Ini Dia Pemenang Lelang 7 Blok Migas

Pemerintah mengumumkan hasil lelang blok migas. Siapa saja pemenangnya?

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 26 Feb 2014, 13:14 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2014, 13:14 WIB
minyak-140213a.jpg

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Ditjen Migas) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan hasil lelang reguler wilayah kerja migas tahap II dan lelang penawaran langsung wilayah kerja migas konvesional.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Edy Hermantoro mengatakan, lelang tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan produksi migas Indonesia.

"Penandatanganan ini adalah upaya nyata pemerintah dalam meningkatkan kegiatan ekplorasi dan eksploitasi migas," kata Edy saat mengumumkan hasi lelang, di Kantor Kementereian ESDM, Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Berikut daftar pemenang tender blok migas yang digelar pemerintah:

a. Hasil lelang reguler wilayah kerja migas tahap II tahun 2012:

1.  Wilayah kerja Bengara II lokasi daratan dan lepas pantai Kalimantan Utara dengan kontraktor PT Baradinamika Citra Lestari.

b. Hasil lelang penawaran langsung wilayah kerja migas lonvensional tahap I 2013:

  1. Wilayah kerja Palmerah Baru lokasi darata Sumata Selatan dan Jambi dengan kontraktor konsorsium Bukit energi palmerah baru dengan NZOG Palmerah Baru Pty PT Surya Selaras Sejahtera.
  2. Wilayah kerja Sakti berlokasi di lepas pantai Jawa tengah dan Jawa Timur dengan kontraktor konsorsium Krisenergy BV dengan PT Golden Heaven Jaya.
  3. Wilayah kerja North East Madura VI lepas pantai Jawa Timur dan kontraktor Golden Code Commercial Ltd.
  4. Wilayah kerja Anugrah Lepas Pantai Jawa Timur dengan kontraktor Husky Anugerah Limited
  5. Wilayah Kerja East Bontang berlokasi di daratan dan lepas pantai Kalimantan Timur dengan KKKS PT Innovare Gas.


Secara keseluruhan, total komitmen pasti eksplorasi dari enam kontraktor yang ditandatangani adalah studi G&G sebesar US$ 5,23 juta, survei sesmik 2D sepanjang 3.550 kilometer (km), survei sesmik 3D seluas 1.165 km persegi dan pemboran delapan sumur ekplorasi.

"Total investasi komitmen ekplorasi adalah sebesar US$ 108,185 juta sedangkan bonus tandatangan yang akan diterima langsung oleh pemerintah sebesar US$ 8 juta," ungkapnya.

Selain enam wilayah kerja tersebut, ada satu kontraktor yang menerima wilayah kerja Alas Dara Kemuning yang berlokasi di Kabupaten Blora Jawa Tengah yaitu Pertamina EP Cepu ADK. (Pew/Ndw)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya