Samsung Siapkan Smartphone Layar Gulung Pertama, Targetkan Rilis 2025?

Samsung dilaporkan sedang mengembangkan smartphone layar gulung pertama mereka, dengan rencana rilis pada paruh kedua 2025. Ponsel ini diperkirakan akan bersaing dengan inovasi layar lipat dari Huawei dan perusahaan lainnya.

oleh Yuslianson diperbarui 20 Sep 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2024, 12:00 WIB
Galaxy Z Fold 6
Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang mengembangkan smartphone layar gulung pertama mereka, menyusul pengumuman ponsel layar lipat tiga milik Huawei.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh media Korea, The Elec, yang menyebutkan HP layar gulung ini akan dirlis pada paruh kedua tahun 2025.

Mengutip laporan The Elec via Android Police, Jumat (20/9/2024), HP Android layar gulung pertama Samsung ini akan memiliki panel sebesar 12,4 inci saat dibuka penuh.

Teknologi layar gulung ini diharapkan membawa inovasi baru dalam dunia smartphone, memungkinkan perangkat untuk lebih fleksibel dalam hal ukuran dan penggunaan.

Sebelumnya, konsep smartphone layar gulung telh diperkenalkan oleh beberapa produsen, seperti Oppo dengan Oppo X di tahun 2021.

Perangkat ini dapat diubah ukurannya antara 6,7 inci hingga 7,4 inci, menawarkan fleksibilitas unik. Selain itu, LG juga sempat memamerkan prototipe ponsel layar gulung pada tahun 2022, sebelum akhirnya menutup divisi smartphone mereka.

Huawei dengan Mate XT dan Motorola dengan Rizr juga pernah menunjukkan konsep serupa. Namun, hingga kini, tidak ada satupun perangkat layar gulung benar-benar dipasarkan secara komersial.

Jika Samsung berhasil merilis smartphone layar gulung ini, mereka akan menjadi perusahaan pertama memasarkan ponsel layar gulung secara global.

Diharapkan, perangkat ini akan menjadi terobosan di industri teknologi dan bersaing dengan inovasi layar lipat sudah terlebih dahulu populer di pasaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Samsung Galaxy S25 Ultra Tantang iPhone 16 Pro Max

<p>Samsung Galaxy S24 Ultra yang dirilis dengan layar lebih datar dan bodinya terbuat sepenuhnya dari titanium (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Di sisi lain, Samsung tampaknya tidak tinggal diam dalam persaingan dengan Apple yang baru saja meluncurkan iPhone 16 series ini.

Mengutip leaker @UniveseIce di media sosial X, Rabu (18/9/2024), Galaxy S25 Ultra kabarnya hadir dengan bezel lebih tipis ketimbang iPhone 16 Pro Max.

Dijadwalkan meluncur pada 2025, bezel Galaxy S25 Ultra ini hanya berukuran 0.2mm lebih tipis dibandingkan Galaxy S24 Ultra. Jika informasi ini benar, Samsung akan kembali merebut gelar ponsel dengan bezel tertipis dari Apple.

Dalam gambar render yang bocor, HP Galaxy S25 Ultra tampaknya masih mengadopsi desain mirip dengan pendahulunya, namun dengan sudut layar lebih membulat.

Ponsel ini dikabarkan akan memiliki layar berukuran 6,9 inci, sebanding dengan iPhone 16 Pro Max. Selain bezel tipis, Galaxy S25 Ultra juga diprediksi hadir dengan berbagai peningkatan fitur.

Diyakini, Samsung bakal menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4, RAM hingga 16GB, kamera lebih canggih, dan On UI 7.1 berbasis Android 15 sebagai daya tarik utama ponsel ini.

Sayangnya, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut tentang bezel Galaxy S25 dan Galaxy S25 Plus. Kita mungkin akan mendapatkan detailnya menjelang acara Galaxy Unpacked pada tahun depan. 


Galaxy S25 Ultra Hadir dengan Desain Tipis dan Kamera Gahar

<p>Samsung Galaxy S24 Ultra. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Meski peluncuran Samsung Galaxy S25 Ultra masih beberapa bulan lagi, bocoran awal tentang perangkat ini sudah mulai bermunculan di internet.

Perangkat flagship yang dikabarkan akan rilis bulan Januari tahun depan ini pun sudah banyak dinanti-nanti, tak heran kalau bocoran tentang desainnya pun menarik perhatian.

Bocoran render dari Android Headlines baru-baru ini memberikan gambaran pertama tentang desain flagship terbaru Samsung ini. Meski masih spekulatif, bocoran ini cukup bikin penasaran.


Desain dan Bocoran Render

<p>Penampakan Samsung Galaxy S24 Ultra yang baru saja meluncur. (Liputan6.com/Yuslianson)</p>

Render yang beredar berdasarkan file CAD, yang biasanya digunakan untuk menunjukkan desain perangkat sebelum rilis resmi. Tapi, seperti biasa, belum tentu 100 persen akurat.

Leakster Ice Universe juga menegaskan kalau masih ada ketidakpastian, terutama terkait desain cincin kamera dan bezel perangkat.

Meskipun posisi kamera sudah dianggap tepat, desain dan tekstur cincin kameranya masih misteri. Bisa jadi versi akhirnya berbeda dari bocoran yang ada sekarang.

Selain itu, frame logam dan bezel mungkin juga punya sedikit perbedaan. Jadi, meskipun render ini memberikan gambaran umum soal bentuk dan gaya, detail akhirnya masih bisa berubah.


Kamera Galaxy S25 Ultra

<p>Samsung resmi mengungkap keberadaan Samsung Galaxy S24 di event Galaxy Unpacked 2024 di San Jose, California, AS.Tiga model smartphone dirilis sekaligus, yakni Galaxy S24 yang punya layar 6,2 inci, Galaxy S24 Plus yang memiliki layar 6,7 inci dan Galaxy S24 Ultra yang memiliki layar 6,8 inci. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Salah satu hal yang banyak dibahas dari Galaxy S25 Ultra adalah setup kameranya. Berdasarkan bocoran sebelumnya, Galaxy S25 Ultra bakal punya konfigurasi kamera yang mirip dengan pendahulunya, Galaxy S24 Ultra.

Adapun bocoran susunan kameranya termasuk kamera utama, kamera telefoto 3x, dan telefoto 5x. Namun, ada update menarik di lensa ultrawide-nya yang kabarnya bakal menggunakan sensor 50 MP ISOCELL JN3.

Samsung memang dikenal dengan teknologi kameranya yang solid. Walaupun mungkin nggak ada perubahan besar di kamera utama dan telephoto, peningkatan di ultrawide bakal memberikan hasil foto wide-angle yang lebih tajam dan detail.

Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Bijak Gunakan Media Sosial. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya