WhatsApp Bakal Hadirkan Avatar Facebook untuk Video Call

WhatsApp dikabarkan akan menghadirkan avatar Facebook alias Bitmoji yang bisa menggantikan wajah pengguna saat video call.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 22 Jul 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2022, 13:00 WIB
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan.  Adem AY/Unsplash
Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Adem AY/Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Avatar menjadi perwakilan seseorang dalam eksistensinya di dunia maya. Berupaya membangun metaverse, Meta melalui produk Facebook dan Instagram telah menghadirkan avatar bagi para penggunanya.

Kini, aplikasi chatting milik Meta, WhatsApp, tampaknya tertarik untuk 'meminjam' avatar Facebook untuk mendukung pengalaman video call mereka.

Mengutip Android Police, Jumat (22/7/2022), dengan avatar ini, pengguna bisa mengganti wajahnya dengan avatar virtual. Tampaknya, WhatsApp bakal mengadopsi avatar yang mirip dengan Bitmoji Facebook.

Berdasarkan laporan WABetaInfo, melalui Beta terbarunya, yakni WhatsApp Beta versi 2.22.16.11, aplikasi pesan ini memperkenalkan label Avatar. Di situ, pengguna bisa melihat jenis avatar yang bisa dipakai pengguna.

Tampaknya avatar tersebut merupakan tiruan dari avatar 3D yang tersedia di Facebook. Selain memakai avatar sebagai topeng selama panggilan video seperti di Zoom, WhatsApp juga bisa membuat stiker dari avatar pengguna, mirip dengan Bitmoji.

Fitur avatar ini sudah diketahui setidaknya sejak sebulan lalu. Namun informasi detail tentang avatar ini masih sangat sedikit dan belum jelas.

Kini berkat screenshot yang ditampilkan oleh WABetaInfo, pengguna bisa tahu bentuk avatar yang mungkin bisa dipakai untuk menggantikan wajah mereka ketika video call, tidak lain adalah avatar Facebook.

Pengguna juga bisa menyesuaikan warna kulit, pakaian, warna rambut, gaya rambut, postur, dan ekspresi wajah. Meski begitu, variasi tampilannya mungkin masih terbatas di awal kemunculannya.

Perlu dicatat, fitur baru WhatsApp berbentuk avatar ini tampaknya masih dalam tahap pengembangan awal. Perusahaan pun belum secara resmi membahas rencana kehadiran avatar di platformnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengguna WhatsApp Bisa Transfer Chat dari Android ke iPhone

WhatsApp
WhatsApp (YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Terlepas dari avatar yang bakal hadir ke WhatsApp, sebelumnya, pengguna WhatsApp sudah bisa mentransfer riwayat chat dari Android ke iPhone, dan sebaliknya. 

Informasi diumumkan langsung oleh WhatsApp di akun Twitter-nya. Mereka menuliskan, "Cara baru untuk tetap menyimpan chat penting. Hari ini Anda memiliki kemampuan untuk mentrasfer seluruh riwayat chat dari Android ke iOS dan sebaliknya."

Dengan kemampuan ini, pengguna Android atau iOS yang ingin beralih platform bisa dengan mudah me-restore chat perangkat mereka tanpa perlu khawatir hilang.

"Informasi akun, foto profil, chat individu, grup, riwayat obrolan, media, dan pengaturan aplikasi akan ikut ke transfer ke perangkat baru," jelas WhatsApp.

Walau begitu, perusahaan menyebutkan pengguna tidak akan bisa mentrasfer riwayat panggilan dan nama tampilan (display name) user.

Untuk dapat menikmati fitur baru WhatsApp ini, pengguna harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


HP Apa Saja yang Dukung Fitur Transfer Chat WhatsApp?

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

1. OS Android Lollipop, SDK 12 atau lebih, atau Android 5 atau lebih baru terinstal di perangkat, iOS 15.5 atau terkini (iPhone), dan harus menginstal aplikasi move to iOS di HP Android

2. WhatsApp iOS versi 2.22.10.70 atau terbaru di perangkat

3. WhatsApp Android versi 2.22.7.74 atau lebih di perangkat asal

4. Pakai nomor ponsel sama di perangkat lama dan di smartphone barunya

5. iPhone kamu harus di reset agar bisa terkoneksi dengan aplikasi Move to iOS, dan memindahkan data dari ponsel Android

6. Baterai terisi atau terhubung dengan daya7. Terkoneksi dengan jaringan WiFi sama atau hubungkan perangkat Android ke hotspot iPhone.

Saat proses transfer data WhatsApp, kamu harus membuat backup di iCloud untuk menggunakan penyimpanan cloud.

Perusahaan menjelaskan, mereka tidak dapat melihat data yang ditransfer pengguna, dan HP Android akan tetap memiliki data kecuali pengguna menghapus WhatsApp atau me-reset ponsel.

(Tin/Ysl)

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya