Sarana dan Prasarana Asian Games 2018 Rampung Juni

Persiapan venua Asian Games 2018 melebihi rencana awal.

oleh Thomas diperbarui 03 Mei 2018, 08:50 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2018, 08:50 WIB
Logo resmi Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018 (Dok Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Persiapan 76 venue untuk kompetisi maupun latihan serta 14 non venue yang akan digunakan d Asian Games ke-18 sudah mencapai 90,53%, melebihi awal rencana awal sebesar 89,3%. Seluruh sarana dan prasarana tersebut ditargetkan akan rampung pada Juni 2018.

Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono selaku Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Inasgoc yang diwakili oleh Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo pada acara bertema “Road to 18th Asian Games 2018”, di Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018. 

“Seperti yang sering disampaikan oleh Bapak Wapres bahwa sukses Asian Games pada intinya ada tiga yakni sukses penyediaan venue atau infrastruktur, kedua sukses penyelenggaraan, dan ketiga sukses prestasi," ujarnya.

Ditambahkan Sri Hartoyo pekerjaan yang saat ini tengah diselesaikan adalah pembangunan dan renovasi venue yang merupakan tugas tambahan dan penyesuaian fasilitas difabel seperti lift dan ukuran kamar di wisma atlet Kemayoran dan diharapkan sudah selesai semuanya pada bulan Juni.

Sri Hartoyo juga menyampaikan renovasi venue di Gelora Bung Karno (GBK) yang dikerjakan tahun 2017 sudah selesai 100%. Pada tahun 2018 di komplek GBK dilakukan pekerjaan venue Squash yang baru diputuskan Desember 2017 dengan progres sudah 20%. Selain itu juga tengah dilakukan penataan kawasan GBK, pembangunan dua gedung parkir 3 lantai di kawasan Parkir Timur dengan kapasitasnya 1.000 mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Green Building

Sambut Asian Games 2018, Karakter Cabang Olahraga Hiasi Jakarta
Logo Asian Games 2018 (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Renovasi komplek olahraga di GBK juga bertujuan sebagai percontohan green building dan kawasan hijau dalam meningkatkan kualitas ruang publik kota Jakarta. Salah satunya pemasangan solar panel di Stadion GBK yang menghasilkan 1,5 MW dan pembangunan cofftea house yang bisa digunakan untuk masyarakat.

Adapun pembangunan venue Layar dan Jetski di Pantai Ancol dan Padepokan Silat oleh Kementerian PUPR di kawasan Taman Mini Indonesia Indah ditargetkan selesai bulan Juni 2018. Pembangunan dan renovasi venue tidak hanya dilakukan oleh Kementerian PUPR, tetapi juga oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.


Mendukung Pemerintah DKI Jakarta

Asian Games 2018, Persiapan Countdown Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018 (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Kementerian PUPR mendukung pemerintah DKI Jakarta untuk penyelesaian venue Velodrome, Equestrian Park dan Baseball yang ada di Rawamangun. Progresnya sesuai dengan hasil kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada minggu lalu dilaporkan bahwa akan selesai seluruhnya pada bulan Juni 2018.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya