Meta Tutup Akun WhatsApp Hacker Iran yang Targetkan Pemilu AS

Meta mengungkapkan aktivitas mencurigakan di WhatsApp, yang berusaha menargetkan banyak orang di Israel, Palestina, Iran, Amerika Serikat, dan Inggris Raya.

oleh Iskandar diperbarui 26 Agu 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi chatting, pesan WA, WhatsApp
Ilustrasi chatting, pesan WA, WhatsApp. (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Meta memblokir akun-akun WhatsApp yang terlibat dalam sekelompok aktivitas rekayasa sosial yang mungkin terjadi pada platform tersebut, untuk menargetkan pemilu AS.

Meta melacak aktivitas kelompok hacker Iran bernama APT42 (juga disebut UNC788 dan Mint Sandstorm), yang sebelumnya dikaitkan FBI dengan kampanye phishing yang menargetkan anggota kubu kandidat presiden AS Donald Trump dan Kamala Harris.

Perusahaan mengungkapkan aktivitas mencurigakan di WhatsApp, yang berusaha menargetkan banyak orang di Israel, Palestina, Iran, Amerika Serikat, dan Inggris Raya.

Aktivitas tersebut juga tampaknya difokuskan pada pejabat politik dan diplomatik, termasuk orang-orang yang terkait dengan kedua kandidat presiden. Demikian sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (26/8/2024).

Pelaku kejahatan di WhatsApp berpura-pura menjadi perwakilan dukungan teknis dari AOL, Google, Yahoo, dan Microsoft, meskipun Meta tidak mengatakan bagaimana mereka mencoba membahayakan akun target mereka.

Sejumlah target itu melaporkan aktivitas tersebut kepada perusahaan, yang memaksanya untuk memulai penyelidikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tindakan Google

Ilustrasi hacker atau peretas. (Unsplash)
Ilustrasi hacker atau peretas. (Unsplash)

Meta meyakini upaya para hacker itu tidak berhasil dan mereka belum melihat bukti apa pun bahwa akun tertarget telah disusupi.

Namun, Google tetap melaporkan aktivitas jahat tersebut kepada penegak hukum, dan membagikan informasinya kepada kedua tim kampanye presiden.

Awal bulan ini, Google juga menerbitkan laporan yang merinci bagaimana APT42 telah menargetkan pengguna terkenal di Israel dan AS selama bertahun-tahun.


Menyusupi Korban Terkenal

Donald Trump tanggapi hasil Pilpres AS
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Perusahaan mengatakan bahwa mereka mengamati 'upaya gagal' untuk membahayakan akun individu yang berafiliasi dengan Presiden Joe Biden, Wakil Presiden Kamala Harris, dan mantan Presiden Dobald Trump.

Google menegaskan APT42 telah berhasil menyusup ke akun setidaknya satu korban terkenal: Roger Stone, yang merupakan orang kepercayaan politik dekat Trump.

FBI sebelumnya melaporkan bahwa ia telah menjadi korban email phishing yang dikirim oleh peretas Iran, yang kemudian menggunakan akunnya untuk mengirim lebih banyak email phishing ke kontak-kontaknya.


Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

Beragam Model Kejahatan Siber
Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya