Erick Thohir Sebar Bonus ke Pemain Timnas Indonesia U-22 SEA Games 2023, Berapa Nilainya?

Erick Thohir juga membuka opsi akan memgalokasikan dana pribadi untuk sebagian bonus yang bakal diberikan kepada Timnas U-22. Itu bakal jadi satu bagian dengan bonus dari pemerintah.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 19 Mei 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 14:20 WIB
Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Stadion Utama GBK, Jumat (19/5/2023). Erick Thohir memastikan akan memberikan bonus kepada para pemain Tim Nasional Sepakbola U-22. (Arief/Liputan6.com)
Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Stadion Utama GBK, Jumat (19/5/2023). Erick Thohir memastikan akan memberikan bonus kepada para pemain Tim Nasional Sepakbola U-22. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan akan memberikan bonus kepada para pemain Tim Nasional Sepakbola U-22 (Timnas Indonesia) usai memenangkan laga di SEA Games 2023 di Kamboja. Namun, dia belum mengungkap besaran bonus tersebut.

Erick Thohir mengatakan, besaran bonus akan diketahui usai para pemain punggawa Garuda Muda menerima uang bonus tersebut. Kendati begitu, Menteri BUMN ini enggan mengungkap nominal yang disiapkan.

"Nanti kalau udah ditransfer, tanya aja sama pemainnya," ujarnya kepada wartawan di Stadion Utama GBK, Jumat (19/5/2023).

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini juga memberikan kesan memgalokasikan dana pribadi untuk sebagian bonus yang bakal diberikan kepada Timnas U-22. Itu bakal jadi satu bagian dengan bonus dari pemerintah.

"Ya itu paketnya semua," kata dia.

Senada dengan kesempatan sebelumnya, Erick menyebut kalau bonus dalam bentuk uang bukanlah segalanya. Dia tetap menekankan perlu adanya prestasi yang lebih dulu dikejar oleh para pemain.

"Uang itu bukan segalanya, prestasi (dulu), baru uang. Nanti aja uangnya masuk," ungkap Erick Thohir.

Bonus dari Erick Thohir

Diberitakan sebelumnya, Tim nasional U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final di SEAGames 2023. Kabarnya, banyak bonus menanti bagi para pemain timnas tersebut, termasuk dari pemerintah.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir kabarnya juga telah menyiapkan bonus bagi para punggawa timnas Indonesia. Apalagi setelah menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas setelah 32 tahun penantian.

Kendati begitu, Erick belum mengungkap bentuk bonus yang akan diberikan. Termasuk besaran nominal yang disiapkan. Yang pasti, pemerintah sendiri telah menganggarkan sejumlah dana sebagai bonus untuk peraih medali di ajang Sea Games 2023.

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus," kata Erick Thohir, dikutip Rabu (17/5/2023).

Sebelumnya, Erick juga pernah mengungkap akan memberikan bonus. Ungkapan itu disampaikan saat klub PSM Makassar menjadi pemenang BRI Liga 1. Tak tanggung-tanggung, ada dana Rp 2 miliar bonus yang dikucurkan.

"PSM (juara Liga 1) saja ada bonus, masa ini enggak ada. Ya pasti ada lah (bonus untuk pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2023)," katanya beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bonus dari Jokowi

Parade Kemenangan Timnas Indonesia U-22
Pemain Timnas Indonesia U-22 mengikuti parade perayaan kesuksesan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja dengan berkeliling kota Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Pemerintah akan memberikan hadiah atau bonus kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil memenangkan medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Namun, Jokowi belum mengungkap besaran hadiah yang akan dikeluarkan pemerintah untuk timnas dan atlet Indonesia peraih medali SEA Games.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Jokowi pun menyambut kemenangan Timnas U-22 kali ini di ajang SEA Games, yang menjadi penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun. "Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," tuturnya.

 


Konvoi Timnas

Parade Kemenangan Timnas Indonesia U-22
Sejumlah suporter melakukan perayaan bersama pemain Timnas Indonesia U-22 saat mengikuti parade perayaan kesuksesan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (19/05/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-22 mendapatkan emas di ajang SEA Games 2023 cabang sepak bola belum lama ini. Kemenangan ini sangat dinantikan sudah sejak lama karena sudah 32 tahun lamanya sejak Indonesia memenangi emas terakhir.

Menyambut kedatangan tim dan ofisial Timnas Indonesia, PSSI menggelar konvoi pesta medali emas SEA Games 2023 di Jakarta pada hari kerja, Jumat (19/5/2023) mulai pukul 08.00 WIB.

Induk sepak bola di Tanah Air itu pun meminta maaf jika arak-arakan tersebut menganggu aktivitas masyarakat.

Bus Timnas Sepak Bola Indonesia U-22 pun melakukan konvoi yang dimulai dari Stadion GBK Senayan. Konvoi ini diikuti oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo.

"Terima kasih untuk antusiasme para pecinta sepak bola yang dari subuh sudah mengawal para Garuda Muda. Pahlawan kita yang telah berhasil meraih emas di SEA Games 2023, Kamboja," tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya, Jumat (19/5/2023).

Erick menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jalan lainnya yang terganggu karena adanya kegiatan konvoi tersebut. Serta meminta izin agar bisa merayakan kegembiraan yang dinantikan 32 tahun.

"Mohon maaf kepada seluruh pengguna jalan yang menjadi terganggu mobilitasnya. Izinkan kami sesaat merayakan kemenangan setelah berpuasa 32 tahun. Insya Allah ini menjadi momentum kebangkitan sepak bola Indonesia," jelas Erick.

Dari unggahan tersebut, masyarakat terlihat mengerumuni sekitar bus timnas. Mobil dan motor patwal pun ikut mengawal di depan bus dan masyarakat bersorak dengan penuh semangat.

Konvoi Timnas Indonesia ini pun melewati sejumlah jalan dimulai dari Stadion Gelora Bung Karno dan kembali lagi ke lokasi yang sama. Pihak kepolisian pun telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin).

Infografis Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya