Menghilang Dua Bulan, Pendiri Alibaba Jack Ma Ditahan Pemerintah Tiongkok?

Setelah menghilang dua bulan, muncul spekulasi bahwa Jack Ma telah ditahan oleh pemerintah Tiongkok. Benarkah?

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 06 Jan 2021, 15:30 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2021, 15:30 WIB
Ingin Sukses Jadi Pengusaha? Ini Nasihat Ampuh dari Jack Ma
Nasihat-nasihat dari Jack Ma kepada anak muda yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Menghilangnya pendiri Alibaba Jack Ma dari muka publik menimbulkan spekulasi publik. Salah satunya adalah dugaan Jack Ma ditahan pemerintah Tiongkok.

Apalagi, banyak media memberitakan menghilangnya Jack Ma dari publik dilakukan setelah ia mengkritik kebijakan pemerintah Tiongkok pada Oktober lalu.

Dilaporkan Business Today, Rabu (6/1/2021), miliarder sekaligus pendiri Jack Ma menghilang berminggu-minggu lamanya dan diduga berada "dalam pengawasan".

Spekulasi Jack Ma ditahan atau ditempatkan di rumah tahanan memang ramai diungkapkan oleh banyak warganet. Apalagi, Tiongkok disebut-sebut memiliki rekam jejak tertutup, tak pernah membuka informasi ke publik jika ada orang-orang yang ditangkap.

Oleh karenanya, ada spekulasi kata-kata "dalam pengawasan" bisa jadi berarti dipenjara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diperintah Tak Pergi ke Luar Negeri

Jack Ma
Jack Ma dalam pertemuan tahunan World Economic Forum yang digelar di Davos, Swiss (18/1/2017) (AP)

Mengutip juru bicara Partai Komunis Tiongkok via People's Daily, Jack Ma telah diperintahkan untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Pada November lalu, media People's Daily juga mengatakan, Jack Ma tak bisa membawa kesuksesan Alibaba tanpa bantuan dan kebijakan dari pemerintah Tiongkok.

"Ma Yun (Jack Ma) cerdas, namun tanpa dukungan kebijakan nasional, Alibaba tidak akan bisa menjadi kerajaan bisnis dengan nilai triliunan," kata juru bicara tersebut.


Sengaja Bersembunyi

Jack Ma Bicarakan Digital Ekonomi di Depan Delagasi IMF-Bank Dunia
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel “Disrupting Development” Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma hadir membahas digital ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Masih tentang teka teki keberadaan Jack Ma, jurnalis CNBC David Facer melaporkan Jack Ma tidak hilang. Demikian dikutip dari CNBC

Seorang sumber yang mengaku tahu soal keberadaan Jack Ma menyebut, dia sengaja bersembunyi dari muka publik selama beberapa waktu terakhir.

Jack Ma tidak pernah muncul di depan umum sejak akhir Oktober lalu dalam sebuah forum di Shanghai. Saat itu dalam pidatonya, Jack Ma mengecam sistem regulasi Tiongkok yang membuatnya bertabrakan dengan para pejabat.

Selanjutnya upaya IPO dari Ant Group, salah satu anak usaha Alibaba, juga ditangguhkan hingga saat ini.

Sementara itu, pemerintah Tiongkok memusatkan perhatian pada bisnis Jack Ma setelah pidatonya Oktober lalu.

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya