Kilang Dibom Drone, Bagaimana Nasib Negara yang Tergantung ke Arab Saudi?

Konsekuensi serangan ini, sudah pasti pasokan minyak jutaan barel berkurang. Bahkan dilaporkan, 5 persen pasokan minyak global ludes, menyebabkan harga minyak naik gila-gilaan.

oleh Athika Rahma diperbarui 16 Sep 2019, 20:31 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2019, 20:31 WIB
20160414- Kilang Pengolahan Minyak Terbesar ke-2 di Indonesia-Kalimantan- Fery Pradolo
Petugas lapangan memantau Area Crude Distilation Unit (CDU IV) di kawasan kilang RU V Balikpapan, Kalimantan, Kamis (14/05). Kapasitas RU V sebesar 260 MBSD dihasilkan dari Balikpapan 1 dan 2. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan lalu, pabrik minyak raksasa Arab Saudi, Saudi Aramco diserang sekelompok drone yang diduga didalangi kelompok Houthi dari Iran.

Konsekuensi serangan ini, sudah pasti pasokan minyak jutaan barel berkurang. Bahkan dilaporkan, 5 persen pasokan minyak global ludes, menyebabkan harga minyak naik gila-gilaan.

Untuk negara-negara yang masih menggantungkan pasokan minyak dari Arab seperti Korea Selatan, Jepang, China, India hingga Indonesia, tentu hal ini jadi pukulan yang cukup besar. Lantas, bagaimana tanggapan pemerintah negara-negara tersebut atas insiden ini?

Mengutip laman Bloomberg, Senin (16/09/2019), berikut reaksi mereka:

Korea Selatan

Kementerian Energi Korea Selatan, dalam pernyataan resmi, menyatakan belum melihat efek jangka pendek terhadap impor minyak mentah setelah serangan drone terjadi. Namun, jika situasinya berkepanjangan, gangguan pasokan bisa saja terjadi dan volatilitas harga minyak global dapat meningkat.

Sementara, volume dan jadwal pengiriman minyak juga belum terdampak sejauh ini.

Namun, keamanan energi global dan stabilitas di sana tentu akan mengganggu proses pengolahan minyak selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jepang

20160114-Melihat Pusat Minyak Mentah Pertamax di Indramayu
Tabung - tabung kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi BBM jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Kementerian Luar Negeri Jepang menyatakan pasokan minyak Arab sangat penting untuk ekonomi global, termasuk untuk Jepang. Kemenlu Jepang mengecam keras serangan tersebut dan menyatakan tetap berkomitmen untuk bekerjasama dan memperkuat perdamaian serta stabilitas di Timur Tengah.

Meski begitu, belum ada tanggapan langsung dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang yang khusus menangani bidang ini.

China

Perusahaan minyak dan gas terbesar di China, China National Petroleum Corp. belum menyatakan komentarnya, begitu pula dengan Badan Energi Nasional China. Sementara, Sinopec, perusahaan penyulingan China tidak mau berkomentar.

India

Perusahaan penyulingan di India, Bharat Petroleum Corp menyatakan tidak melihat gangguan pasar karena inventaris yang besar. Dia juga berjanji akan mengisi celah pasokan dan mempertimbangkan pembelian minyak mentah lainnya.

Meski begitu, miris bagi India karena 40 persen impor minyaknya berasal dari Arab. Serangan ini tepat terjadi saat pertumbuhan di India sedang melambat.


Taiwan

Kilang minyak
Di tengah kebutuhan energi nasional yang terus meningkat, menemukan minyak dan gas bumi (migas) menjadi semakin sulit

Direktur Jenderal Biro Energi Taiwan, Cheng-wei Yu mengatakan pihaknya masih mempertimbangkan dampak jangka panjang atas insiden ini.

Australia

Menteri Energi Australia Angus Taylor menyatakan dirinya tidak punya kapasitas untuk memprediksi harga minyak. Meski begitu, Australia harus memastikan pasokan bahan bakar negara Kanguru tersebut tetap aman.

Thailand

Menteri Energi Sontirat Sontijiwarong menyatakan, pihak Saudi Aramco memberi tahu situasi di sana aman terkendali sehingga Thailand tidak perlu khawatir.


Filipina

RU IV Cilacap, Kilang BBM Terbesar di Indonesia Milik Pertamina
Suasana kilang minyak Pertamina Refenery Unit IV Cilacap, Rabu (7/2). Kilang minyak RU IV Cilacap ini untuk memenuhi kebutuhan BBM bagi Masyarakat Pulau Jawa. (Liputan6.com/JohanTallo)

Gubernur Bank Sentral Filipina Benjamin Diokno menyatakan, regulator di sana masih memantau reaksi pasar keuangan pasca insiden penyerangan kilang minyak ini. Sudah pasti, kejadian ini akan mempengaruhi keputusan bank sentral dalam kebijakan suku bunga negara tersebut.

Indonesia

Djoko Siswanto, Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menyatakan, Indonesia berharap kebutuhan pasokan minyak dari Saudi Aramco bisa dipenuhi dari langkah alternatif lainnya.

Diketahui, Indonesia mengimpor 110 ribu barel minyak per hari dari Arab. Meski demikian, pasokan stok bahan bakar dari minyak Saudi Aramco masih aman untuk memenuhi permintaan domestik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya