Samsung Hadirkan Fitur Keamanan Blokir Otomatis di One UI 6, Cek Cara Aktifkannya

Samsung merilis fitur keamanan baru untuk pemblokiran otomatis di One UI 6 untuk meningkatkan keamanan perangkat.

oleh Mustika Rani Hendriyanti diperbarui 20 Des 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 20 Des 2023, 08:30 WIB
Samsung
Samsung Galaxy S23 Series 5G memperkenalkan sistem antarmuka terbarunya, yaitu One UI 5.1/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah meluncurkan OneUI berbasis OS Android 14 ke sejumlah pengguna perangkatnya. One UI ini menghadirkan beberapa fitur baru dan perombakan visual pada perangkat.

Tidak hanya itu, seperti dikutip The Indian Express, Rabu (20/12/2023), Samsung juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru, salah satunya adalah pemblokiran otomatis.

Fitur pemblokiran otomatis Samsung di One UI 6 dapat dengan cepat meningkatkan aspek keamanan smartphone Galaxy. Jadi, perangkat diklaim dapat lebih aman dan tidak rentan terhadap peretasan serta ransomware.

Untuk cara kerjanya, apabila pengguna HP Samsung mengaktifkan fitur ini, mereka dapat memblokir pemasangan aplikasi dari sumber yang tidak sah. 

Fitur ini juga akan mengaktifkan pemeriksaan keamanan dan memblokir perintah melalui USB, sehingga mencegah pemasangan aplikasi atau kode berbahaya melalui port pengisian daya.

Tidak hanya memblokir pemasangan aplikasi, fitur keamanan di HP Samsung ini juga secara otomatis memblokir gambar yang mengandung malware di aplikasi perpesanan.

Dengan demikian, kehadiran fitur pemblokiran otomatis ini bisa meningkatkan dan menambah keamanan pada perangkat Samsung.

Adapun untuk mengaktifkan fitur ini di One UI 6, pengguna tinggal membuka menu Pengaturan > Keamanan dan Privasi > Pemblokir otomatis > dan Nyalakan.

Sebagai informasi, Samsung menggunakan teknologi McAfee untuk memindai aktivitas mencurigakan di aplikasi. Oleh karena itu, pengguna harus menerima lisensi dan kebijakan privasi sebelum menggunakan fitur ini.

Sekadar diketahui, dengan fitur keamanan baru dari Samsung ini, pengguna juga tidak bisa melakukan pemasangan aplikasi sideload yang tidak sah dan tidak bisa memperbarui perangkat lunak melalui PC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


HP Samsung yang Dapat Update Patch Keamanan Desember 2023

Samsung Galaxy A24
Samsung Galaxy A24. (Samsung Vietnam)

Sementara itu, Samsung telah meluncurkan pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 pada bulan Desember ini. Pembaruan ini mencakup sejumlah perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Selain peningkatan One UI 6, update ini juga mencakup patch keamanan bulanan standar. Ini menunjukkan komitmen Samsung untuk menjaga keamanan dan kinerja perangkat mereka.

Untuk itu, bagi pengguna terus memeriksa update software secara berkala agar kamu dapat menikmati fitur terbaru, perbaikan bug, dan peningkatan keamanan yang diberikan Samsung. 

Nah, untuk mengetahui daftar HP Samsung yang mendapatkan update patch keamanan bulan Desember. Berikut ini daftar lengkapnya seperti dikutip Android Police, Senin (18/12/2023).

Seri Galaxy S21

  • Galaxy S21: versi tidak diketahui, dirilis 14 Desember
  • Galaxy S21+: versi tidak diketahui, dirilis 14 Desember
  • Galaxy S21 Ultra: versi tidak diketahui, dirilis 14 Desember

Seri Galaxy S23

  • Galaxy S23: S91xBXXS3BWKC, dirilis 12 Desember
  • Galaxy S23+: S91xBXXS3BWKC, dirilis 12 Desember
  • Galaxy S23 Ultra: S918BXXS3BWKC, dirilis 12 Desember

Seri Galaxy Note 20

  • Galaxy Note 20 Ultra: N986USQS6HWK1, dirilis 11 Desember

Seri Galaxy A

  • Galaxy A52: A525FXXS6DWK2, dirilis 11 Desember

Seri Galaxy Z

  • Galaxy Z Fold 2: tidak diketahui, dirilis 14 Desember
  • Galaxy Z Fold 5: F946U1UES1BWKI, dirilis 14 Desember

3 Fitur di HP Android Samsung yang Bikin Hidup Lebih Mudah

Samsung Galaxy A34 5G Awesome Lime
Samsung Galaxy A34 5G Awesome Lime. Liputan6.com/M. Labib Fairuz Ibad

1. Dual Aplikasi Chatting

Memisahkan kehidupan personal dengan profesional jadi hal yang meningkatkan kesehatan mental seseorang. Kalau biasanya pengguna butuh dua HP berbeda untuk bisa memisahkan aplikasi chatting pribadi dengan profesional, kini Android memungkinkan hal ini hanya berbekal satu ponsel.

Pada Galaxy A05s, pengguna bisa menggunakan fitur dual apps yang sudah tersedia langsung.

Caranya, kamu bisa masuk ke Pengaturan HP Samsung kamu > Pilih fitur Lanjutan > Scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu Dual Messenger > klik dan masuk ke menu tersebut > pengguna bisa pilih aplikasi mana saja yang ingin diaktifkan (misalnya Facebook dan WhatsApp).

2. Dengar Musik di Headset Tanpa Gangguan Notifikasi

Ketika beraktivitas, mendengarkan musik via earphone Bluetooth bisa jadi teman terbaik untuk meningkatkan fokus atau saat enggan diganggu keramaian sekitar.

Sayangnya, saat mendengarkan musik di headset Bluetooth, kadang kita diganggu suara notifikasi yang masuk.

Mode Silent memang bisa menyelesaikan masalah ini. Namun kadang ada notifikasi yang sedang dinanti-nanti kalau sedang urgent.

Lalu harus bagaimana? Caranya dengan mengaktifkan sebuah fitur.

Pertama, masuk ke Pengaturan > Scroll hingga menemukan menu Suara dan getar > Temukan mode pisahkan suara aplikasi, di sini kamu bisa mengaktifkan fitur yang dimaksud. Hanya tinggal pilih aplikasi apa yang mau dipisahkan dari perangkat Bluetooth.


3. Aktifkan Lampu Notifikasi

Menguji Fitur Nightography dengan Samsung Galaxy A34 5G
Menguji Fitur Nightography dengan Samsung Galaxy A34 5G. (liputan6.com/M. Labib Fairuz Ibad)

Bagi kamu yang kerap melewatkan notifikasi, ada sebuah fitur menarik, yakni notifikasi melalui lampu kilat. Hal ini bisa mengaktifkan lampu kilat di kamera atau layar.

Ketika fitur ini diaktifkan, saat pesan masuk, lampu kilat kamera akan menyala. Layar pun akan berubah jadi kuning dan tentunya akan menarik perhatian.

Lampu notifikasi ini berguna bagi kalian yang suka meletakkan smartphone dengan layar menghadap bawah. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Pertama, buka Pengaturan > Ketuk akses menu Aksesibilitas > cari menu Pengaturan lanjutan > pilih menu Notifikasi lampu kilat.

[INFOGRAFIS] Smartphone Murah Vs Raksasa Dunia
Ponsel murah bermunculan, tak tanggung-tanggung, mereka mengusung teknologi yang hampir setara dengan ponsel bermerek.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya