Saran Orang Sukses soal Atur Uang di Usia 20

Ingin tahu apa saja saran dari orang sukses soal mengatur uang ketika berusia 20 tahun.

oleh Agustina Melani diperbarui 19 Jun 2016, 04:31 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2016, 04:31 WIB
Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Atur Anggaran Keuangan
banyak orang yang belum mengerti pentingnya mengatur anggaran keuangan. Banyak juga yang melakukan kesalahan saat mencoba membuatnya

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usia 20 tahun ternyata tidak semudah yang dibayangkan terutama mengatur keuangan. Orang kaya dan sukses pun tak luput dari kesalahan ketika mengatur keuangan saat berusia 20 tahunan.

Ingin tahu apa saja saran dan nasehat untuk mengatur keuangan saat berusia muda?, Yuk simak kutipan dari orang kaya dan sukses yang dilansir dari laman Business Insider, Minggu (19/6/2016):

1. Memiliki Dana Darurat

John Paul DeJoria, Pendiri Patron tequilla dan John Paul Mitchell Systems

"Sebelum investasi dan membangun bisnis, pastikan Anda memiliki cukup uang untuk disimpan setidak dalam enam bulan ke depan untuk membayar tagihan atau apa pun biaya yang akan muncul. Sangat penting untuk memiliki dana cadangan dalam enam bulan ke depan sebelum berinvestasi atau hadapi sesuatu yang tidak sesuai harapan," ujar DeJoria.

2. Atur Kartu Kredit
Mark Cuba, Miliarder

"Saya berharap tahu kalau kartu kredit merupakan salah satu yang buat keuangan menjadi buruk. Dengan tidak memiliki utang lebih baik. Sebaiknya memiliki tabungan dan investasikan uang di saham," ujar Cuba.

3. Memiliki Keahliaan
Tim Ferris, Penulis Buku The 4-Hour Workweek

Ferriss menuturkan, ketika berusia 20 tahun lebih baik untuk mengoptimalkan belajar ketimbang mengincar uang banyak. "Anda dapat belajar untuk memiliki pengalaman membuat kesepakatan dan mencari keterampilan," ujar dia.

Ia menuturkan, dengan memprioritaskan keterampilan lebih cepat maka akan mendorong produktivitas ke depannya.

4. Anda Harus Punya Tujuan untuk Keuangan
Alexa von Tobel, penulis buku Financially Fearless

"Dengan tidak memiliki tujuan keuangan itu sesuatu yang tidak baik. Apa yang saya lihat selama ini tanpa pendidikan keuangan pribadi maka uang akan mudah hilang tanpa mengetahui kemana perginya," ujar dia.

Tobel menuturkan, pihaknya beruntung dapat belajar keuangan ketika masih berusia 20 tahunan. Dengan pengetahuannya, ia juga membantu orang lain untuk mengatur uang dengan bijak.

5. Melakukan Apa yang Anda Sukai Ketimbang Uang
Blake Mycoskie, Pendiri TOMS

"Ketika berusia 20 tahun saya menyarankan untuk setiap orang agar dapat ikuti apa yang disukainya ketimbang mengejar uang. Saya telah melihat seseoroang yang ikuti kata hati dan apa yang disukainya, dan akhirnya mereka sukses," ujar Mycoskie.

Ia menuturkan, kalau usia 20 tahun tidak perlu khawatir mengenai uang. Akan tetapi, Anda harus fokus pada sesuatu yang disukai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Percaya Diri

6. Pelajari Kemampuan yang Dapat Membantu Karier
Neil Blumenthal, Cofounder Warby Parker

"Tentukan sendiri kesuksesan keuangan Anda. Fokus pada pekerjaan di industri dan perusahaan yang berkembang sehingga akan ada lebih banyak kesempatan. Ini untuk menciptakan peluang masa depan, mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan," tutur dia.

7. Percaya kepada Diri Anda
David Bach, Penulis Buku dan Pendiri FinishRich Media

Bach mengataka, kalau dirinya selalu menuturkan kepada seseorang lebih mudah untuk bertaruh kepada diri Anda sehingga menjadi pemenang. "Kau akan memiliki impian besar untuk dapat melawan rintangan besar sehingga dapat menjangkau orang lain," ujar dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, ketika penghasilan menghampiri Anda maka sebaiknya Anda "membayar" diri sendiri terlebih dahulu.

8. Menabung
Lewis Howes, Pengusaha

"Uang akan datang ketika Anda sudah siap. Coba mulai untuk sedini mungkin menabung dan investasi meski dalam jumlah terbatas. Kemudian tingkatkan jumlah tabungan dan investasi," kata dia.

9. Kontrol Keuangan
Sophia Amoruso, Pendiri Nasty Galeri

"Jika Anda mengontrol keuangan Anda, maka Anda tidak akan menemukan stuk dalam pekerjaan dan hubungan. Belajar untuk mengatur keuangan maka merupakan hal penting yang dapat dilakukan. Dengan mengatur keuangan maka dapat membuka pintu lainnya. Jadi mulailah untuk buat keputusan penting dalam keuangan Anda," kata dia.

10. Mengerti Kekuatan Investasi
Kevin Cleary, CEO Clif Bar and Company

"Pada usia 20 tahun, saya berharap dapat mengerti kekuatan berinvestasi. Pada saat itu, saya juga sedikit menghabiskan sesuatu, dan investasi untuk jangka panjang. Bahkan ketika usia itu merupakan waktu tepat untuk belajar investasi," ujar Cleary. (Ahm/Ndw)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya