WhatsApp Siapkan Fitur Berkirim Video HD 1080p, Ini Kelebihan dan Kekurangannya Buat Pengguna

WhatsApp disebut akan segera merilis fitur berbagi video berkualitas HD 1080p. Ini kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu ketahui.

oleh Iskandar diperbarui 13 Jul 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2023, 12:00 WIB
Fitur Berkirim Video HD 1080p di WhatsApp
Fitur Berkirim Video HD 1080p di WhatsApp. Credit: WABetaInfo

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp memungkinkan miliaran penggunanya untuk mengirim pesan, melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi file media dengan teman dan keluarga.

Namun, salah satu keterbatasan WhatsApp adalah kualitas video yang dapat dibagikan resolusi maksimalnya masih rendah (640 x 640 piksel).

Untuk membuat para pengguna bisa berkirim video beresolusi tinggi, WhatsApp dikabarkan akan segera merilis fitur berbagi video berkualitas HD 1080p.

Menurut WABetaInfo, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Kamis (13/7/2023), beberapa penguji di WhatsApp beta untuk Android v2.23.14.10 mendapatkan tombol HD saat berbagi video.

Saat pengguna mengetuk opsi ini, mereka dapat memilih kualitas video: standar atau HD. Penguji beta mengonfirmasi bahwa opsi HD membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirim video.

Namun, kualitas videonya jauh lebih baik ketimbang versi standar 640 x 640 piksel. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa opsi default adalah opsi standar dan pengguna harus memilih opsi HD secara manual jika mereka membutuhkannya.

WABetaInfo mengklaim bahwa WhatsApp juga menandai video HD agar pengguna dapat mengetahui kualitas video yang mereka kirimkan.

Menurut AndroidPolice, opsi video HD ini dapat diluncurkan ke lebih banyak penguji beta dalam beberapa minggu mendatang. Laporan itu juga mengklaim bahwa versi stabil dapat tiba dalam waktu beberapa minggu ke depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kelebihan dan Kekurangan Berbagi Video HD di WhatsApp

Aplikasi WhatsApp
Ilustrasi orang yang sedang menggunakan aplikasi WhatsApp. Credits: pexels.com by cottonbro

Proses pengiriman video HD di WhatsApp akan mirip dengan proses berbagi video saat ini. Pengguna dapat memilih video yang ingin mereka kirim dan kemudian memilih opsi untuk mengirimkannya.

Namun, alih-alih dibatasi hingga 640 x 640 piksel, pengguna sekarang dapat memilih opsi untuk mengirim video HD. Ini akan memastikan bahwa video dikirim dengan kualitas tinggi.

Fitur baru ini memiliki kelebihan yang memungkinkan pengguna mengirim file video yang lebih besar, di mana akan berguna bagi mereka yang ingin berbagi video lebih panjang. Ini termasuk video momen seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara spesial lainnya.

Namun kekurangannya, pengguna akan membutuhkan lebih banyak data untuk mengirim video dalam kualitas HD. Semakin jelas videonya, kian banyak data yang digunakan.

Pengguna juga harus menunggu lebih lama untuk mengirim atau mengunduh video dengan kualitas seperti itu. 


WhatsApp Ketinggalan Zaman

WhatsApp
Ilustrasi penggunaan aplikasi WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Untuk diketahui, para pesaingnya seperti Telegram dan Signal, sudah lama menawarkan fitur berkirim video berkualitas HD.

Telegram adalah aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna mengirim video dengan resolusi maksimum 1080p. Artinya, pengguna sudah dapat mengirim video berkualitas tinggi di platform, yang mirip dengan fitur baru yang diperkenalkan WhatsApp.

Signal juga memungkinkan pengguna mengirim video dengan resolusi maksimum 1080p. Lalu, iMessage yang merupakan aplikasi perpesanan eksklusif untuk perangkat Apple juga memungkinkan pengguna untuk mengirim video dengan resolusi maksimum 4K.

Kesimpulannya, pengguna iMessage sudah dapat mengirim video berkualitas tinggi di platform, yang lebih baik daripada fitur baru yang diperkenalkan WhatsApp.


Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Cek Fakta
Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya