Cegah Banjir, Proses Normalisasi Sungai dan Waduk Terus Dikebut

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melakukan antisipasi banjir.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Nov 2015, 15:04 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2015, 15:04 WIB
20151112-Pintu Air-Jakarta
(Liputan 6 TV)

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengantisipasi bencana banjir. Salah satunya dengan mengecek pintu air di ibu kota dan mempercepat pengerjaan normalisasi Waduk Pluit.

Sekitar pukul 10.00 WIB tadi, ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, berkisar 650 sentimeter dengan status Siaga IV. Ketinggian air ini berpotensi bertambah apabila Bogor mengalami hujan deras. 

Guna mengantisipasinya, petugas pintu air selalu berkomunikasi dengan petugas Pintu Air Katulampa. 

"Sudah siagakan Satgas Banjir kita. Alat-alat berat seperti caravan sudah siap 24 jam, sama genset-genset kalau terjadi mati lampu sudah kita siagakan semua. Kita udah upayakan semaksimal mungkin sarana dan prasarana yang ada," jelas Pengawas Pelaksana Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Jakarta Pusat Farry Andhiko, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (11/11/2015). 

Sementara itu, proyek normalisasi sungai dan waduk juga terus dikebut oleh Pemprov DKI Jakarta. Seperti di Waduk Pluit, Jakarta Utara, pengerukan lumpur dari dasar Waduk Pluit kini kedalamannya sudah lebih dari 2-3 meter. Jika fungsi waduk kembali normal, maka akan mampu menampung air hingga 2 juta kubik. 

Diharapkan dengan adanya normalisasi waduk, dapat mengantisipasi banjir di ibu kota. (Mar/Sun)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya