Dijanjikan Sederhana, Biaya Penobatan Raja Charles III Ternyata Tetap Fantastis

Inggris akan menggelar acara penobatan Raja Charles III, yang akan menjadi penobatan pertama di Kerajaan Inggris dalam lebih dari 70 tahun.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 04 Mei 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 18:00 WIB
Inggris akan menggelar upacara penobatan Raja Charles III, yang akan menjadi penobatan pertama di Kerajaan Inggris dalam lebih dari 70 tahun.
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. Inggris akan menggelar upacara penobatan Raja Charles III, yang akan menjadi penobatan pertama di Kerajaan Inggris dalam lebih dari 70 tahun.(dok. Joe Giddens/PA via AP)

Liputan6.com, Jakarta Raja baru Raja Charles III dilaporkan akan menggelar upacara penobatan dirinya dengan biaya yang lebih murah. Laporan ini datang ketika Inggris masih dihadapi dengan krisis biaya hidup menyusul lonjakan inflasi.

Seperti diketahui, Inggris akan menggelar upacara penobatan Raja Charles III, yang akan menjadi penobatan pertama di Kerajaan Inggris dalam lebih dari 70 tahun.

Namun, ada satu pertanyaan yang muncul, yaitu tentang berapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk penobatan Raja Charles III.

Seperti jubilee dan acara serupa lainnya, total biaya akan terungkap beberapa bulan bahkan bertahun-tahun setelah acara.

Dikutip dari Euro News, Kamis (4/5/2023) penyelenggara upacara memperkirakan penobatan Raja Charles III akan menelan biaya sekitar 113 juta euro atau Rp 1,8 triliun.

Tidak seperti acara pernikahan yang dibayar oleh Keluarga Kerajaan, penobatan merupakan salah satu acara kenegaraan di Inggris sehingga besaran biaya akan ditanggung dari pajak yang dibayar masyarakatnya.

Sebagian besar pengeluaran Keluarga Kerajaan Inggris ditanggung oleh pembayaran pajak tahunan yang dikenal sebagai Sovereign Grant.

Pendanaan untuk Sovereign Grant berasal dari persentase keuntungan pengumpulan pendapatan Crown Estate atas tanah dan kepemilikan, yang dimiliki oleh monarki selama masa pemerintahan mereka tetapi dikendalikan secara independen oleh sebuah dewan.

Pada tahun 2022, pajak Sovereign Grant ditetapkan setara dengan 97 juta euro atau kira-kira 1,50 euro untuk setiap orang di Inggris. Sebagian besar pembayaran digunakan untuk pemeliharaan properti, biaya penggajian, pengeluaran perjalanan, dan acara resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Biaya Acara Penobatan Mendiang Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Frank Augstein, Pool, File)
Ratu Elizabeth II. (AP Photo/Frank Augstein, Pool, File)

Untuk mendiang Ratu Elizabeth II, penobatannya menelan biaya sekitar 1,5 juta poundsterling atau Rp. 27,7 miliar.

Penobatan Ratu Elizabeth II dilaksanakan pada tahun 1953. Biaya penobatan tersebut setara dengan 56 juta euro saat ini.


Upacara Penobatan Raja Charles III Bakal Berlangsung 2 Jam, Dihadiri 2 Ribu Pejabat

Stasiun di London Menyambut Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla
Spanduk perayaan penobatan Raja Charles III dipajang di Stasiun Kings Cross di London, Senin, 1 Mei 2023. Penobatan Raja Charles III akan berlangsung di Westminster Abbey pada 6 Mei. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Namun, upacara penobatan Raja Charles III juga menuai pro dan kontra.

Hal itu dikarenakan Inggris yang masih dihadapi krisis biaya hidup dengan melonjaknya harga pangan dan energi.

Menurut jajak pendapat YouGov baru-baru ini, 51 persen warga Inggris berpendapat bahwa acara penobatan seharusnya tidak didanai oleh pembayar pajak.

Sementara itu, acara penobatan Raja Charles III kabarnya akan berlangsung lebih singkat dari yang dilalui mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, berlangsung selama 90 menit atau 2 jam.

Charles juga mengundang lebih sedikit orang: sekitar 2.200 pejabat tinggi dan pemimpin dunia akan hadir dibandingkan dengan lebih dari 8.200 tamu yang menghadiri upacara penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya