Penjelasan KAI soal Pembatalan Tiket di Stasiun Senen

Manajemen PT KAI memberikan klarifikasi terkait ada ratusan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

oleh Achmad Dwi Afriyadi diperbarui 30 Jun 2017, 20:05 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2017, 20:05 WIB
Tiket Kereta Lebaran 2015 Mulai Bisa Dipesan
Ilustrasi tiket kereta

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT KAI memberikan klarifikasi terkait ada ratusan pembatalan tiket kereta di Stasiun Pasar Senen Jakarta. Klarifikasi dilakukan KAI supaya tidak ada kesalahpahaman pada masyarakat.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto menerangkan, memang ada pembatalan tiket selama masa angkut Lebaran ini. Namun, dengan pembacaan data yang benar maka pembatalan tidak mencapai ratusan.

Sebagai contoh, pada 29 Juni 2017 telah terjadi proses pembatalan pada keberangkatan hari tersebut sebanyak 151 tiket. Namun dari jumlah tersebut, 133 tiket sudah terjual kembali.

"Sehingga hanya 18 tiket saja yang benar-benar batal berangkat dari Stasiun Pasar Senen (ada 18 tempat duduk kosong dari pemberangkatan Stasiun Pasar Senen). Tentunya hal ini sangatlah kecil bila dibandingkan dengan jumlah total tiket atau tempat duduk yang tersedia sebanyak 28.000 buah secara keseluruhan dari Stasiun Pasar Senen setiap harinya," jelas dia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (30/6/2017).

Seharusnya, Ia menuturkan, pembatalan yang terjadi di stasiun tidak dianggap sebagai pembatalan perjalanan kereta api.

"Seharusnya angka pembatalan, jangan dianggap sebagai angka pembatalan bagi perjalanan kereta api pada hari itu secara keseluruhan," ujar dia.

Dia berharap, hal ini memberikan gambaran yang jelas bagi masyarakat. Dia mengatakan, jumlah pembatalan ini jauh lebih kecil dari ketersediaan tiket kereta yang ada.

"Sebagai contoh perbandingan 18 tiket yang batal berangkat (sehingga menjadi 18 tempat duduk kosong dari Stasiun Pasar Senen) dengan 28.000 tiket atau tempat duduk yang tersedia pada tanggal 29 Juni 2017, atau sekitar 0,00064 persen saja tempat duduk yang kosong dari Stasiun Pasar Senen di tanggal tersebut," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya