Menhub: Jakarta Tak Bisa Dibiarkan Sendiri, Perlu Integrasi Transportasi

Menurut Menhub dalam membangun integrasi transportasi, pemerintah selalu merancang dan membuat konsep dengan matang.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Sep 2021, 13:40 WIB
Diterbitkan 29 Sep 2021, 13:40 WIB
20161016- Menhub Budi Karya Tinjau Fasilitas Disabilitas di Stasiun Gambir-Jakarta- Faizal Fanani
Menhub Budi Karya saat meninjau di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (16/10). Budi meninjau fasilitas Integrasi Moda Transportasi yang ramah disabilitas (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) merupakan daerah aglomerasi yang sangat besar. Oleh sebab itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa wilayah ini perlu memperhitungkan integrasi transportasi dengan baik.

Menurut Budi Karya, perlu adanya integrasi transportasi antara Jakarta sebagai ibu kota dengan wilayah penyangga. Integrasi ini dengan berbagai moda transportasi. 

"Jabodetabek adalah satu aglomerasi yang besar sekali, tidak mungkin kita biarkan Jakarta sendiri. Mesti ada koneksi antara Jakarta dengan kota-kota lain," jelasnya, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Dalam waktu dekat ini, contohnya. Pemerintah akan menfungsikan Stasiun Manggarai sebagai central station. Di mana, PT KAI hingga kini sudah mempersiapkan infrastruktur. Nantinya stasiun ini akan menampung penumpang kereta jarak jauh dan diintegrasikan dengan KRL.  

"Dengan adanya Stasiun Manggarai dikoneksikan dengan Stasiun Tebet, maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Jakarta untuk ke Jawa Tengah, Jawa Timur itu akan mudah lagi," jelas Budi Karya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


konsep Matang

Dalam membangun integrasi transportasi pemerintah, kata Menhub Budi, tidak banyak melakukan wacana tetapi juga merancang dan membuat konsep dengan matang. Termasuk memantau dalam proses pengerjaannya

"Kita tahu bahwa tanpa kolaborasi, tanpa integrasi non-sense itu bisa dilaksanakan dengan baik. Kami dari pemerintah pusat siap memberi dukungan baik regulasi, seperti yang Pak Erick perjuangkan kita lakukan dengan memberi kemudahan. Selama ini banyak kesulitan kita bikin mudah. Selama ini lama, kita bikin cepat, selama ini complicated kita bikin gampang," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya