12 HP Samsung Galaxy bakal Dapat Update Android 15 untuk Terakhir Kalinya

Sebanyak 12 smartphone Samsung Galaxy akan mendapatkan update software Android terakhirnya, yakni Android 15 melalui One UI 7, berikut daftarnya.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 02 Jul 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2024, 06:30 WIB
Galaxy S21
Samsung umumkan Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, sejumlah perangkat Samsung Galaxy kehilangan dukungan atas update sistem operasi Android, setelah mendapatkan update beberapa generasi.

Tahun ini, Android 15 melalui One UI 7 akan menjadi update besar terakhir untuk sejumlah smartphone Samsung Galaxy.

Dengan memahami hal ini, pengguna akan mengetahui kapan perangkat mereka tak akan lagi mendapatkan update Android, sehingga bisa menerka fitur apa yang mungkin tak akan didapatkan lewat pembaruan software terbaru.

Pasalnya, pada titik tertentu, perangkat tak lagi memenuhi syarat untuk mendapatkan update lebih lanjut.

Samsung sendiri memiliki kebijakan update software yang lebih besar dibandingkan merek smartphone lainnya. Ada banyak smartphone Galaxy yang menerima update hingga kali OS Android, lebih banyak dibandingkan vendor lainnya.

Misalnya, Samsung Galaxy S21 dan perangkat yang lebih baru bisa mendapatkan dukungan OS Android selama empat tahun. Kebijakan ini memastikan bahwa pengguna mendapatkan manfaat dari dukungan yang diperluas dan akses ke fitur-fitur terbaru untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mengutip Gizchina, Selasa (2/7/2024), berikut adalah sederetan smartphone Galaxy yang tahun ini akan mendapatkan update terakhir (One UI 7 alias Android 15):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Galaxy S21
  • Galaxy S21 Plus
  • Galaxy S21 Ultra
  • Galaxy Z Fold 3
  • Galaxy Z Flip 3
  • Galaxy A14
  • Galaxy A14 5G
  • Galaxy A05
  • Galaxy A05s
  • Galaxy M14 4G
  • Galaxy M15 5G
  • Galaxy F15 5G

Fitur-Fitur Android 15

Samsung Ungkap Teknologi HP Android Layar Lipat di CES 2024
Samsung Ungkap Teknologi HP Android Layar Lipat di CES 2024, Bakal Diadopsi ke Galaxy Z Flip Baru? (Doc: Samsung)

Deretan fitur yang mungkin akan hadir di Android 15:

  • Android 15 masih dalam tahap pengembangan, namun sejumlah fitur yang menarik telah diumumkan dan menjanjikan peningkatan signifikan dibandingkan versi sebelumnya.
  • Dukungan konektivitas satelit: Fitur ini mengizinkan pengguna mengirimkan SMS melalui sinyal satelit ketika tower BTS tak tersedia di dekat mereka. Jadi, jika pengguna ada di daerah terpencil, mereka tetap bisa mendapatkan jaringan komunikasi.
  • Jaringan Find My Phone: Meningkatkan kemampuan menemukan perangkat yang hilang menggunakan jaringan ponsel Android yang bisa mengirimkan ping satu sama lain melalui Bluetooth atau bantuan recovery perangkat.

 


Fitur-Fitur Android 15:

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Resmi Diluncurkan
Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Resmi Diluncurkan, Ini Harga dan Spesifikasinya. (Liputan6.com/ Giovani Dio Prasasti)
  • Battery Health: Memonitor kapasitas baterai saat ini, membantu penggguna untuk menentukan kapan saatnya mereka mengganti baterai perangkatnya.
  • App Archiving: Mengizinkan pengguna menghapus aplikasi sambil mempertahankan datanya, sehingga memudahkan untuk memulihkannya nanti.
  • Partial Screen Sharing: Fitur yang berfokus pada privasi yang memungkinkan pengguna berbagi atau merekam hanya satu aplikasi, bukan seluruh layar.
  • Notification Cooldown: Mengurangi volume notifikasi berturut-turut dari aplikasi yang sama, untuk mencegah pengguna kewalahan.
  • Sensitive Notification: Melindungi OTP agar tidak dibaca oleh aplikasi jahat, meningkatkan keamanan terhadap penipuan.

Segera Rilis Galaxy Z Fold dan Flip Terbaru

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Resmi Diluncurkan
Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 Resmi Diluncurkan, Cek Harga dan Spesifikasinya. (Liputan6.com/ Giovani Dio Prasasti)

Sementara itu, Samsung akhirnya resmi mengumumkan jadwal gelaran Galaxy Unpacked 2024. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, event Galaxy Unpacked kedua di tahun ini akan digelar bulan depan.

Informasi tersebut diketahui langsung dari undangan Samsung yang disebar ke sejumlah. Dalam undangan tersebut, Samsung mengungkap kalau Galaxy Unpacked kedua di 2024 akan digelar di Paris, Perancis.

"Samsung Electronics akan menyelenggarakan Galaxy Unpacked di Paris, di mana budaya ikonis dan tren terkini bertemu, menjadikannya lokasi sempurna untuk peluncuran inovasi terbaru kami," tulis perusahaan asal Korea Selatan itu dalam undangan yang disebar.

Nantinya, event Galaxy Unpacked ini akan bisa ditonton secara langsung di Indonesia pada 10 Juli 2024 pukul 20.00 WIB melalui situs resmi Samsung. Dalam event ini, perusahaan diketahui akan memperkenalkan deretan produk terbaru.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah kehadiran lini Galaxy Z Series terbaru. Namun tidak hanya itu, perusahaan juga akan menggebrak lewat Galaxy AI terbaru yang akan hadir di seluruh ekosistem Galaxy.

"Bersiaplah untuk menjelajahi keunggulan Galaxy AI yang kini disematkan ke dalam Galaxy Z Series terbaru dan seluruh ekosistem Galaxy," tulis Samsung melalui undangan tersebut.

Dalam event ini, Samsung dikabarkan akan meluncurkan deretan produk terbaru, seperti Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. 

Tidak hanya smartphone, perusahaan turut memperkenalkan produk smartwatch terbaru mereka yakni Galaxy Watch 7 dan Galaxy Watch 7 Ultra.  

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya