Seniman Jual Foto Instagram Seharga Rp 1,1 Milyar Tanpa Izin

Seorang seniman asal New York menjual foto orang lain di Instagram seharga US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar tanpa izin.

oleh Iskandar diperbarui 27 Mei 2015, 07:06 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2015, 07:06 WIB
Seniman Jual Foto di Instagram Seharga Rp 1,2 Milyar Tanpa Izin
Pameran foto Richard Prince di Gagosian Gallery (mirror.co.uk)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman asal New York, Amerika Serikat menjual foto orang lain di Instagram seharga US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar tanpa meminta izin kepada yang bersangkutan (pemilik aslinya).

Seniman bernama Richard Prince tersebut hanya mengambil sejumlah posting-an dari aplikasi berbagi foto populer tersebut dan mencetaknya ke dalam ukuran besar.

Dalam pameran terbarunya, Prince memamerkan 37 foto yang diambil dari Instagram orang lain - tanpa bertanya kepada sang pemilik asli apakah mengizinkannya untuk dipamerkan atau tidak.

Beberapa foto sudah dipamerkan pada akhir 2014, dan baru-baru ini ada yang dijual di pameran Frieze Art Fair, New York dengan nilai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 milyar.

Salah satu foto yang dijual adalah foto seorang wanita bernama Doe Deere. Ia tahu hasil karyanya dipajang oleh Prince ketika teman-temannya melihat pameran tersebut.


Ia mengatakan kepada para follower Instagram-nya bahwa Prince tidak meminta izin untuk menggunakan fotonya di pameran itu.

"Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu)," tulis pemilik akun @doedeere.

(isk/dhi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya