Buat Pencari Kerja, Begini Tips Menuliskan Alamat Tinggal di Resume Kerja

Jadi, menurut ahli, sebaiknya begini cara Anda menuliskan tempat tinggal pada resume kerja.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 15 Des 2022, 06:18 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 06:00 WIB
Ilustrasi seorang wanita mengerjakan resume.
Ilustrasi seorang wanita mengerjakan resume. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Perekrut atau HR profesional hanya butuh waktu rata-rata 7,4 detik untuk membaca resume para pelamar. Oleh sebab itu, tulis informasi yang paling relevan untuk meyakinkan mereka bahwa Anda kandidat yang tepat.

Sementara itu, perlu diperhatikan pula bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam menulis resume kerja. Itu seperti menyertakan judul dan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, gelar yang relevan, dan keterampilan yang sesuai dengan peran yang diperlukan.

Lantas, bagaiamana dengan informasi seputar alamat?

“Sehubungan dengan alamat fisik, sangat jarang bahwa itu adalah sesuatu yang dibutuhkan” kata pelatih karier dan pendiri serta CEO Pelatih C-Suite Angelina Darrisaw seperti melansir CNBC, Selasa (13/12/2022).

Jadi, menurut ahli, sebaiknya begini cara Anda menuliskan tempat tinggal pada resume kerja.

Minimal Sertakan wilayah tinggal

“Mungkin ada berbagai alasan mengapa pemberi kerja menginginkan kandidat dari negara wilayah tertentu,” katanya.

“Misalnya, kebijakan satu wilayah berbeda di negara bagian lain. Dan saya mungkin ingin wilayah itu menanggung tanggungan,” tambah dia.

Bergantung pada ukuran perusahaan yang Anda lamar, mereka mungkin memiliki sistem rekrutmen internal yang membantu memilah-milah pelamar. Ini dapat mencakup “filter di mana mereka mencari kandidat untuk negara bagian tertentu,” katanya.

“Jadi menempatkan wilayah Anda pada resume, setidaknya, dapat membantu Anda melewati salah satu filter tersebut,” kata Darrisaw.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tunjukan Keinginan Sistem Kerja

Ilustrasi Resume/ CV (Foto: themuse.com)
Ilustrasi Resume/ CV (Foto: themuse.com)

Jika melamar pekerjaan yang bersifat hybrid atau penuh waktu di kantor, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan kota Anda juga, kata pakar karier di TopResume Amanda Augustine.

“Jika ini adalah pekerjaan tatap muka, dan Anda diharapkan untuk pergi ke kantor perusahaan, tentu saja Anda ingin menunjukkan bahwa Anda dapat pergi ke sana tanpa masalah,” katanya.

Kadang-kadang perusahaan juga ingin mengetahui zona waktu Anda karena mereka berusaha menjaga orang-orang dalam sejumlah zona waktu tertentu untuk koordinasi pekerjaan, imbuhnya.

Akan tetapi, kota benar-benar terperinci seperti yang Anda butuhkan, nyatanya, di zaman sekarang ini, bisa berbahaya untuk memasukkan lebih banyak lagi.

“Anda tidak perlu semua orang di dunia tahu persis di mana Anda tinggal,” kata Agustinus. “Banyak orang menganggapnya sebagai masalah keamanan, baik untuk pencurian identitas atau karena Anda tidak ingin seseorang muncul di rumah Anda.”

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya