Jelang Burnley vs Man Utd: Survei Ungkap MU Jadi Klub Terboros di Bursa Transfer

Laga Burnley vs Manchester United di Liga Inggris akan berlangsung pada Rabu dini hari pukul 03.00 WIB.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Feb 2022, 15:22 WIB
Diterbitkan 08 Feb 2022, 15:22 WIB
Ralf Rangnick - Manchester United - 12 Desember
Manajer sementara Manchester United Ralf Rangnick dalam laga Liga Inggris melawan Norwich City di Stadion Carrow Road, Minggu (12/12/2021) dini hari WIB. (Daniel LEAL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Segera digelar laga Burnley vs Manchester United. Terkait salah satu klub, Manchester United disebut menjadi klub sepak bola terboros di bursa transfer Eropa atau jual beli pemain dalam satu dekade terakhir. 

Hal itu diungkapkan dalam data yang dikeluarkan oleh lembaga CIES Football Observatory. 

Dilansir dari ESPN, Selasa (8/2/2022) CIES mengungkapkan bahwa klub Setan Merah tersebut menghabiskan 1,545 miliar euro atau sekitar Rp 25,3 triliun untuk membeli pemain dalam 10 tahun terakhir.

Di sisi lain, MU hanya menghasilkan 470 juta euro atau sekitar Rp 7,7 triliun dari penjualan pemain.

Pada 2016 silam, MU bahkan sempat memecahkan rekor transfer Liga Premier dengan mengontrak Paul Pogba sebesar USD 120,89 juta. 

Namun, MU tidak mempertahankan Pogba yang saat itu dianggap gagal memenuhi harapan klub.

Pesaing MU, yaitu Manchester City berada di urutan kedua dengan pengeluaran terbanyak sebesar 984 juta euro atau Rp 16,1 triliun.

Tetapi Manchester City mampu mengimbangi pengeluaran tersebut dengan penjualan pemain mencapai 715 juta euro atau sekitar Rp 11,7 triliun.

Kemudian, Paris Saint-Germain berada di urutan ketiga dengan pengeluaran 941 juta euro atau setara Rp 15,4 triliun.

Sedangkan Barcelona berada di urutan keempat dalam daftar dengan pengeluaran yang jauh lebih rendah yaitu sebesar 650 juta euro atau Rp 10,6 triliun.

Besarnya pengeluaran Barca terjadi meski klub itu tengah dilanda masalah keuangan karena tagihan upah yang meningkat, yang memaksa mereka untuk berpisah dengan pencetak gol terbanyak sepanjang masa, Lionel Messi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkiraan Pemain Manchester United vs Burnley

FOTO: Manchester United Taklukkan West Ham United di Old Trafford
Pemain Manchester United Marcus Rashford (tengah) merayakan dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang West Ham United pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 22 Januari 2022. Manchester United menang 1-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Pertandingan antara Manchester United dan Burnley di laga lanjutan Liga Inggris, akan berlangsung pada Rabu (9/2/2022) besok.

Burnley (4-4-2): Pope; Roberts, Tarkowski, Mee, Taylor; McNeil, Westwood, Brownhill, Cornet; Rodriguez, Weghorst

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Dalot, Varane, Maguire, McTominay, Rashford, Fernandes, Elanga; Ronaldo

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya