4 Fitur Baru WhatsApp Agar Pengguna Makin Produktif, Bisa Bikin Avatar Personal

WhatsApp menggulirkan empat fitur baru WhatsApp yang akan membuat penggunanya makin produktif, salah satunya pengguna bisa bikin Avatar personal.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 17 Feb 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 14:30 WIB
WhatsApp
WhatsApp (YASUYOSHI CHIBA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Minggu lalu, WhatsApp hadirkan sejumlah fitur untuk meningkatkan WhatsApp Status di platform Android dan iOS. Kini, WhatsApp menambah deretan fitur, seiring perusahaan memperbarui changelog-nya di toko aplikasi Google Play Store.

Dalam perubahan deskripsinya, WhatsApp menggarisbawahi sejumlah fitur WhatsApp yang tersedia di update baru WhatsApp.

Fitur Baru WhatsApp

  • Keterangan Dokumen

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa menambah keterangan pada dokumen yang dikirimkan melalui platform WhatsApp. Keberadaan fitur ini memungkinkan pengguna bisa mendeskripsikan tiap dokumen, sehingga si pengguna bisa mengidentifikasi tiap dokumen yang tengah dibagikan ke grup obrolan.

  • Subjek Grup Lebih Panjang

Fitur berikutnya, sesuai namanya, Subjek Grup Lebih Panjang. Memungkinkan para anggota grup untuk mendeskripsikan subjek grup dengan lebih baik.

Aplikasi WhatsApp membuka area teks deskripsi grup sehingga pengguna bisa mengetik lebih banyak deskripsi grup, untuk menjelaskan misalnya grup obrolan tersebut tentang apa.

  •  Buat Avatar Personal

Fitur Avatar WhatsApp memungkinkan seluruh pengguna untuk membuat avatar personal, guna merepresentasikan ekspresi pengguna dalam bentuk stiker. Ini mirip dengan avatar pengguna di Instagram atau Facebook, dan Apple Memoji.

Tool membuat avatar personal ini mengizinkan pengguna merancan sebuah gambar avatar yang secara fisik terlihat seperti si pengguna. Avatar ini juga bisa dijadikan profile picture atau sebagai stiker di chat.


Fitur Lainnya

Ilustrasi aplikasi WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Photo by Dima Solomin on Unsplash)

 

  • Berbagi File Hingga 100 Media

Awalnya mengirim banyak gambar di WhatsApp cukup merepotkan, terutama ketika kamu mencoba mengirim lebih dari 30 file gambar.

Sebelumnya pengguna dibatasi dalam mengirim gambar atau file, maksimal 30 gambar yang bisa dipilih untuk dikirimkan sekaligus. Namun, perusahaan milik Meta ini kemudian meningkatkan jumlah images atau foto yang bisa dikirim menjadi maksimal 100 gambar.

Hal ini memungkinkan bagi pengguna untuk mengirim lebih banyak foto atau video di WhatsApp dalam sekali kirim.

Fitur-fitur di atas telah tersedia untuk semua pengguna WhatsApp global. Pengguna bisa memeriksa dari aplikasi apakah semua fitur di atas sudah ada. Jika tidak, kamu perlu update aplikasi ke versi terbaru di toko aplikasi untuk memastikan fitur-fitur tersebut sudah tersedia.


5 Fitur Baru di Status WhatsApp

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui (Sumber: Pixabay)
  • Pemilih Pemirsa Pribadi

Semua status yang dibagikan pengguna mungkin tidak selalu cocok untuk semua orang di kontak mereka. Untuk itu, WhatsApp menyediakan fleksibilitas bagi pengguna untuk memperbarui pengaturan privasi per status agar bisa memilih orang yang bisa memilih status, tiap kali mengunggah update status.

Pilihan pemirsa paling baru akan disimpan dan digunakan sebagai opsi default untuk status Anda berikutnya.

  • Status Suara

Pengguna bisa mengunggah status dalam bentuk pesan suara. Pengguna bisa merekam dan membagikan pesan suara berdurasi hingga 30 detik di status WhatsApp.

Status suara dapat dipakai untuk membagikan update yang lebih personal, khususnya jika pengguna merasa lebih nyaman mengekspresikan diri, dengan cara berbicara daripada mengetik.


Lainnya

Cara Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka
Ilustrasi Aplikasi Whatsapp Credit: unsplash.com/Adem
  •  Tanggapan Status

Pengguna menambahkan fitur tanggapan status, untuk memberikan cara yang mudah dan cepat untuk merespons pembaruan status dari kontak dan teman dekat pengguna.

Dikatakan WhatsApp, fitur ini merupakan hal nomor satu yang diinginkan pengguna, menyusul peluncuran Tanggapan di tahun lalu. Sekarang, pengguna bisa dengan mudah membalas status apa pun dengan menggeser ke atas dan mengetuk salah satu dari delapan emoji.

Pengguna masih bisa membalas status menggunakan teks, pesan suara, stiker, dan banyak lainnya.

  • Lingkaran Profil Status untuk Pembaruan Baru

Seperti Instagram Stories, kini status WhatsApp juga hadirkan tanda lingkaran di profil pengguna untuk memberikan informasi ke audiens bahwa ada pembaruan status baru.

Dengan begitu, pengguna tidak akan melewatkan status dari orang tercinta. Lingkaran ini nanti muncul di sekeliling foto profil kontak Anda setiap kali mereka membagikan pembaruan status. Lingkaran ini akan terlihat di daftar chat, daftar peserta grup, dan info kontak.


Lainnya di Status WhatsApp

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)
  • Pratinjau Tautan di Status

Sekarang, saat pengguna mengunggah tatutan di status Anda, Anda secara otomatis melihat pratinjau visual konten tautan tersebut, sama halnya ketika Anda mengirimkan pesan.

Pratinjau visual akan menjadikan status Anda tampil lebih menarik, serta memberikan gambaran lebih baik kepada kontak Anda mengenai isi tautan tersebut sebelum mereka mengkliknya.

Update ini sudah diluncurkan kepada pengguna secara global dan nantinya akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

(Tin/Ysl)

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya