Top 3 Tekno: Mudahnya Sinkronisasi Kontak di WhatsApp Android hingga Hasil MPL IS S14 Week 4

Informasi seputar fitur baru yang ada di WhatsApp menarik perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com. Selain itu informasi lainnya yang juga membuat pembaca penasaran adalah tentang hasil pertandingan MPL ID S14 Week 4.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 01 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 12:00 WIB
Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp di ponsel Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai tips tentang WhatsApp kerap menarik perhatian pembaca. Biasanya mereka penasaran dengan bagaimana cara mengatur berbagai hal di WhatsApp.

Termasuk yang terbaru dan membuat penasaran adalah fitur yang keren untuk memudahkan sinkronisasi kontak.

Fitur ini disebut cukup berguna bagi pengguna yang memakai lebih dari satu akun WhatsApp di smartphone mereka.

Tak hanya itu, informasi seputar Kominfo yang tengah menyusun regulasi untuk layanan eSIM juga mendapatkan perhatian dari pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Beberapa hal bakal diatur di aturan yang kini dalam proses finalisasi tersebut. Aturan terkait eSIM ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

Adapun regulasi tentang eSIM ini akan mengatur tentang beberapa hal. Antara lain adalah format nomor telepon.

Selain itu, hasil pertandingan esports MPL ID Season 14 week ke-4 antara Fnatic Onic vs Bigetron Alpha juga menjadi sorotan.

Pertandingan kedua tim top ini berjalan agresif dan mendebarkan, di mana kedua tim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) ini terus-terusan baku hantam di seluruh area map.

Seperti apa informasi selengkapnya? Yuk simak di artikel ini ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sinkronisasi Kontak di WhatsApp Android Makin Gampang, Bisa Lebih dari 1 Akun!

Aplikasi Whastapp Web dan Selular Sempat Down
Warga mencoba mengakses aplikasi Whatsapp di Jakarta, Selasa (25/10). Platform pesan instan WhatsApp dilaporkan error, Selasa (25/10/2022) siang. Tak hanya di Indonesia, WhatsApp juga dilaporkan down di sejumlah negara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Buat kamu yang pakai WhatsApp di Android, ada kabar seru nih. Di versi beta terbaru WhatsApp untuk Android (2.24.18.14), ada fitur keren yang memungkinkan kamu untuk mengatur sinkronisasi kontak.

Fitur ini bakal berguna banget buat kamu yang suka pakai lebih dari satu akun WhatsApp di satu ponsel.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (1/9/2024), nanti kamu bisa punya kontak yang terpisah untuk setiap akun.

Kamu juga bisa pilih kontak mana yang mau disinkronisasi ke ponselmu dan mengatur kontak WhatsApp dari perangkat yang sudah terhubung.

Misalnya, kalau kamu punya akun WhatsApp cadangan, kamu bisa matikan sinkronisasi kontak dari akun tersebut ke ponsel utama.

Tapi yang lebih menarik, meskipun kamu mematikan sinkronisasi kontak untuk satu akun, kamu tetap bisa melakukan sinkronisasi manual untuk setiap kontak. Nah, kontak yang kamu sinkronisasi manual ini bakal tersedia di semua perangkat yang terhubung.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 


2. Kominfo Susun Regulasi Layanan eSIM, Apa Saja yang Diatur?

Ilustrasi aktivasi eSIM XL Axiata
Mengaktifkan kartu ESIM XL Axiata di iPhone (Foto: Corpcomm XL Axiata).

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama berbagai lembaga terkait kini tengah menyusun regulasi untuk layanan eSIM alias embedded SIM.

eSIM adalah layanan di mana masyarakat tak lagi butuh kartu SIM fisik yang dimasukkan ke smartphone untuk bisa mengakses telekomunikasi dan internet. Saat ini, operator-operator seluler Indonesia seperti Smartfren, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison hingga Telkomsel telah menghadirkan layanan eSIM.

Meski begitu, sebenarnya Kominfo belum memiliki regulasi yang mengatur eSIM. Direktur Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Aju Widya Sari mengatakan, saat ini Kominfo tengah menyusun regulasi eSIM.

"Di dalam eSIM ini ada perubahan rantai bisnis, yang tadinya distribusi kartu fisik, jadi ada produksi kartu fisik, kini memanfaatkan modul tertanam yang ada di smartphone. Sehingga, smartphone yang ada kini bisa dipakai pengguna tanpa harus memakai kartu fisik," kata Aju di Kominfo, Jumat (30/8/2024).

Aju mengatakan, saat ini regulasi tentang eSIM tengah dalam proses finalisasi dan harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 


3. Hasil MPL ID S14 Week 4: Fnatic Onic Akhiri Win Streak Bigetron Alpha dengan Skor 2-1

Hasil MPL ID S14 Week 4: Fnatic Onic Akhiri Win Streak Bigetron Alpha
Hasil MPL ID S14 Week 4: Fnatic Onic Akhiri Win Streak Bigetron Alpha dengan Skor 2-1. (Doc: MPL Indonesia)

Duel MPL ID S14 yang mempertemukan Fnatic Onic vs Bigetron Alpha berjalan agresif dan mendebarkan, di mana kedua tim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) ini terus-terusan baku hantam di seluruh area map.

Terbukti, laga Clash of Giants ini berjalan hingga babak ketiga dengan Fnatic Onic sebagai pemenangnya. Seperti apa jalannya pertandingan tim diperkuat Kairi, Kiboy, Rezzz, CW, dan Sanz antara Bigetron Alpha? Simak paparannya di bawah ini.

Babak Pertama: Fnatic Onic Menggila, Bigteron Alpha Dibuat KelabakanBabak pertama pertarungan sengit antara Fnatic Onic vs Bigetron Alpha di MPL ID S14 menyajikan aksi mendebarkan, dan membuat banyak fans MLBB berdecak kagum.

Fnatic Onic bermain agresif dan koordinasi tim esports ini sangat solid, berhasil mengamankan kemenangan pertama dengan permainan yang nyaris sempurna.

Pertandingan dibuka dengan aksi gemilang dari Rezzz (Fnatic Onic) yang sukses meraih first kill dengan menumbangkan Super Kenn (Bigetron Alpha) dalam perebutkan turtle.

Super Luke, Moreno, Super Kenn, Finn, dan Emann sempat kehilangan satu pemain dan Kairi dengan hero andalannya, Fanny, memanfaatkan situasi ini dengan brilian merobohkan dua pemain BTR lainnya.

Sang robot merah tak tinggal diam, mereka segera membalas dengan menumbangkan dua pemain tim berjuluk raja langit tersebut di menit ke-4 MPL ID Season 4. Duel semakin memanas dengan kedua tim saling bertukar serangan tanpa henti.

Simak informasi selengkapnya di sini.

 

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya