Ricuh Karyawan di Pabrik iPhone Terbesar Dunia, Foxconn Minta Maaf

Permintaan maaf itu datang menyusul beredarnya sebuah video yang diyakini menunjukkan ratusan pekerja pabrik Foxconn di Zhengzhou terlibat bentrok dengan aparat.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 25 Nov 2022, 10:14 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2022, 10:14 WIB
Foxconn
Ilustrasi Pabrik Foxconn (Bloomberg)

Liputan6.com, Jakarta - Produsen iPhone terbesar di dunia, Foxconn menyampaikan pernyataan permintaan maaf terkait kesalahan teknis dalam merekrut karyawan baru di pabriknya.

"Tim kami telah menyelidiki masalah ini dan menemukan kesalahan teknis yang terjadi selama proses orientasi," kata Foxconn dalam sebuah pernyataan, merujuk pada perekrutan pekerja baru, dikutip dari US News, Jumat (25/11/2022).

"Kami mohon maaf atas kesalahan input di sistem komputer dan menjamin bahwa gaji sebenarnya sama dengan yang disepakati dan poster rekrutmen resmi." terang perusahaan itu. 

Selain itu, sebuah sumber juga menyebut perusahaan telah mencapai "kesepakatan awal" dengan karyawan untuk menyelesaikan perselisihan dan produksi di pabrik akan berlanjut.

Permintaan maaf itu datang menyusul beredarnya sebuah video yang diyakini menunjukkan ratusan pekerja pabrik Foxconn di Zhengzhou terlibat bentrok dengan aparat.

Para pekerja yang berada di video itu mengeluhkan penundaan pembayaran bonus. Beberapa pekerja lainnya juga mengeluhkan terpaksa berbagi asrama dengan rekan kerja yang dinyatakan positif COVID-19. 

Namun, hal itu telah dibantah oleh pihak Foxconn. 

"Sebelum karyawan baru pindah, lingkungan asrama menjalani prosedur standar untuk desinfeksi, dan hanya setelah tempat tersebut lolos pemeriksaan pemerintah, karyawan baru diizinkan untuk pindah," terang Foxconn, seperti dikutip dari CNN Business.

"Mengenai perilaku kekerasan, perusahaan akan terus berkomunikasi dengan karyawan dan pemerintah untuk mencegah insiden serupa terjadi lagi,"demikian pernyataan Foxconn, yang diterjemahkan dari bahasa mandarin. 


Beredar Video Pekerja Pabrik iPhone Terbesar Dunia Ricuh, Protes Gaji hingga Kondisi Pabrik

Akibat Lockdown, Pekerja Tinggalkan Zona Industri Kota Zhengzhou di China
Seorang wanita yang mengenakan masker berjalan dengan yang lain menggunakan iPhone saat mereka menunggu bus mereka di halte bus yang menampilkan iklan iPhone di Beijing pada Minggu (30/10/2022). Para pekerja iPhone Apple Inc meninggalkan pabrik karena lokasinya berada dalam zona industri Kota Zhengzhou yang sedang diberlakukan lockdown setelah adanya 64 laporan kasus virus corona di kawasan tersebut. (AP Photo/Andy Wong)

Sebelumnya, kericuhan dilaporkan terjadi di pabrik iPhone terbesar di dunia milik Foxconn di Zhengzou, China. 

Dilansir dari CNN Business, Kamis (24/11/2022), terlihat pada video yang beredar media sosial menunjukkan ratusan pekerja bentrok dengan aparat, banyak dari mereka yang terlihat mengenakan pakaian hazmat putih, di situs pabrik Foxconn di Zhengzhou.

Dalam rekaman video itu, yang kini telah diblokir, juga terdengar beberapa pengunjuk rasa mengeluhkan gaji dan kondisi kebersihan di lingkungan pabrik. Adapun keluhan tentang pekerja yang dites positif Covid-19 tidak dipisahkan dari staff lainnya.

 Para pekerja juga terdengar menuduh Foxconn tidak memenuhi janji mereka tentang bonus dan paket pembayaran setelah mereka tiba untuk bekerja di pabrik.

Selain rekaman video, sejumlah keluhan yang diposting secara anonim di platform media sosial juga menuduh Foxconn mengubah paket gaji yang sebelumnya ditawarkan.

Foxconn sudah buka suara terkait video kericuhan di pabriknya yang beredar di media sosial. Produsen iPhone itu juga mengklarifikasi keluhan terkait gaji dan karyawan yang dites positif Covid-19.

Dalam pernyataannya, Foxconn mengatakan bahwa "tunjangan selalu dipenuhi berdasarkan kewajiban kontrak" setelah beberapa karyawan baru di Zhengzhou mengajukan banding kepada perusahaan mengenai tunjangan kerja pada Selasa (22/11).

Foxconn juga membantah spekulasi tentang karyawan yang positif Covid-19 yang tinggal di asrama pabrik Foxconn di Zhengzhou, sebagai kabar yang "tidak benar."

 


Kebijakan Nol Covid-19 di China Picu Perlambatan Pengiriman Produk Terbaru Apple

Akibat Lockdown, Pekerja Tinggalkan Zona Industri Kota Zhengzhou di China
Komuter yang mengenakan masker berjalan di sepanjang jalan di Beijing, Rabu (2/11/2022). Para pekerja iPhone Apple Inc meninggalkan pabrik karena lokasinya berada dalam zona industri Kota Zhengzhou yang sedang diberlakukan lockdown setelah adanya 64 laporan kasus virus corona di kawasan tersebut. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seperti diketahui, fasilitas pabrik Foxconn di Zhengzhou merupakan situs perakitan iPhone terbesar di dunia.

Pabrik ini biasanya menyumbang sekitar 50 persen hingga 60 persen dari kapasitas perakitan iPhone Foxconn secara global, menurut Mirko Woitzik, direktur global solusi intelijen di Everstream, penyedia analisis risiko rantai pasokan.

Apple awal bulan ini memperingatkan tentang gangguan pada rantai pasokannya, dengan mengatakan bahwa pelanggan akan merasakan dampaknya.

“Kami sekarang memperkirakan pengiriman iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang lebih rendah dari yang kami perkirakan sebelumnya," kata raksasa teknologi itu dalam sebuah pernyataan.

"Pelanggan akan mengalami waktu tunggu yang lebih lama untuk menerima produk baru mereka," ungkap Apple.

Hingga pekan lalu, waktu tunggu untuk produk iPhone 14 telah mencapai 34 hari di Amerika Serikat, menurut laporan dari UBS.

Kekhawatiran publik telah meningkat di bawah kebijakan nol-Covid-19 di China yang belum menunjukkan akhir, yang terus melibatkan lockdown ketat dan pembatasan perjalanan hampir tiga tahun setelah pandemi Covid-19. Kebijakan ini mendorong hambatan pada aktivitas industri dan rantai pasokan.


Besar-besaran, Foxconn Rekrut 100.000 Pekerja di Pabrik Apple Terbesar Dunia

Kekeringan Picu China Putus Listrik ke Pabrik-Pabrik dan Rumah
Seorang pria mengenakan masker berjalan di dekat spanduk bertuliskan "Toko Sejahtera Disewakan" tergantung di sebuah toko kosong di Beijing, Rabu, 17 Agustus 2022. Pabrik-pabrik di barat daya China telah ditutup dan sebuah kota memberlakukan pemadaman bergilir setelah waduk yang digunakan untuk menghasilkan tenaga air mulai menipis akibat kekeringan yang memburuk, menambah ketegangan ekonomi pada suatu waktu ketika Presiden Xi Jinping mencoba untuk memperpanjang posisinya dalam kekuasaan. (AP Photo/Andy Wong)

Sebelumnya, Foxconn membuka lowongan besar-besaran ketika lebih dari 100.000 orang telah mendaftar untuk perekrutan di produsen Apple terbesar dunia. Kabar perekrutan itu datang dari laporan media pemerintah China, Yicai.

Dilansir dari CNN Business, Kamis (24/11/2022) perekrutan dilakukan pada saat Apple menghadapi kendala rantai pasokan yang signifikan di fasilitas pabrik di kota Zhengzhou, China. 

Foxconn sebelumnya juga memperkirakan pengiriman iPhone 14 akan tercapai tepat saat musim belanja liburan utama dimulai.

"Kuota akhirnya terpenuhi. Dan proses perekrutan kami sekarang ditutup sementara," kata seorang eksekutif Foxconn, Yang Han, di Zhengzhou kepada Yicai.

Berita itu muncul setelah wabah baru Covid-19 bulan lalu membuat sejumlah pabrik memberhentikan produksi mereka, menyebabkan beberapa pekerja yang cemas dilaporkan melarikan diri.

Sejumlah video yang beredar beberapa waktu lalu menunjukkan banyak orang meninggalkan Zhengzhou, ibu kota provinsi tengah Henan, dengan berjalan kaki. Video tersebut menjadi viral di media sosial China pada awal November 2022.

Hal itu mendorong Foxconn untuk meningkatkan upaya mendapatkan stafnya kembali. Untuk mencoba membatasi dampak, perusahaan mengatakan telah menawarkan bonus hingga empat kali lipat untuk pekerja di pabrik bulan ini.

"Itu benar-benar (masa) sulit," ungkap Yang Han.

"Foxconn dapat mengatasi kekurangan tenaga kerja kali ini, (dan) kami harus berterima kasih kepada pemerintah kami," tambahnya. 

Infografis Kenali Gejalanya dan Jurus Redam Covid-19 Omicron XBB
Infografis Kenali Gejalanya dan Jurus Redam Covid-19 Omicron XBB (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya