Cloud RAN dari Ericsson Tawarkan Fleksibilitas Jaringan Lebih Besar

Ericsson mengumumkan Cloud RAN (Radio Access Network) untuk meningkatkan fleksibilitas dan keserbagunaan jaringan

oleh M Hidayat diperbarui 06 Nov 2020, 14:30 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2020, 14:30 WIB
Kantor pusat Ericsson
Kantor pusat Ericsson. Kredit: Ericsson

Liputan6.com, Jakarta - Ericsson mengumumkan Cloud RAN (Radio Access Network) untuk meningkatkan fleksibilitas dan keserbagunaan jaringan. Ia merupakan solusi perangkat lunak yang bersifat cloud-native, yang dapat menangani komputasi fungsionalitas di dalam RAN.

Perangkat tersebut akan menjadi pelengkap atas layanan baseband khusus dengan kinerja tinggi di dalam portofolio Ericsson Radio System. Oleh karena itu, penyedia layanan komunikasi diharapkan akan memiliki pilihan optimal untuk setiap skenario dan kebutuhan pengembangan.

Seiring pengembangan dan implementasi jaringan 5G di industri komunikasi di seluruh dunia, berbagai teknologi yang termasuk automatisasi dan virtualisasi, khususnya yang berbasis Cloud RAN, akan memainkan peran vital di dalam evolusi jaringan mendatang.

Semua teknologi itu akan menjadi katalisator keterbukaan jaringan. Teknologi cloud akan menawarkan pilihan inovatif terkini untuk penerapan RAN dalam melengkapi solusi yang sudah ada dan teruji.

"5G merupakan sebuah platform untuk membuka inovasi. Dengan pemberdayaan ekosistem yang lebih besar bagi para pengembang dan industri, kami secara bersama-sama menciptakan dan menghadirkan inovasi cloud menuju 5G," ujar Executive Vice President and Head of Business Area Networks, Ericsson, Fredrik Jejdling.

Dengan adanya Cloud RAN Ericsson, kata Fredrik, perusahaan akan membantu pelanggan mengembangkan jaringannya dengan teknologi masa depan sambil mengoptimalkan investasi jaringan yang ada saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini


Bertahap

Cloud RAN dari Ericsson juga disebut akan dapat membantu meningkatkan kemampuan jaringan untuk penerapan 5G secara luas dan terpusat. Ia akan memudahkan penyedia layanan komunikasi menemukan peluang bisnis baru dan keragaman use cases jaringan 5G di dalam ruangan, industri, perusahaan, dan sebagainya.

Secara bertahap Cloud RAN dari Ericsson akan diluncurkan dan disesuaikan dengan perjalanan penyedia layanan komunikasi guna melengkapi jaringan 5G.

Pada tahap pertama, Ericsson akan menyediakan fondasi yang menawarkan solusi untuk frekuensi 5G di pita rendah. Hal ini akan memudahkan peralihan menuju virtualisasi RAN dengan menggunakan platform hardware siap pakai dan siap dipasarkan.

Selain itu, tahap pertama ini mencakup aplikasi software Cloud RAN terbaru dari Ericsson--Cloud RAN DU dan Cloud RAN CU–-yang meningkatkan kemampuan dan fleksibilitas jaringan 5G. Ini mencakup sistem Radio Gateways terbaru, yang memungkinkan pemanfaatan penuh radio jarak jauh agar sesuai dengan Cloud RAN dan ini merupakan awal dari peluncuran pita sedang.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya