Sosok Pahlawan RI Bakal Masuk Desain Uang Koin

Desain baru uang rupiah juga akan bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

oleh Septian Deny diperbarui 15 Agu 2016, 13:24 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2016, 13:24 WIB
Ilustrasi uang koin
Ilustrasi uang koin

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan desain baru uang rupiah termasuk uang koin. Desain uang baru rupiah diharapkan keluar pada akhir tahun 2016.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menuturkan dalam uang koin akan muncul sosok pahlawan nasional. Hal ini berbeda dari desain uang koin sebelumnya.

"Koin juga akan berubah gambar pahlawan nasional selama ini bukan pahlawan," ujar Ronald, di Batam, seperti ditulis Senin (15/8/2016).

Ia menuturkan, uang rupiah desain baru itu akan bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain bertuliskan NKRI, desain uang kertas masih akan menonjolkan sosok pahlawan daerah. Pahlawan yang akan dipilih dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Sebelumnya, frasanya Indonesia diganti NKRI. Penandatanganannya berbeda, awalnya internal sekarang ditandatangani Gubernur Bank Indonesia. Nama-nama pahlawan dari Kemensos, pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki," ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memutuskan gambar pahlawan yang akan dipilih dalam desain uang yang baru. Usai mendapat persetujuan baru akan dicetak dalam jumlah banyak.

Untuk nominal, Ronald menuturkan masih akan sama dengan nilai nominal uang yang dicetak. BI menargetkan uang baru tersebut dapat diterbitkan pada akhir tahun ini. "Tidak berubah. Masih Rp 100 ribu, Rp 50 ribu dan seterusnya. Kita akan keluarkan uang NKRI pada akhir tahun," kata dia. (Dny/Ahm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya