Yuk Belajar Growth Mindset dari Lionel Messi Buat Kembangkan Karier

Lionel Messi menjadi atlet berbakat, meskipun ketika masih kecil sempat didiagnosis kekurangan hormon pertumbuhan pada usia 11 tahun.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 24 Des 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 24 Des 2022, 06:00 WIB
Lionel Messi
Sebuah kampanye hadirkan dua bintang sepak bola yang gegerkan jagat maya.

Liputan6.com, Jakarta - Di balik aksinya di lapangan sampai menyandang gelar sebagai Greatest of All Time atau pemain terbaik sepanjang masa karena memenangkan Piala Dunia 2022, Lionel Messi ternyata mengadopsi pola pikir berkembang atau dikenal growth mindset dalam menjalani kariernya.

Pemain Argentina yang kini berusia 35 tahun itu juga mampu mencetak rekor tujuh penghargaan Ballon d’Or, yang diberikan kepada pemain sepak bola internasional tahun ini oleh majalah berita Prancis France Football.

Namun, pencapaiannya yang disebut-sebut sebagai pemain terhebat sepanjang masa itu bukan pernah menjadi tujuan Messi.

“Itu tidak mengubah apapun bagi saya untuk menjadi yang terbaik atau tidak,” kata Messi kepada France Football seperti melansir CNBC, Rabu (21/12/2022).

“Dan aku juga tidak pernah mencoba menjadi seperti itu,” tambahnya.

Alih-alih memimpikan superstar sepak bola sebagai seorang anak, dia fokus pada pencapaian tujuan yang lebih kecil, menyelesaikan satu per satu sebelum pindah ke yang berikutnya, katanya.

“Saya berjuang untuk impian saya,” kata Messi. “Awalnya, itu untuk menjadi pemain profesional. Kemudian, saya mencoba melampaui diri saya sendiri dan mencapai tujuan baru setiap tahun.”

Pendekatannya mungkin terdengar asing. Sebab, mengingatkan pada teori pola pikir pertumbuhan psikolog Carol Dweck, yang berpendapat bahwa bakat hanyalah titik awal.

“Dalam mindset berkembang, orang percaya bahwa kemampuan paling dasar mereka dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras,” tulis Dweck dalam studinya tahun 2015 berjudul “Growth”.

Banyak non-atlet memperjuangkan pola pikir pertumbuhan versi mereka sendiri, dari miliarder Mark Cuban hingga aktor Will Smith. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa seorang siswa yang diajari “pola pikir berkembang” oleh para pendidik mampu lebih dari rekan-rekan, dari waktu ke waktu.

Tentu saja, Messi selalu menjadi atlet berbakat, meskipun ketika masih kecil sempat didiagnosis kekurangan hormon pertumbuhan pada usia 11 tahun. Namun superstar yang tingginya 5-kaki-7 ini secara konsisten bersikukuh bahwa etos kerja yang kuat memiliki menjadi kunci keberhasilannya yang berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjuangan Keberhasilan Messi

Lionel Messi Borong Lima Gol, Argentina Bungkam Estonia
Penyerang Argentina, Lionel Messi berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Estonia pada pertandingan persahabatan di stadion El Sadar di Pamplona, Spanyol utara, Senin (6/6/2022). Messi mencetak lima gol dan mengantar Argentina menang besar atas Estonia 5-0. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Dia melakukan latihan berhari-hari yang panjang, “hari demi hari, tahun demi tahun,” untuk terus berkembang di lapangan sepak bola. Meskipun sudah lama diakui sebagai superstar global, dia membutuhkan waktu sekitar 16 tahun selama lima turnamen Piala Dunia sampai akhirnya mendapatkan gelar tersebut.

Trofi baru menambah koleksinya yang signifikan, di samping penghasilan besar dan kuat yang dia peroleh selama 18 tahun kariernya. Dia adalah atlet dengan bayaran tertinggi di dunia tahun 2022, menghasilkan sekitar USD 130 juta tahun ini, menurut Forbes.

Itu termasuk gaji pokok sekitar USD 75 juta dari tim klubnya, Paris Saint-Germain, dan USD 55 juta dari dukungan dan upaya di luar lapangan lainnya, perkiraan Forbes.

 


Hasil Kerja Keras

Dengan kata lain, menjadi yang terbaik sangat menguntungkan. Namun dalam wawancaranya dengan France Football, Messi menyatakan bahwa menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa tidak pernah menjadi niat aslinya. Itu adalah hasil dari kerja keras yang memperkuat bakat bawaan selama bertahun-tahun.

“Bagi saya, bisa dianggap atau disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia sudah lebih dari cukup,” ujarnya. “Itu adalah sesuatu yang tidak pernah berani saya bayangkan atau impikan.”

Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022
Infografis Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya