagi sebagian orang, namun masih ada yang tidak tahu bagaimana proses pencetakannya dilakukan.

Tim Tekno Liputan6.com berkesempatan mengunjungi dan menyaksikan langsung proses pembuatan rekening koran yang dibuat di PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI). Mau tahu seperti apa? Lihat foto-fotonya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Presdir AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI berfoto di ruang desain percetakan Xprins

Presiden Direktur AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI berfoto di ruang desain percetakan Xprins. Di ruangan ini proses input data dan desain dilakukan untuk menyesuaikan surat rekening koran dengan permintaan pelanggan.


2

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Pegawai sedang melihat hasil pencetakan data pesanan pelanggan

Setelah didesain, data pun akan dicetak dengan mesin pencetak yang ada di AXI. Proses pencetakan menggunakan sistem percetakan variable data printing yang akan mencetak semua data nasabah pelanggan yang berbeda-beda dengan sekali proses cetak.


3

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Pegawai AXI sedang menjalankan mesin untuk memasukkan hasil cetakan ke dalam amplop

Berikutnya, hasil cetakan akan dimasukkan dalam mesin lipat dan dimasukkan dalam amplop. Pada proses ini mesin cetak akan memasukkan lembaran surat rekening koran ke dalam amplop secara otomatis atau biasa disebut inserting.


4

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Operator mesin memantau kertas yang akan dimasukkan dalam amplop

Setelah melalui proses inserting, pegawai AXI akan mengumpulkan amplop-amplop berisi surat rekening koran. Pada proses ini biasanya dilakukan monitoring untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan dalam amplop sesuai dengan permintaan pelanggan.


5

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Jajaran petinggi AXI ikut memantau hasil cetakan yang sudah dimasukkan dalam amplop

Tim sortir akan memisahkan surat rekening koran yang sudah terdapat di dalam amplop sesuai kategori yang diminta oleh pelanggan. Biasanya pemisahan dilakukan sesuai dengan wilayah alamat atau jenis surat yang dicetak.


6

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Presdir AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI mengecek hasil cetakan yang sudah dipisahkan sesuai kategori pesanan pelanggan

Proses pemisahan kategori juga dimanfaatkan untuk memeriksa kembali setiap surat rekening koran yang sudah dikumpulkan tidak tercecer atau masuk dalam kategori yang tidak sesuai. Langkah ini untuk meminimalisir kesalahan dalam proses pengkategorian.


7

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Pegawai sedang menyortir hasil cetakan yang sudah ada di dalam amplop untuk dibagi sesuai kategori yang diminta pelanggan

Setelah terpisah dalam kategori masing-masing pegawai AXI akan memasukkannya dalam box khusus dan dilabeli agar mempermudah proses pengiriman.


8

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Presdir AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI memantau pegawai yang sedang menyortir hasil cetakan yang sudah ada di dalam amplop

Presdir AXI, Sahat Sihombing bersama Leonard Sinagar, Direktur AXI ikut memeriksa hasil pemisahan surat rekening koran yang sudah dilakukan pegawainya.


9

Ini Proses Pencetakan Surat Tagihan Bulanan Anda
Sahat Sihombing (Presdir AXI), Leonard Sinagar (Direktur AXI) dan Mellinda Pudjo (Marketing Division Head) berfoto bersama di mobil Layanan Gerak yang merupakan bagian bisnis AXI

Pengiriman bisa dilakukan juga oleh bisnis Layan Gerak yang dimiliki AXI. Deteksi surat yang dikirimkan oleh kurir AXI diklaim bisa dipantau secara langsung pelanggan karena setiap kurir telah dibekali perangkat pintar yang dilengkapi teknologi GPS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya