Android dalam Bahaya, Pengguna Samsung Wajib Update Kemanan Terbaru Ini!

Samsung sudah mengeluarkan pembaruan keamanan lebih dulu dari Google dengan peringatan bahwa Android sedang dalam bahaya. Simak selengkapnya di sini.

oleh Dinda Ariyani diperbarui 24 Sep 2024, 09:30 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 09:30 WIB
Android 15. Credit: Google
Android 15. Credit: Google

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Samsung mungkin perlu waspada dengan kabar terbaru soal keamanan. Google baru saja merilis pembaruan keamanan pada September, dengan peringatan bahwa Android sedang dalam bahaya.

Namun, Samsung sudah mengeluarkan pembaruan lebih awal pada Agustus 2024. Sayangnya, tidak semua pengguna Samsung menerima update penting ini, sehingga perangkat mereka mungkin masih beresiko.

Dikutip dari Gizchina, Selasa (17/9/2024), ancaman utama berasal dari CVE-2024-32896, celah keamanan yang pertama kali diumumkan Google pada April. Meski sekarang sudah diperbaiki, celah ini sempat dimanfaatkan oleh peretas dengan menggabungkan beberapa kelemahan perangkat buat mengambil alih kendali.

Awalnya, Google mengira masalah ini hanya memengaruhi perangkat Pixel, tapi kemudian diketahui kalau ini adalah masalah besar yang berdampak pada seluruh ekosistem Android, termasuk ponsel Samsung.

Pada Juni, pemerintah Amerika Serikat memperingatkan pengguna Pixel untuk segera memperbarui perangkat mereka atau berhenti menggunakannnya karena masalah ini.

Sayangnya, peringatan itu tidak diperbarui saat diketahui bahwa perangkat Android lain, termasuk Samsung yang juga terancam.

Samsung Bergerak Cepat, Tapi Tidak Semua Pengguna Mendapatkan Pembaruan

Samsung patut diacungi jempol karena merilis pembaruan keamanan lebih cepat dari perkiraan.Tapi, ada masalah, enggak semua pengguna Samsung bisa langsung menerima pembaruan ini.

Samsung memiliki jadwal ketat untuk pembaruan, di mana beberapa perangkat mendapat pembaruan setiap bulan, sementara yang lain hanya mendapatkannya setiap beberapa bulan atau dua kali setahun.

Sayangnya, hal ini membuat beberapa perangkat yang tidak berada dalam jadwal pembaruan bulanan masih rentan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perangkat yang Masih Beresiko

Samsung
Samsung logo (androidauthority.com)

Pengguna dengan perangkat Samsung lama atau yang tidak mendapat pembaruan bulanan bisa saja masih terancam oleh celah keamanan ini.

Beberapa perangkat bahkan sudah tidak lagi menerima pembaruan, seperti Galaxy TabS7 dan Galaxy Z Flip 5G. Jadi, pengguna dengan perangkat tersebut mungkin perlu mempertimbangkan untuk upgrade.

Pentingnya Melakukan Upgrade

Tahun ini, Android meghadapi banyak ancaman keamanan serius. Jika perangkat kamu tidak lagi mendapat pembaruan, artinya kamu bisa saja terkena risiko keamanan baru yang muncul. Penting buat selalu memastikan perangkat tetap terbarui agar tetap aman.

Periksa dan Perbarui Perangkatmu

Jika perangkat Samsung kamu sudah mendapatkan pembaruan Agustus, maka kamu sudah aman dari ancaman CVE-2024-32896.

Namun, jika perangkat kamu belum dapat pembaruan itu, risikonya masih ada. Pastikan untuk memeriksa status pembaruan perangkat kamu, dan jika perlu, pertimbangkan untuk upgrade demi keamanan.

 


Samsung Setop Pembaruan Perangkat Lunak di 3 HP Galaxy Ini, Ponsel Kamu Terdampak?

Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson
Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson

Sebelumnya, Salah satu vendor smartphone yang memberikan dukungan perangkat lunak ekstensif untuk HP besutannya adalah Samsung. Namun, perlu diingat bahwa dukungan ini tidak akan berlangsung selamanya.

Pada akhirnya, model-model lama akan mencapai akhir masa pakainya (end-of-life) untuk pembaruan perangkat lunak, sehingga pengguna perlu mempertimbangkan untuk mengganti HP baru.

Berikut tiga model HP Samsung Galaxy yang tidak akan mendapatkan update perangkat lunak:

1. Samsung Galaxy A51 5G (April 2020)

Model ini populer karena harganya yang terjangkau dan kinerjanya yang powerful. Namun, dengan penghentian pembaruan perangkat lunak, HP ini tidak akan lagi menerima patch keamanan atau peningkatan kinerja di masa mendatang.

2. Samsung Galaxy A41 (Mei 2020)

Perangkat ini masih menerima pembaruan keamanan hingga Juni 2024, tetapi tidak akan lagi mendapatkan manfaat dari pembaruan di masa mendatang.

3. Samsung Galaxy M01 (Juni 2020)

Seperti A41, HP ini juga tidak akan lagi menerima pembaruan perangkat lunak, yang berpotensi berdampak pada keamanan dan kinerjanya seiring berjalannya waktu.

Dengan demikian, penting bagi pengguna HP Samsung Galaxy untuk memahami pentingnya pembaruan perangkat lunak dan mempertimbangkan untuk mengganti HP jika model yang dimiliki sudah mencapai akhir masa pakainya.

 


Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya