BPBD Garut Pantau Kerusakan Rumah Warga Pascagempa

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi saat sebagian besar warga masih terlelap.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Sep 2015, 13:35 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2015, 13:35 WIB
20150905-BPBD Gempa-Garut
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Garut - Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat mendatangi sejumlah wilayah untuk memantau kerusakan akibat gempa pada pagi tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (5/9/2015), salah satu lokasi yang didatangi adalah kawasan Cikajang. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan, namun pihak BPBD masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait di 42 kecamatan di Garut untuk memastikan dampak dari gempa tersebut.

Gempa berkekuatan 5,6 skala Richter terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi saat sebagian besar warga masih terlelap sehingga tidak sempat menimbulkan kepanikan.

"Gempanya sangat terasa, terutama getaran meskipun terjadi di daerah, diperkirakan di daerah Pantai Selatan, Garut Selatan, ini getarannya sampai ke daerah lain. Untuk kerusakan kita masih melakukan pengecekan," ujar Kepala BPBD Garut Dadi Djakaria.

Gempa di barat daya Garut dinihari tadi, sempat membuat masyarakat di Tasikmalaya, Jawa Barat terbangun dari tidurnya. Hal itu seperti yang dirasakan oleh Devita di Cipedes, Kota Tasikmalaya.

Gempa membuat Devita terbangun dan langsung mengamankan bayinya. Dia dan suaminya sempat keluar dari rumah karena khawatir, namun ketika gempa sudah berhenti mereka kembali masuk ke dalam rumah. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan ke BPBD Tasikmalaya. (Vra/Mvi)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya