Mau Beli Mobil di IIMS 2018? Terapkan 7 Jurus Jitu Ini

Beli mobil di pameran harus dilakukan hati-hati dan penuh pertimbangan. Berikut beberapa jurus jitu untuk beli mobil di IIMS 2018.

oleh Fitriana Monica Sari diperbarui 20 Apr 2018, 13:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2018, 13:00 WIB
Senyum Manis SPG Sambut Pengunjung IIMS 2018
Sales Promotion Girl berpose di sisi mobil konsep keluaran Honda pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan dan 350 perusahaan ikut dalam IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Apa Anda sedang mencari mobil? Pameran otomotif seperti IIMS 2018 adalah kesempatan untuk mencari dan mendapatkan mobil yang Anda idamkan.

Di sana, Anda bisa leluasa melakukan pengecekan dan perbandingan harga, menggali berbagai informasi tentang jenis mobil, dan memilih kendaraan yang paling tepat untuk kebutuhan Anda. Selain langsung eksplorasi produk, melalui pameran pengunjung juga bisa memanfaatkan berbagai program promo saat pembelian.

Namun tunggu dulu, seperti halnya pembelian barang lainnya, beli mobil di pameran pun harus dilakukan hati-hati dan penuh pertimbangan. Jangan gegabah, bagaimanapun pembelian kendaraan adalah keputusan finansial yang serius.

Simak beberapa tips dari Danaxtra berikut ini, dan jadikan bahan pertimbangan saat akan beli mobil di pameran.

1. Miliki Pengetahuan yang Cukup

Sebelum mendatangi pameran, pastikan Anda memiliki pengetahuan memadai mengenai seluk-beluk mobil. Hal ini wajib terutama bagi Anda yang akan membeli mobil untuk pertama kalinya.

Pelajari berbagai macam fitur yang terdapat di dalam mobil, di mana hal tersebut akan membantu Anda untuk bisa berkomunikasi lancar dengan para sales dan mendapatkan sejumlah informasi yang berguna bagi Anda.

Jangan berfokus hanya pada satu jenis mobil saja. Ada baiknya Anda memiliki pengetahuan mengenai beberapa jenis mobil sekaligus, agar Anda bisa dengan mudah melakukan perbandingan antara satu jenis mobil dengan jenis mobil lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Pastikan Mobil yang Anda Incar Sesuai Kebutuhan

Baru Dibuka, IIMS 2018 Mulai Dipadati Pengunjung
Pengunjung melihat-lihat mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan dan 350 perusahaan ikut dalam IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Saat datang ke pameran, mestinya Anda sudah memiliki target incaran yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan utama dalam membeli mobil. Satu hal yang harus diingat saat menentukan target adalah kesesuaian, baik fitur maupun jenis mobil dengan kebutuhan.

Penentuan target ini sangat penting untuk membantu Anda agar fokus dalam mencari dan menggali informasi tertentu saja. Dengan demikian, Anda tidak menghabiskan banyak waktu mendatangi banyak dealer yang jenis mobilnya jauh dari target.

Karena itu, sebelum ke pameran, idealnya Anda sudah mendatangi beberapa dealer yang menjual mobil sesuai target Anda. Cari informasi sebanyak mungkin tentang harga dan beragam fasilitas yang mereka tawarkan. Dengan begitu, Anda juga akan lebih mudah dalam menentukan pilihan dan mendapatkan penawaran terbaik yang bisa Anda pilih dengan mudah.

Selain harga beli, maka harga jual di kemudian hari juga patut untuk Anda pertimbangkan saat akan membeli mobil. Usahakan mencari mobil yang harga jual kondisi bekasnya masih cukup tinggi, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian di kemudian hari.

Beberapa penawaran menarik mungkin akan membuat Anda sedikit kebingungan dalam menentukan pilihan. Karena itu, tidak ada salahnya Anda minta pertimbangan orang terdekat, atau mengambil sedikit waktu sebelum memutuskan pilihan.

Memang sih, di pameran otomotif Anda akan menemui sejumlah produk unggulan yang menjadi primadona. Produk itu biasanya akan dilabeli dengan sejumlah promosi menarik dan diskon menggiurkan. Namun, jangan mudah tergoda dengan sebuah produk unggulan yang tidak benar-benar Anda ketahui keunggulannya. Anda juga harus memastikan bahwa keunggulan tersebut memang seusai dengan kebutuhan. Jangan sampai membeli jenis mobil yang tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

Karena itu, hindari berlama-lama di dealer yang berada di luar target yang Anda tentukan. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari bujuk rayu sales yang bisa saja membuat Anda terlena dan membeli sesuatu di luar target.


3. Cari Promo dan Diskon

Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Umumnya, pameran otomotif sarat dengan penawaran menarik dan diskon serta bonus menggiurkan. Mulai dari diskon harga, DP, dan cicilan ringan, sampai undian hadiah yang ditawarkan khusus saat pameran.

Semakin ketat persaingan, promo dan diskon yang ditawarkan juga akan semakin gencar. Mulai dari merek Jepang sampai Eropa. Mereka akan berlomba-lomba menggelar pormo demi meraih transaksi sebanyak mungkin.

Jangan segan-segan untuk melakukan tawar-menawar diskon karena hal tersebut wajar saja dilakukan dalam sebuah pameran. Dalam sebuah pameran yang besar, pihak dealer akan mendapatkan banyak keuntungan dari jumlah penjualan yang terbilang lumayan besar, karena itu mereka juga tidak akan sungkan-sungkan untuk memberikan berbagai macam diskon dan bonus dalam penjualan. Pastikan Anda mendapatkan diskon dan bonus terbaik, agar bisa mengurangi jumlah pembayaran yang akan Anda lakukan.

4. Manfaatkan Fasilitas Test Drive

Setelah membaca produk incaran melalui brosur dan review di berbagai media, test drive langsung bisa menjadi salah satu cara paling efektif untuk memantapkan pilihan pada mobil incaran. Melalui test drive, Anda bisa menikmati performa mobil yang akan Anda beli secara nyata.

Jika sempat datang lebih dari sekali, manfaatkan sebaik mungkin untuk test drive beberapa mobil sekaligus, tidak hanya mobil incaran utama.

Dengan melakukan test drive, Anda tidak hanya akan merasakan bagaimana mobil dikemudikan. Namun awak sales yang bertugas juga siap menerangkan berbagai fitur unggulan dari mobil tersebut. Saat hari kerja (weekday), menjadi waktu lebih ideal untuk test drive, untuk hindari antrean panjang dengan pengunjung lain.


5. Pilih Agen Terbaik, Jangan Terburu-buru

Baru Dibuka, IIMS 2018 Mulai Dipadati Pengunjung
Pengunjung melihat-lihat mobil yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2018 di JIExpo, Jakarta, Kamis (19/4). 38 merek kendaraan dipamerkan dan 350 perusahaan ikut dalam IIMS 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada saat mendatangi sebuah pameran otomotif, seringkali Anda akan dihadapkan pada sejumlah agen dan sales yang gencar berlomba-lomba untuk memberikan penawaran yang mereka miliki. Bila tidak bijak dan mampu menahan diri, maka besar kemungkinan Anda akan mengambil sebuah keputusan yang bersifat terburu-buru dalam membeli mobil.

Bersikaplah santai dan tenang agar Anda dapat mengambil sebuah keputusan dengan bijak, karena membeli sebuah mobil akan melibatkan uang sebesar puluhan bahkan ratusan juta jumlahnya.

Untuk itu, Anda harus memikirkannya dengan sangat matang. Bila ternyata di hari pertama datang ke pameran Anda belum menemukan pilihan yang tepat, maka tidak ada salahnya Anda menunda dan kembali lagi keesokan harinya. Waktu jeda tersebut bisa Anda gunakan untuk memikirkan kembali keputusan terbaik yang bisa Anda ambil kemudian.

Perkara memilih agen ini, Anda sebaiknya juga ekstra hati-hati. Dalam sebuah pameran otomotif, biasanya ada saja agen-agen nakal yang hanya berperan sementara dan kemudian “menghilang” dari dealer serta tidak menyelesaikan berbagai macam urusan dengan pelanggannya terlebih dahulu.

Jika berurusan dengan agen yang seperti ini, maka sudah bisa dipastikan Anda akan mengalami kerepotan dan bahkan kerugian dalam pembelian mobil tersebut.

Untuk itu, Anda perlu selalu ekstra hati-hati dalam memilih agen pembelian yang paling tepat, jangan sampai Anda tertipu dengan keberadaan agen-agen yang tidak profesional.


6. Sesuaikan Dana dengan Jenis Pembayaran

Gesek Mesin Kartu Kredit
Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Hal lainnya yang tidak boleh luput dari pertimbangan adalah besaran dana yang Anda miliki untuk membeli sebuah mobil. Jangan sampai Anda membeli sebuah mobil yang harganya di luar kemampuan bayar. (Silakan simak juga: Panduan Finansial untuk Beli Mobil)

Bila ternyata Anda berpikir untuk membeli sebuah mobil dengan cara mengajukan kredit, maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai segala aturan dan ketentuan yang ditetapkan di dalam pembelian tersebut.

Hal-hal yang perlu Anda tanyakan secara detil adalah:

- Baca baik-baik klausul mengenai harga, apakah ada ketentuan harga tidak mengikat dan sewaktu-waktu bisa berubah?

- Tanyakan apakah harga yang dipasang di dalam pameran bisa berubah setelah diberi tanda jadi? Jika bisa berubah, sampai berapa lama waktu pelunasan uang muka supaya harga tidak berubah. Tanyakan juga berapa besar uang tanda jadi yang harus diberikan supaya harga tidak berubah.

- Salah satu indikator harga mobil adalah nilai tukar rupiah terhadap USD. Karena itu, jangan abaikan perkembangan dan fluktuasi nilai tukar rupiah. Jika trennya sedang naik, pikir ulang apakah Anda memang harus membeli mobil saat ini. Jika trennya cenderung turun, cobalah bisa minta diskon besar ke dealer.

- Jangan lupa, pastikan layanan asuransinya, karena itu akan membantu Anda melindungi segala risiko yang mungkin terjadi. Tentukan dan pilih asuransi terbaik dan pastikan Anda menggunakan layanan asuransi dari sebuah perusahaan penyedia jasa asuransi yang bisa dipercaya.


7. ‘Deal’ di Hari Terakhir Pameran

Akuisisi
Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

Tidak jarang tim sales dan dealer perwakilan yang turun langsung di pameran memberi tambahan potongan harga atau diskon lebih besar di hari terakhir pameran. Tujuannya agar calon pembeli semakin tergoda untuk meminang mobil pilihannya.

Strategi ini biasanya dilakukan sales atau dealer untuk model mobil lama yang kembali dipromosikan di pameran tersebut. Selain diskon, bukan tidak mungkin bonus lebih besar juga diberikan kalau melakukan transaksi atau pemesanan di hari terakhir pameran.

Setiap orang akan memiliki pertimbangan yang berbeda-beda dalam membeli sebuah mobil. Namun, hal yang utama dan patut menjadi pertimbangan Anda adalah jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga besaran dana yang Anda miliki untuk membelinya.

Sesuaikan kedua hal tersebut dan pertimbangkan dengan matang pilihan yang akan Anda buat sehingga tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya