Artis Korea Park So Dam Kena Kanker Tiroid, Pernah Masuk Forbes 30 Under 30 di 2020

Aktris Korea Selatan Park So Dam, didiagnosis menderita kanker tiroid papiler dan menjalani operasi.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 14 Des 2021, 18:37 WIB
Diterbitkan 14 Des 2021, 18:37 WIB
Busan International Film Festival 2021
Aktris Korea Selatan Park So Dam di upacara pembukaan Festival Film Internasional Busan (BIFF) ke-26 di Busan Cinema Center, Busan, 6 Oktober 2021. (Jung Yeon Je/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Korea Selatan sekaligus bintang film Parasite, yakni Park So Dam, telah didiagnosis menderita kanker tiroid papiler.

Park, yang kini berusia 30 tahun, didiagnosis kanker tiroid usai menjalani pemeriksaan kesehatan rutin dan telah menjalani operasi. Kabar tersebut dikonfirmasi oleh agensi yang mewakili Park So Dam, yaitu ArtistCompany kepada CNN.

"Aktor Park So Dam akan fokus pada pemulihannya sehingga dia dapat melihat kalian semua sehat di masa depan, dan ArtistCompany juga akan melakukan yang terbaik untuk membantu sang aktris memulihkan kesehatannya," kata ArtistCompany, dikutip dari CNN, Selasa (14/12/2021).

"Pihak perusahaan ingin sekali lagi berterima kasih kepada semua orang yang telah menunjukkan dukungan untuk 'Special Delivery' dan aktris Park So Dam, serta para aktor dan kru 'Special Delivery' yang mengatasi masa sulit ini bersama-sama," tutur agensi tersebut.

Penyakit yang dialami Park So Dam telah mengganggu rencana untuk mempromosikan film yang ia bintangi, yaitu "Special Delivery". Situasi ini juga membuatnya merasa "sangat kecewa," menurut pernyataan ArtistCompany.

Nama Park so Dam kian melambung ketika memerankan 'Jessica' dalam film Parasite. Film yang pernah menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan penghargaan film terbaik di Academy Awards.

Film ini juga memenangkan tiga Oscar lainnya serta hadiah utama di Festival Film Cannes dan pemeran ansambel terbaik dalam penghargaan film di Screen Actors Guild Awards.

Karakter Park adalah salah satu yang paling populer di Parasite, dan salah satu dialognya, dijuluki 'Jessica jingle,' menjadi meme viral.

Park, telah bekerja sebagai aktris sejak 2013. Bahkan berkat kesuksesannya, Park So dam masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 pada 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sekilas Soal Kanker Tiroid Papiler

Ilustrasi rumah sakit/Pixabay StockSnap
Ilustrasi rumah sakit/Pixabay StockSnap

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, kanker tiroid papiler adalah jenis kanker tiroid yang paling umum.

Penyakit ini biasanya mempengaruhi orang di bawah usia 40 tahun, terutama perempuan, dan cenderung lebih mudah diobati daripada jenis kanker tiroid lainnya, kata NHS.

"Sekitar 9 dari 10 orang hidup 5 tahun setelah diagnosis kanker tiroid," kata NHS di situs resminya.

"Banyak dari mereka yang sembuh dan akan memiliki umur yang normal," terang NHS.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya