Microsoft Surface Book Diprediksi Bakal Terjual 100.000 Unit

Setelah tipe Surface Book dengan spesifikasi tertinggi dan harga termahal sold out dalam sesi pre-order, Gartner prediksi angka penjualannya

oleh M Hidayat diperbarui 16 Okt 2015, 13:15 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2015, 13:15 WIB
Microsoft Surface Book
Microsoft Surface Book. Foto: Tech Crunch

Liputan6.com, Jakarta - Menarik untuk memerhatikan fakta bahwa tipe Surface Book dengan spesifikasi tertinggi dan harga termahal, sold out dalam sesi pre-order yang dimulai Selasa (6/10/2015) lalu.

Lantas, apakah ini berarti bahwa Surface Book akan menuai kesuksesan? Terkait hal ini, perusahaan riset Gartner, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (16/10/2015) mengatakan bahwa Surface Book dapat mencapai angka penjualan antara 50.000 dan 100.000 unit pada kuartal keempat 2015.

Laptop yang diumumkan secara resmi pada pekan lalu ini dapat digunakan dengan keyboard dock atau dalam modus "clipboard" yang mirip dengan komputer tablet. Jika Surface Pro bersaing dengan MacBook Air, Surface Book dirancang untuk berhadapan dengan MacBook Pro.

Salah satu alasan mengapa penjualan Surface Book relatif kecil adalah jalur distribusi Microsoft. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut belum lama ini menandatangani kesepakatan dengan Dell dan HP untuk meningkatkan penjualan di antara para pelanggan perusahaan, namun infrastruktur untuk menjual puluhan juta unitnya saat ini belum ada.

Tren penjualan keseluruhan untuk perangkat Surface terbilang positif, menurut data perusahaan. Selama 2014, Microsoft menjual sekitar 1,8 juta tablet Surface Pro, lebih dari 500.000 di antaranya disumbang dari penjualan antara bulan Januari dan Juni.

Dalam enam bulan pertama 2015, perusahaan telah menjual sekitar 1,5 juta unit, yang artinya terdapat peningkatan sebanyak tiga kali lipat.

Akan tetapi, masih ada hal yang harus diperhatikan. Dua lini utama komputer besutan Apple, MacBook Air dan Pro, terjual masing-masing 5,4 juta dan 2 juta unit antara Januari dan Juni 2015. Keduanya adalah target yang akan 'digempur' Microsoft dengan Surface Book.

Dengan menginspirasi produsen pihak ketiga untuk membuat produk yang lebih baik, Windows menjadi proposisi yang lebih menarik secara keseluruhan, sesuatu yang sangat berdampak bagi Microsoft.

(why/isk)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya