Nokia Hadiahi Lumia 1020 Bagi Sineas Yang Karyanya Dicuri Apple

Seakan mengobati kekecewaan Casey yang karyanya dicuri Apple, Nokia pun mengirimkan sebuah Lumia 1020 secara cuma-cuma.

oleh Liputan6 diperbarui 24 Okt 2013, 11:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2013, 11:30 WIB
nikia-131024b.jpg

Euforia antrian yang mengular selama berjam-jam untuk mendapatkan iPhone terbaru kerap terjadi di beberapa negara, Momen antrian yang terjadi di kota New York sempat terekam dan dijadikan sebagai film indie karya sineas bernama Casey Neistat.

Saat sesi penjualan perdana iPhone 5S pada 20 September silam, Casey pun mengabadikan situasi antrian dan pendapat para pengantri dalam video yang berdurasi 5 menit 59 detik. Dalam video berjudul 'The Dark Side' tersebut Casey secara jelas menghadirkan detil situasi antrian dari beberapa toko Apple di kota yang berjulukan Big Apple tersebut.

Sayangnya hasil karya tersebut justru bocor dan disalahgunakan oleh pihak Apple yang dengan sengaja menyebarluaskan video tersebut tanpa seijin dan menyantumkan nama Casey sebagai pembesutnya. Apple juga mengedit video yang dibuat Casey dengan menyisipkan backsound dan mengubah alur cerita menjadi ucapan terima kasih pada seluruh karyawannya yang telah bekerja keras selama acara peluncuran iPhone 5S.

Atas aksi penyalahgunaan tersebut Casey mengaku tidak mendapatkan keuntungan apa-apa, justru ia merasa rugi. Mengingat bukan hanya imbalan berupa materi, ia pun tidak mendapatkan setidaknya surat atau ucapan terima kasih dari CEO Apple Tim Cook.

Casey sebenarnya seorang fanboy Apple, namun ia mengaku merasa dirugikan dengan tindakan yang dilakukan Apple. "Selama ini karya saya belum pernah dicuri oleh siapa pun. Mereka (Apple) mengambil karya saya dan merubahnya menjadi karya mereka sendiri," tegasnya seperti dilansir laman Phone Arena, Kamis (24/10/2013).

Melihat kecerobohan yang dilakukan Apple, Nokia bersama Microsoft pun berupaya melakukan tindakan dengan mengambil keuntungan dari kecerobohan yang dilakukan pesaingnya itu. Seperti diketahui Nokia memiliki smartphone Lumia 1020 dengan kamera beresolusi 41MP sebagai keunggulannya.

Seakan berupaya mengobati kekecewaan Casey, Nokia pun langsung mengirimkan sebuah kotak yang berisi ponsel terbarunya itu secara cuma-cuma. Nokia merasa kamera beresolusi 41MP akan menjadi ponsel sempurna untuk seorang sineas indie seperti Casey.

Dalam kotak tersebut Nokia juga menyisipkan pesan bertuliskan, "Casey-kami tahu rasanya menyebalkan ketika ide-ide brilian Anda dicuri... Tetaplah original, Casey, dan kami berharap Anda akan menangkap beberapa momen baru di ponsel ini. Jika Anda menggunakannya ... mari kita lakukan sesuatu bersama-sama!"

Seperti apa video karya Casey yang 'dibajak' Apple? Anda bisa melihat video karya Casey melalui tautan ini. (isk/vin)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya