Ini Sosok Linda Yaccarino, Perempuan yang Digadang-gadang Jadi CEO Baru Twitter

Elon Musk dikabarkan akan menunjuk perempuan bernama Linda Yaccarino menjadi CEO Twitter yang baru. Linda adalah seorang yang memiliki jejaring luas dan keahlian di bidang periklanan.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 12 Mei 2023, 12:12 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 12:09 WIB
Linda Yaccarino, perempuan yang digadang-gadang bakal menjadi CEO Baru Twitter
Linda Yaccarino, perempuan yang digadang-gadang bakal menjadi CEO Baru Twitter (Foto: NDTV).

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk disebut-sebut sudah kantongi nama kandidat CEO Twitter yang baru. Elon menyebutnya "she", merujuk bahwa CEO Twitter yang baru adalah seorang perempuan.

Kini berbagai informasi mengungkap bahwa sang kandidat CEO Twitter yang baru adalah perempuan bernama Linda Yaccarino. Linda Yaccarino adalah ketua perikanan glonal dan kemitraan di NBCUniversal.

Mengutip The New York Times, Jumat (12/5/2023), pembicaraan antara Elon Musk dan Linda Yaccarino untuk posisi CEO Twitter telah dalam tahap lanjut. Meski begitu, informasi ini masih dirahasiakan.

Menurut sejumlah sumber anonim yang mengetahui tentang hal ini, Yaccarino dan Elon Musk telah berdiskusi selama berminggu-minggu. Bahkan, bulan lalu, Linda Yaccarino sempat mewawancarai Elon Musk di atas panggung di sebuah acara periklanan di Miami, AS.

Sebelumnya, Elon Musk memang telah memilih seorang CEO Twitter, namun ia tidak mengungkap namanya.

"Dia (she) akan mulai dalam enam minggu," kata Elon Musk, yang menyebut dirinya juga bakal tetap terlibat sebagai Executive Chair dan CTO. Dalam hal ini, Elon Musk akan tetap mengawasi produk dan software Twitter, meski sudah tidak lagi menjabat sebagai CEO.

Lantas, siapa sebenarnya Linda Yaccarino? Mengutip laman LinkedIn Yaccarino dan NDTV, Linda Yaccarino bekerja lebih dari satu dekade di industri periklanan di NBCUniversal.

Perannya menjadi advokat industri periklanan untuk menemukan cara lebih baik dalam mengukur efektivitas periklanan. Sebagai kepala penjualan NBCUniversal, Linda menjadi kunci dalam peluncuran layanan streaming Peacock, yang sebelumnya didukung iklan perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Emban Tiga Jabatan Chairman di Berbagai Organisasi

FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). CEO Tesla tersebut menjadi saksi pertama dalam persidangan terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)

Linda Yaccarino menempuh pendidikan di Penn State University, tepatnya di bidang liberal art dan telekomunikasi.

Pengalamannya bukan itu saja, ia juga bekarier selama 19 tahun di Turner Entertainment dan mendapat kredit karena kemampuannya menghadirkan operasi penjualan iklan jaringan sebagai masa depan digital.

Sumber lain, yakni berdasarkan cuitan di akun Twitter pemerhati industri teknologi Aakash Gupta (@aakashg0), menyebut bahwa Linda Yaccarino memegang tiga jabatan chairman penting yang membuatnya akan begitu brilian di Twitter.

Pertama, ia adalah Chair Advertising Council's Board of Directors. Jabatan ini bakal membantu Elon Musk untuk mendukung perkembangan periklanan Twitter, yang bukan merupakan keahlian Elon Musk.

Jabatan chairman lain yang diemban Linda Yaccarino adalah chairman kelompok kerja World Economic Forum. Jabatan ini akan memberinya kemampuan untuk terhubung dengan semua orang penting, mulai dari pengusaha hingga politisi.


Bakal Bantu Dongkrak Periklanan Twitter

Aplikasi Twitter
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

Jabatan chairman ketiga yang diemban oleh Linda Yaccarino adalah global chair Ymu, sebuah grup manajemen bakat di Inggris. Hal ini akan memberinya akses ke banyak selebritas.

Dengan begitu banyaknya pengalaman dan jabatan Linda Yaccarino terkait periklanan yang diembannya, Twitter akan mendapatkan seorang eksekutif dengan ikatan mendalam pada industri periklanan yang juga punya pengalaman luas di media.

Linda Yaccarino selama bertahun-tahun kariernya di bidang periklanan telah membantu periklanan banyak mitra dan mengembangkan opsi streaming NBCUniversal.

Dia juga mengkritik praktik industri yang sudah ketinggalan zaman. Bukan hanya itu, Linda Yaccarino, menurut New York Times, juga menghasilkan lebih dari USD 100 miliar dalam penjualan iklan. Ia sudah terlibat dengan urusan jejaring dengan acara olahraga seperti Super Bowl dan Olimpiade.


Tunjuk CEO Baru Twitter

Ilustrasi twitter
Ilustrasi twitter. (Photo by Jeremy Bezanger on Unsplash)

Sebelumnya, Elon Musk mengumumkan bahwa dia sudah menunjuk CEO baru untuk perusahaan media sosial Twitter, di mana orang itu akan bekerja dalam enam pekan lagi.

Melalui pengumumannya di akun Twitter-nya @elonmusk, diungkap juga pemilik Twitter atau X Corp. itu akan menunjuk seorang wanita, mengingat ia menyebut "she" sebagai kata ganti orang yang dimaksud.

"Dengan semangat mengumumkan bahwa saya punya CEO baru untuk X/Twitter. Dia akan mulai dalam 6 pekan," kata Elon, dikutip Jumat (12/5/2023).

Sementara, peran dari CEO Tesla itu akan menjadi Executive Chairman, Chief Technology Officer (CTO), serta bakal mengawasi produk, perangkat lunak, dan sistem operasi.

Meskipun begitu, Elon Musk belum mengungkapkan siapa wanita yang akan mengisi jabatan CEO baru Twitter tersebut. Namun kabar burung menyebutkan, Linda Yaccarino, eksekutif perikalanan NBC, bakal menjabat di posisi itu.

Mengutip The Verge, Yaccarino "dalam pembicaraan" untuk mengambil alih sebagai CEO Twitter, dan juru bicara NBCU mengatakan ia sedang dalam "latihan berturut-turut" untuk presentasi di depan para pengiklan.

Infografis Tekno Google Twitter
Infografis Tekno Google Twitter (liputan6/desi)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya