Pengusaha Hotel dan Restoran Keberatan Harga Elpiji 12 Kg Naik

"Kita kan produsen gas, tapi kenapa kita beli gas di negara sendiri saja mahal sekali," ujar Wakil Ketua Umum PHRI, Johnie Sugiarto.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 10 Agu 2014, 17:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2014, 17:00 WIB
Ilustrasi Gas Elpiji 12Kg Naik (2)
Ilustrasi Gas Elpiji 12Kg Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengakui industri ini akan kembali menanggung beban berat jika PT Pertamina (Persero) menaikkan harga elpiji 12 kilo gram (kg). Konsekuensinya, pengusaha akan menyesuaikan tarif kamar dan harga makanan.

Wakil Ketua Umum PHRI, Johnnie Sugiarto menilai, kenaikan harga elpiji 12 kg dalam waktu dekat sangat tidak wajar dan hanya menguntungkan Pertamina yang selama ini memonopoli bisnis tabung gas.

"Buat kami cuma jadi beban yang terus bertambah karena awal tahun ini, elpiji 12 kg sudah naik, lalu dihantam lagi dengan penyesuaian tarif tenaga listrik. Kalau naik melulu kan nggak wajar," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Minggu (10/8/2014).

Johnnie menganggap harga gas di Indonesia sudah terasa mahal bagi industri. Sehingga membebani biaya operasional perusahaan meskipun tak terlampau signifikan.

"Kita kan produsen gas, tapi kenapa kita beli gas di negara sendiri saja mahal sekali. Harusnya kan bisa dengan harga murah, supaya pengusaha juga untung," ucapnya.

Komponen gas, tambah dia, menyumbang porsi kecil di dalam pos belanja hotel. Namun tidak bagi restoran. Seperti kenaikan harga elpiji 12 kg awal tahun ini sebesar Rp 1.000 per kg, diakuinya telah memberikan dampak terhadap kenaikan ongkos operasional hotel dan restoran.

"Memang buat hotel nggak terlalu besar, tapi sangat berasa bagi restoran. Saya belum bisa pastikan angkanya. Makanya jika harga elpiji naik lagi, mau nggak mau rate kamar hotel dan harga makanan ikut naik," papar Johnnie.

Oleh sebab itu, dia berharap, pemerintah dapat membentuk lembaga independen yang memiliki kapasitas untuk melakukan perhitungan soal harga gas yang ideal bagi pengusaha, termasuk hotel dan restoran.

"Saya juga belum bisa tahu kenaikan rate kamar dan harga makanan berapa persen. Karena setiap hotel berbeda, ada yang punya 80 kamar, 300 kamar dan lebih. Ada yang punya satu restoran bahkan lebih dari itu, jadi kenaikan pasti berbeda," tandas Johnnie. (Fik/Ahm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya