Setahun Dipimpin Marissa Mayer, Yahoo Capai 800 Juta Pengguna

Jumlah pengguna global ini naik 20 persen jika dihitung dari hari pertama Marissa Mayer bekerja untuk Yahoo pada Juli 2012.

oleh Bayu Galih diperbarui 12 Sep 2013, 12:26 WIB
Diterbitkan 12 Sep 2013, 12:26 WIB
marrisa-yahoo-130912b.jpg
Tahun lalu, Marissa Mayer ditunjuk menjadi CEO Yahoo untuk mengangkat salah satu pelopor perusahaan internet itu dari keterpurukan. Setelah lebih dari setahun memimpin Yahoo, polesan Marissa Mayer pun mulai terlihat.

Dilansir dari laman TechCrunch, Kamis (12/9/2013), Marissa Mayer mengungkap kalau Yahoo kini memiliki pengguna aktif sebanyak 800 juta tiap bulannya. Jumlah pengguna global ini naik 20 persen jika dihitung dari hari pertama Marissa Mayer bekerja untuk Yahoo pada Juli 2012.

Tak hanya itu, pengguna mobile pun mulai meningkat. Dari 800 juta pengguna aktif itu, sebanyak 350 juta mengakses dari mobile. Menariknya, angka yang diperlihatkan Yahoo ini belum termasuk pengunjung Tumblr, layanan blog populer yang dibeli Yahoo pada Mei lalu dengan kocek US$ 1,1 miliar.

Menurut Marissa, Yahoo masih butuh waktu untuk mencapai apa yang diinginkan. "Sekitar tiga hingga empat tahun lagi," ucapnya. Untuk mencapai itu, ada empat pilar yang perlu diperhatikan: orang, produk, trafik, dan pendapatan.

Dalam penjelasannya, Marissa mengatakan strategi ini berusaha membuat rantai untuk memikat orang-orang hebat dalam membangun produk hebat. Produk hebat tentu saja akan meningkatkan jumlah trafik. Nah, jika trafik meningkat, pemasang iklan pun akan semakin terpikat. Tentu ini akan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan.

Saat ini Yahoo fokus pada dua layanan utama: email dan mesin pencari. Marissa sadar kalau ini akan menempatkan Google, yang merupakan perusahaan tempat dia pernah bekerja dan belajar berkembang, sebagai pesaing. Tapi Marissa sadar kalau Yahoo punya email yang lebih cepat dari Google.

"Tapi ini hanya email. Tak ada fitur video chat dan banyak hal lain yang telah kami uji sebagai eksperimen. Tapi saya pikir ini bisa diandalkan agar orang menggunakan emailnya tiap hari, yang ingin cepat dan efisien dengan itu," tuturnya. (gal)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya