Hati-hati, Musim Kemarau Tahun Ini Dapat Ganggu Anggaran Negara

Menteri Keuangan Chatib Basri mengingatkan kemungkinan musim kering pada 2014 yang dapat berdampak kepada anggaran negara.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 24 Mar 2014, 19:49 WIB
Diterbitkan 24 Mar 2014, 19:49 WIB
Chatib Basri
(Foto: Antara)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Chatib Basri mengingatkan kemungkinan musim kering pada 2014. Hal ini karena dapat berdampak terhadap kebijakan keuangan dan anggaran negara.

"Saya ingin berpesan climate change, ada sebuah artikel ada kemungkinan musim kering tahun ini," kata Chatib, saat melantik pejabat eselon II di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (24/3/2014).

Menurut Chatib, jika kemarau panjang benar-benar terjadi maka tahun ini akan lebih berat ketimbang 2013, terutama dalam kebijakan dan anggaran yang dikeluarkan.

"Akan jauh lebih berat dibanding tahun lalu, ini akan berdampak pada soal kebijakan juga pada anggaran, mungkin anggaran subsidi pangan akan sangat penting," tutur Chatib.

Oleh karena itu, Chatib meminta jajarannya mengantisipasi akibat perubahan iklim tersebut dengan membuat kebijakan jangka panjang dan menyeluruh.

"Tentang perubahan iklim apa yang diantisipasi sehingga langkah kita dalam membuat kebijakan lebih suistanable dan komprehensif," pungkasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya