Harga Minyak Anjlok Tak Bikin Pertamina Kendorkan Eksplorasi

Namun berbagai langkah penyesuaian dilakukan di awal realisasi Rencana Kerja 2015 agar postur biaya tetap bugar hingga tutup tahun nanti.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 24 Feb 2015, 10:55 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2015, 10:55 WIB
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

Liputan6.com,Jakarta - Penurunan harga minyak dunia hingga  di bawah US$ 50 per barel dalam beberapa bulan terakhir, mulai berdampak terhadap perusahaan minyak di dunia, salah satunya PT Pertamina (Persero).

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, berbagai langkah penyesuaian dilakukan di awal realisasi Rencana Kerja 2015 agar postur biaya tetap bugar hingga tutup tahun nanti.

"Dari sisi hulu yang kinerjanya dinilai lewat peningkatan produksi dan tambahan cadangan," kata Syamsu, di Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Meski demikian, Syamsu menegaskan, penurunan harga minyak mentah belakangan ini, tidak mengendorkan kegiatan eksplorasi, meski penyesuaian strategi untuk lokasi-lokasi siap bor secara arif dan jeli perlu direkalkulasi dengan rinci lewat berbagai aspek.

"Baik sisi operasi maupun penyediaan material penunjang," ungkapnya.

Sementara itu, berbagai rencana studi dan evaluasi potensi eksplorasi untuk melihat lapangan baru baik di wilayah mature eksplorasi, Indonesia Bagian Barat maupun dalam cekungancekungan sedimen di Indonesia Bagian Timur tetap konsisten dilakukan.

“Kita wajib mendapatkan sebanyak-banyaknya cadangan 2C, contingency resources, dan harus diyakinkan bahwa itu merupakan angka yang pasti, sehingga nanti saat harga minyak sudah mulai membaik kita sudah siap untuk melakukan produksi,” tutur dia.

Kinerja eksplorasi migas Pertamina, pada 2014 kemarin mengukir aneka kesuksesan. Hal ini tercermin lewat raihan tambahan cadangan baru migas sekitar 198 juta barel setara minyak (BOE).

Postur performance eksplorasi demikian, naik sekitar 70 persen jika dibandingkan dengan temuan 2013 sebesar 116 juta BOE.

“Keberhasilan fungsi eksplorasi tahun lalu cukup signifikan. Karena itu tingkat keyakinan kita bertambah, bahwa untuk 2015 ini kesuksesan yang sama optimis dapat kita raih pula,” pungkasnya. (Pew/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya