Harapan Pengusaha kepada Dirjen Pajak Robert Pakpahan

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani menilai sosok Dirjen Pajak Robert Pakpahan punya pengalaman panjang di sketor keuangan.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 30 Nov 2017, 21:54 WIB
Diterbitkan 30 Nov 2017, 21:54 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani
Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan RI telah melantik Dirjen Pajak baru yaitu Robert Pakpahan menggantikan Ken Dwijugiasteadi. Terpilihnya Robert nampaknya menimbulkan harapan baru bagi para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani melihat Robert bukan sosok baru di lingkup Kementerian Keuangan. Maka dari itu, dia mengaggap Robert sangat tepat menggantikan Ken.

"Bagus kalau Pak Robert, beliau punya pengalaman panjang dalam peraturan yang ada di sektor keuangan. Saya juga sudah kenal lama dengan beliau," kata Hariyadi kepada Liputan6.com, Kamis (30/11/2017).

Meski dianggap mumpuni, namun Hariyadi tetap memiliki harapan yang harus dikerjakan Robert di dunia perpajakan, terutama bagi para pengusaha. Salah satunya adalah mampu menciptakan susana yang lebih kondusif.

Bagi Hariyadi, selama ini para pengusaha merasa tidak tenang dan justru merasa diancam untuk membayar pajak.

"Dari segi kebijakan-kebijakan lebih kondusif, untuk membuat wajib pajak itu menjadi lebih merasa membayar pajak itu sebagai kepatuhan tanpa harus diancam-ancam, yang kemarin kan diancam-ancam," tambah Hariyadi.

Untuk itu, dia mengaku siap membantu dan mendukung Robert Pakpahan dalam menjalankan kebijakan perpajakan yang akan dibuat nantinya dalam mewujudkan struktur pajak yang lebih sehat. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Robert Pakpahan Resmi Jadi Dirjen Pajak

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak. Robert menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang akan memasuki masa pensiun per 1 Desember 2017.

"Pada hari ini, Kamis, tanggal 30 November tahun 2017 saya Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan ini resmi melantik Saudara-Saudara dalam jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Saya percaya bahwa Saudara-Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa bersama kita," ujar Sri Mulyani saat pelantikan.

Selain melantik Robert, Sri Mulyani juga melantik Lucky Al Firman sebagai Dirjen Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko menggantikan Robert Pakpahan. Sebelumnya, Lucky merupakan Staf Ahli Bidang Kebijakan Penerimaan Negara.

Pelantikan Dirjen Pajak dan Dirjen Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko juga dihadiri oleh para pejabat eselon I Kemenkeu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, dan Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tjahja Widjayanti.

Untuk diketahui, masa bakti Ken Dwijugiasteadi sebagai PNS dan Dirjen Pajak akan berakhir pada akhir bulan ini. Sementara Robert saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu.

Robert Pakpahan mulai menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko pada 19 Maret 2015. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara.

Ia mendapatkan gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina At Chapel Hill, USA, pada 1998.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya