AS Kucurkan Bantuan Rp 1,2 Triliun Untuk Korban Gempa Turki Suriah

Amerika Serikat akan memberikan dana bantuan sebesar USD 85 juta untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 10 Feb 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2023, 12:00 WIB
Pencarian Korban dan Penyintas Gempa Turki dan Suriah
Tim penyelamat Suriah mencari korban dan penyintas yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang runtuh di Aleppo, Selasa 7 Februari 2023, setelah gempa bumi mematikan yang melanda wilayah tersebut pada hari sebelumnya. Gempa berkekuatan 7,8 SR tersebut terjadi di dekat kota Gaziantep, Turki, menewaskan lebih dari 2.300 orang di Turki dan lebih dari 1.400 orang di negara tetangganya, Suriah. (LOUAI BESHARA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat pada Kamis (9/2) mengumumkan paket bantuan sebesar USD 85 juta atau sekitar Rp. 1,2 triliun untuk korban gempa di Turki dan Suriah.

Mengutip Arab News, Jumat (10/2/2023) Badan Pembangunan Internasional AS mengatakan bahwa dana tersebut akan diberikan kepada mitra di lapangan "untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi jutaan orang" yang terdampak  gempa di Turki dan Suriah.

Bantuan ini nantinya akan termasuk makanan, tempat tinggal, dan layanan kesehatan darurat.

Dana tersebut juga akan mendukung akses ke air minum yang aman serta sanitasi untuk mencegah wabah penyakit, menurut keterangan badan tersebut.

Pengumuman bantuan dampak gempa datang menyusul percakapan telepon antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dengan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu untuk membahas kebutuhan negara itu.

"Kami bangga untuk bergabung dengan upaya global membantu Turkiye seperti Turkiye yang telah begitu sering menyumbangkan pakar penyelamat kemanusiaannya sendiri ke begitu banyak negara lain di masa lalu,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price kepada wartawan saat dia menjelaskan panggilan tersebut.

AS juga telah mengirim tim penyelamat ke Turki dan menyumbangkan pemecah beton, generator, sistem pemurnian air, dan helikopter, kata para pejabat negara itu.

Sementara itu, disebutkan bahwa AS akan menyalurkan bantuan dampak gempa di Suriahmelalui mitra lokal.

Selain AS, Prancis juga akan mengumumkan akan memberikan donasi untuk bantuan gempa Turki Suriah sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp. 194,9 miliar.

Juru bicara kementerian luar negeri Prancis, Francois Delmas mengatakan bahwa dana bantuan tersebut akan disalurkan melalui organisasi non-pemerintah dan PBB di semua wilayah yang terkena dampak gempa.


Sederet Perusahaan Dunia yang Berdonasi Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Penampakan Kerusakan Akibat Gempa Dahsyat Magnitudo 7,8 di Turki, Sejumlah Bangunan Runtuh
Seorang pria mengecek bangunan yang runtuh di Diyarbakir, Turki selatan, Senin dini hari, 6 Februari 2023. Laporan The Guardian, Senin (6/1/2023) menyebut, sedikitnya 10 orang tewas di Turki setelah gempa mengguncang selatan negara itu dan juga Suriah utara, kata dua pejabat Turki. (Depo Photos via AP)

Sejumlah perusahaan multinasional ternama ikut turun tangan untuk memberikan bantuan kepada para korban gempa di Turki dan Suriah.

Bantuan ini salah satunya berupa donasi makanan, obat-obatan, hingga uang tunai.

Melansir CNN Business, Kamis (9/2/2023) platform e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon menyiapkan sumbangantermasuk makanan, makanan bayi, selimut, tenda dan obat-obatan, dengan pengiriman pertama berangkat dari gudangnya di Istanbul.

Raksasa ritel itu mengatakan, pasokan bantuan lainnya sedang dalam perjalanan menuju daerah yang terkena dampak di Turki.

"Pengiriman segera ini hanyalah awal dari tanggapan Amazon," kata Abe Diaz, kepala program bantuan bencana Amazon, dalam sebuah pernyataan.

Diaz mencatat bahwa perusahaan akan bekerja untuk mengidentifikasi kebutuhan di lapangan dan menggunakan jaringan logistik serta pengiriman.

Ada juga Deutsche Telekom yang mengumumkan telah memfasilitasi panggilan dan pesan teks dari Jerman ke Turki dan Suriah secara gratis hingga 15 Februari mendatang. 

Sebagai informasi, Jerman merupakan salah satu rumah bagi diaspora Turki terbesar di dunia.

Negara itu juga menampung populasi pengungsi terbesar ketiga di dunia, yang setengahnya berasal dari Suriah, menurut Badan Pengungsi PBB.

Selain itu, Deutsche Telekom juga menyumbangkan dana senilai USD 1,1 juta kepada aliansi Jerman yang terdiri dari 23 organisasi bantuan bencana.

Adapun bantuan lainnya dari Google, di mana CEO perusahaan induk Alphabet Sunder Pichai, mengumumkan via Twotter bahwa pihaknya telah mengaktifkan peringatan SOS untuk memberikan informasi darurat pada korban gempa di Turki dan Suriah. 

"Kami telah mengaktifkan peringatan SOS untuk memberikan informasi darurat yang relevan kepada mereka yang terkena dampak, dan @Google akan mendukung bantuan serta upaya pemulihan," tulisnya dalam unggahan di Twitter.


Sumbangan untuk Korban Gempa di Turki-Suriah dari Apple Hingga Tesco

Harapan Memudar Mencari Korban Selamat di Turki dan Suriah
Seorang pria berjalan di tengah bangunan yang hancur di Antakya, Turki selatan, Rabu, 8 Februari 2023. Dengan harapan menemukan korban selamat memudar, tim penyelamat yang membentang di Turki dan Suriah pada Rabu masih mencari tanda-tanda kehidupan di antara puing-puing ribuan bangunan yang roboh akibat gempa paling mematikan di dunia dalam lebih dari satu dekade. (AP Photo/Khalil Hamra)

"Apple akan menyumbang untuk upaya bantuan dan pemulihan," demikian unggahan Twitter lainnya oleh CEO Apple Tim Cook. 

Selain itu, ada juga perusahaan dairy Chobani yang mengumumkan pengeluaran dana untuk sumbangan kepada korban gempa di Turki dan Suriah.

CEO Chobani, Hamdi Ulukaya mengumumkan bahwa pihaknya telah menyumbangkan dana sebesar USD 1 juta untuk korban gempa  yang dibentuk oleh Turkish Philanthropy Funds, kata organisasi donor yang berbasis di AS.

"Saudara dan saudari Anda di #Turki dan wilayah sekitarnya sangat membutuhkan bantuan kami. mohon donasi untuk upaya bantuan dan pemulihan gempa bumi @tphilanthropy. Saya telah menjanjikan $1 juta dan akan memberikan donasi tambahan hingga $1 juta untuk membantu mereka yang terkena dampak bencana ini," demikian unggahannya.

Adapun sumbangan uang tunai lainnya untuk korban gempa di Turki dan Suriah dari jaringan toko terbesar di Inggris.

Tesco dan Marks & Spencer menyumbangkan donasi gabungan senilai 150.000 pound sterling (USD 181.500) melalui Earthquake Appeal.

Kemudian surat kabar lokal Inggris, The Sun yang mengatakan telah menyumbangkan semua dana dari permohonan ke Palang Merah Inggris. Organisasi bantuan itu bekerja untuk membantu orang-orang di Turki dan Suriah yang terkena dampak gempa.


Elon Musk Bakal Sumbang Bantuan pada Korban Gempa Turki-Suriah?

Gempa Magnitudo 7,8 Turki, Warga dan Tim Penyelamat Terus Cari Korban dari Reruntuhan Bangunan
Orang-orang mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,8 di Diyarbakir, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 284 orang tewas di Turki dan lebih dari 2.300 orang terluka dalam salah satu gempa terbesar di Turki dalam setidaknya satu abad, saat pekerjaan pencarian dan penyelamatan berlanjut di beberapa kota besar. (AFP/Ilyas Akengin)

Perusahaan lain yang mungkin membantu adalah SpaceX milik Elon Musk.

Pada Senin (6/2) Elon Musk menanggapi tweet tentang layanan internet Starlink SpaceX, yang berbunyi: "Hai @elonmusk, gempa besar melanda Turki dan negara-negara tetangga. Kekurangan komunikasi yang parah sedang terjadi. Apakah Anda bisa membantu dengan satelit starlink Anda?"

Miliarder itu pun menjawab: "Starlink belum disetujui oleh pemerintah Turki. SpaceX dapat mengirim segera setelah disetujui".

Di Ukraina yang dilanda perang, Starlink telah menjadi sumber komunikasi penting bagi militer negara tersebut.

Musk terus mendanai layanan tersebut meskipun, menurut tweet darinya pada bulan Oktober mengungkapkan, dana untuk bantuan tersebut sudah mulai berkurang.

Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya