Merasakan Sensasi Rumah Pintar LG di Sydney

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk merasakan sensasi rumah pintar LG Electronics di Sydney, Australia.

oleh Iskandar diperbarui 13 Mar 2019, 14:17 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2019, 14:17 WIB
LG Innofest 2019
Rumah Pintar LG Electronics di Sydney. Dok: LG Electronics Indonesia

Liputan6.com, Sydney - Saat gelaran InnoFest 2019 tingkat Asia Pasifik, LG Electronics menekankan teknologi kecerdasan (artificial intelligence/AI), dengan mendirikan rumah pintar bernama LG Mansion di Cremorne, Sydney, New South Wales, Australia.

Di rumah pintar tersebut dipamerkan sejumlah demo produk elektronik LG kelas premium (LG Signature), yang telah membenamkan platform AI, ThinQ, dengan dukungan dari Google Assistant dan Amazon.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk merasakan sensasi bagaimana produk tersebut dapat memudahkan aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah dan menyenangkan di rumah pintar LG, Rabu (13/3/2019) waktu setempat.

Perangkat elektronik, mulai dari televisi (TV), penyejuk udara, pembersih debu, lemari es, lemari pendingin wine, microwave, mesin pembuat bir, hingga mesin cuci, bisa berkomunikasi satu sama lain.

Ini disebut Internet of Things (IoT), di mana semua itu bisa berjalan berkat dukungan jaringan internet berkecepatan tinggi, seperti 5G. Dalam hal ini kemampuan AI dibutuhkan IoT untuk menjadikan perangkat menjadi lebih bersahabat.

Berkat AI, perangkat elektronik tersebut juga akan mempelajari kebiasaan pengguna serta merekomendasikan atau memberi saran tentang pengaturan dan pemakaian perangkat agar bisa berjalan dengan baik.

Untuk menggunakan perangkat pintar dari LG, pengguna cukup melakukan perintah melalui suara, dengan mengatakan "Hi LG". Dengan catatan perangkat tersebut sudah mengenal suara si pengguna.

Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Misalnya, saat ingin menaruh wine di lemari pendingin, pengguna cukup mengatakan, "Hi LG, open the door please." Lalu pintu lemari pendingin itu akan terbuka dengan sendirinya tanpa khawatir botol wine yang ada di kedua genggaman tangan terjatuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Asisten Virtual

LG
Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Selain itu, ketika pengguna menyalakan air purifier di dalam rumah, asisten virtual dalam bentuk speaker akan merekomendasikan pengguna, apakah perlu dinyalakan penyejuk udara atau tidak. Asisten virtual itu juga akan memberi tahu tentang kondisi udara di luar ruangan.

Lalu, saat pengguna membersikan rumah dengan vacuum cleaner, ThinQ akan menyadarinya dan bakal merekomendasikan untuk mengaktifkan robot pembersih.

Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Apabila pengguna akan mencuci pakaian di mesin cuci, ThinQ akan mengatur pengoperasiannya dan memperingati pengguna bila ada masalah.

Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Misalkan jika pintu mesin cuci tidak tertutup rapat, ThinQ akan memberitahu pegguna kalau ada masalah tersebut. Ya, ThinQ mengetahui semua pengaturan yang sesuai dengan keinginan kita.

 


Meningkatkan Fitur AI Pada TV

LG
Suasana LG InnoFest 2019 di Sydney, Australia. Liputan6.com/Iskandar

Tak cukup sampai di situ, TV pintar terbaru LG juga bisa dikontrol via perintah suara melalui mic yang ada pada remote control. Smart TV itu bahkan bisa menjadi hub untuk berkomunikasi dengan perangkat pintar lainnya.

LG mengklaim telah meningkatkan fitur AI pada TV, di mana deep learning yang ada bisa mengarahkan prosesor untuk meningkatkan kualitas gambar.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya