Apple Caplok Bos Fashion Burberry

Wanita yang lahir 43 tahun lalu itu didapuk sebagai Senior Vice President yang mengurusi pemasaran ritel Apple.

oleh Adhi Maulana diperbarui 16 Okt 2013, 17:11 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2013, 17:11 WIB
angela-131016b.jpg

Apple kembali membuat gebrakan di jagat teknologi. Perusahaan yang kini dipimpin oleh Tim Cook itu dilaporkan baru saja menggaet Angela Ahrendts, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Burberry, brand fashion ternama asal Inggris.

Wanita yang lahir 43 tahun lalu itu didapuk sebagai Senior Vice President yang mengurusi pemasaran ritel Apple. Beberapa hal yang akan menjadi tanggung jawabnya adalah strategi dan ekspansi pemasaran, serta memperkaya pengalaman konsumen dalam berbelanja di toko Apple baik offline maupun online.

Posisi kepala ritel Apple sendiri, menurut yang dilansir laman Techcrunch, Rabu (16/10/2013), telah kosong sejak John Broett mengundurkan diri dari jabatannya per Oktober 2012 silam.

Kemampuan Angela di dunia fashion dan bisnis ritel memang tak diragukan lagi. Buktinya, belum lama ini ia masuk ke dalam daftar wanita paling berpengaruh di Inggris versi BBC Radio. Selain itu, sejak menjabat menjadi CEO Burberry di tahun 2006 silam, Angela tercatat pula sebagai CEO dengan bayaran termahal di Inggris untuk periode 2012-2013 dengan penghasilan US$ 26,3 juta per tahun.

Tanda-tanda ketertarikan Apple terhadap Angela disinyalir telah terlihat sejak Apple dan Burberry menjalin kerja sama untuk memperkenalkan iPhone 5S di kalangan industri fashion. Pada gelaran fashion show Burberry untuk koleksi Spring/Summer 2014 beberapa waktu lalu, handset iPhone 5S dipercaya sebagai alat dokumentasi event tersebut.

Kehadiran Ahrendts ini menambah daftar wanita yang berhasil menjadi petinggi di perusahaan teknologi ternama dunia. Sebelumnya eksistensi wanita di jagat teknologi telah dimulai oleh Sheryl Sandberg (Facebook) dan Marissa Mayer (Yahoo). (dhi/dew)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya