Ponsel Cepat Overheating? Ini Cara Ampuh Biar Tetap Adem!

Ponsel yang overheating seringkali bikin tangan nggak nyaman. Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan ponsel cepat panas dan bagaimana cara mencegahnya? Cek caranya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 19 Sep 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 06:30 WIB
4 Tips Biar Handphone Nggak Cepat Panas Saat Dimainkan, Ampuh!
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Pernah nggak sih, lagi asik menonton film atau main game di ponsel, tiba-tiba layar terasa panas? Bahkan, kadang muncul notifikasi peringatan suhu tinggi.

Di musim panas atau saat aktivitas berat, ponsel kerap kali mengalami overheating. Tidak hanya membuat tangan terasa kurang nyaman, tapi juga bisa berdampak buruk pada kinerja ponsel kamu.

Hal ini pun bisa terjadi ke deretan perangkat flagship, seperti iPhone 15 atau Pixel 9. Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan ponsel cepat panas dan bagaimana cara mencegahnya?

Penyebab Ponsel Overheat

Dikutip dari CNET, Kamis (19/9/2024), ada beberapa alasan umum kenapa ponselmu bisa cepat panas. Dan, ini bukan hanya soal cuaca:

1. Paparan Sinar Matahari Langsung

Kalau kamu sering meninggalkan ponsel di tempat terbuka di bawah sinar Matahari, terutama saat musim panas, siap-siap deh ponsel kamu overheat.

2. Lingkungan Panas

Misalnya, kamu tinggalkan ponsel di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari. Temperatur di dalam mobil bisa melonjak drastis, bikin ponsel nggak tahan panas.

3. Penggunaan Aplikasi Berat saat Charging 

Main game dengan grafis tinggi, seperti PUBG atau Call of Duty, atau streaming film HD saat ponsel lagi di-charge juga bisa membuat smartphone cepat panas.

4. Baterai atau Charger Bermasalah

Menggunakan charger non-orisinal atau baterai yang sudah rusak juga bisa memicu ponsel jadi panas lebih cepat.

5. Bug di Sistem atau Aplikasi Rusak

Kadang, masalah overheating bisa terjadi gara-gara aplikasi yang error atau bug di sistem operasi. Hal ini bikin perangkat bekerja lebih keras dan menimbulkan ponsel panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dampak dan Cara Mencegah Ponsel Overheat

Sony Xperia Z3+ Sering Overheating
Sony Xperia Z3+ Sering Overheating (youtube.com)

Dampak Buruk Overheat pada Ponsel

Apa sih yang terjadi kalai ponsel kamu sering terlalu panas? Ini beberapa efeknya : 

  1. Kinerja melambat: ponsel jadi lambat, karena sistem akan menurunkan performa untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  2. Baterai cepat habis: panas berlebih bisa memperpendek umur baterai, membuatnya cepat habis dan lebih cepat rusak.
  3. Pengisian daya terganggu: saat ponsel terlalu panas, pengisian daya bisa terhenti atau melambat.
  4. Fitur terbatas: beberapa fitur, seperti flash kamera, bisa dinonaktifkan otomatis ketika suhu ponsel terlalu tinggi.

Kalau dibiarkan, overheating terus-menerus bisa bikin komponen penting di dalam ponsel, seperti baterai atau SIM card, rusak secara permanen.

Cara Mencegah Ponsel Overheat

Untungnya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan buat mencegah ponsel kamu dari overheating. Yuk, simak beberapa tips berikut :

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Kalau kamu lagi di luar ruangan, usahakan simpan ponsel di tempat teduh, misalnya di dalam tas, atau tutupi dengan kain. Jangan pernah meninggalkan ponsel di dashboard mobil di bawah sinar Matahari langsung.

2. Jangan Simpang di Lingkungan Panas

Selain sinar matahari, suhu tinggi di sekitar juga bisa bikin ponsel cepat panas. Hindari meninggalkan ponsel di tempat-tempat seperti sauna, dapur, atau dekat sumber panas lainnya.


Cara Lain yang Bisa Dilakukan

3. Gunakan Charger Asli 

Charger yang nggak sesuai standar atau palsu bisa bikin ponsel kamu bekerja lebih keras saat charging, yang akhirnya memicu panas berlebih. Lebih baik pakai charger resmi yang dirancang untuk ponselmu.

4. Update Sistem dan Aplikasi Secara Rutin 

Selalu pastikan menjalankan versi terbaru dari sistem operasi dan aplikasi. Bug di sistem atau aplikasi bisa bikin prosesor bekerja lebih keras, menyebabkan ponsel cepat panas.

5. Jangan Pakai Aplikasi Berat Saat Charging 

Kalau kamu pengen ponselmu tetap adem saat charging, hindari main game berat atau streaming film. Ponsel bekerja lebih keras saat diisi daya, sehingga penggunaan aplikasi berat hanya akan menambah panas.

Jangan Coba-Coba Taruh Ponsel di Freezer!

Walau mungkin terasa logis untuk mendinginkan ponsel dengan cara memasukkannya ke freezer, ini bukan ide yang bagus.

Suhu yang terlalu dingin bisa merusak komponen internal ponsel dan menyebabkan masalah lain di kemudian hari. Cukup simpan ponsel di tempat yang lebih adem, tapi jangan sampai di suhu ekstrem.

 

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia
Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya