Minat Masyarakat Daftar Uji Coba LRT Jabodebek Membeludak, Link Daftar Penuh

PT KAI Divisi LRT Jabodebek rencananya membuka pendaftaran pada periode 10-12 Juli 2023. Sejak awal pembukaan, diketahui banyak masyarakat yang ingin menjajal moda transportasi berbasis rel ini.

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 11 Jul 2023, 09:19 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 09:00 WIB
Kereta LRT
Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek terlihat di Jakarta, Kamis (6/7/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Minat masyarakat menjajal LRT Jabodebek tampaknya sangat besar. Sebab, link pendaftaran untuk ikut uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek yang dibuka sejak 10 Juli 2023 terpantau sudah tak bisa lagi diakses.

Informasi, PT KAI Divisi LRT Jabodebek rencananya membuka pendaftaran pada periode 10-12 Juli 2023. Sejak awal pembukaan, diketahui banyak masyarakat yang ingin menjajal moda transportasi berbasis rel ini.

Menurut pantauan Liputan6.com, saat diakses pada 11 Juli 2023 pukul 08.00 WIB, tautan yang merujuk ke form Google itu tidak menunjukkan kolom-kolom yang bisa diisi. Sebaliknya, ada pengumuman kalau pendaftaran sudah ditutup oleh pihak LRT Jabodebek.

"Terima kasih atas antusiasnya. Pendaftaran kami tutup ya teman Raina," tulis laman tersebut, ditulis Selasa (11/7/2023).

Perlu diketahui, untuk uji coba LRT Jabodebek terbatas ini, hanya masyarakat yang sudah mendaftar yang bisa menjajal LRT Jabodebek. Nantinya, ada tarif khusus dan jumlah perjalanan yang juga terbatas. Termasuk lokasi stasiun keberangkatan LRT Jabodetabek.

Pendaftaran Uji Coba Operasional

Masyarakat yang ingin menaiki LRT Jabodebek harus lebih dulu melakukan pendaftaran. Berdasarkan keterangan Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo, pihaknya menyiapkan empat perjalanan dalam satu hari. Jadi, dalam satu hari, ada sekitar 600 orang yang bisa mengikuti perjalanan tersebut.

Selama masa uji coba ini, masyarakat hanya akan dikenakan biaya Rp 1 saja. Adapun pendaftaran bisa dilakukan melalui link yang sudah diumumkan melalui akun media sosial LRT.

 


Cara Daftar

Depo Kereta LRT
Depo LRT Jabodebek ini bersisian dengan jalan tol Japek. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Nah, bagi kamu yang ingin menjajal perjalanan dengan mode transportasi ini, link pendaftaran uji coba LRT Jabodebek adalah sebagai berikut: https://bit.ly/UjiCobaLRTJabodebek. Lalu untuk melakukan pendaftaran, simak langkah-langkahnya berikut ini:

• Klik link pendaftaran yang telah disediakan

• Lengkapi data diri, seperti nama, alamat, pekerjaan, usia, dan nomor telephone

• Setelah itu pilih rute yang tersedia, yakni Dukuh Atas-Harjamukti PP, Dukuh Atas-Jatimulya PP, Harjamukti-Dukuh Atas PP, Jatimulya-Dukuh Atas PP

• Tunggu konfirmasi jadwal keberangkat dari tim LRT Jabodebek

• Tunjukkan jadwal konfirmasi saat hendak melakukan perjalanan

Sementara hal-hal yang perlu diperhatikan selama pendaftaran uji coba LRT Jabodebek adalah sebagai berikut ini:

• Pastikan membawa KMT/Uang Elektronik yang masih berlaku

• Biaya hanya Rp 1 di semua rute

• Perjalanan dilaksanakan sesuai jadwal dan dapat turun di semua stasiun yang dilalui kecuali stasiun Halim

• Setiap orang diharap hanya mendaftarkan diri satu kali agar bisa memberikan kesempatan pada yang lainnya

 


Tak Daftar Berulang

PT KAI Divisi LRT Jabodebek rencananya membuka pendaftaran pada periode 10-12 Juli 2023.
PT KAI Divisi LRT Jabodebek rencananya membuka pendaftaran pada periode 10-12 Juli 2023.

Kuswardojo juga meminta masyarakat yang sudah pernah mencoba menaiki LRT Jabodebek dalam uji coba agar tidak mendaftar lagi untuk kedua kalinya.

"Tentunya pada masa soft launching LRT ini yang pertama memang jelas, kita meminta pada warga masyarakat untuk memaklumi kondisi tersebut. Karena kami yakin akan banyak sekali warga masyarakat yang ingin mengikuti uji coba ini. Jadi makanya, coba untuk kita semua rajin-rajin lihat medsos kita. Pada saat nanti prinsipnya siapa cepat dia akan dapat," tuturnya.

PT. KAI juga menyebutkan, pengoperasian LRT Jabodebek ini dijalankan tanpa bantuan masinis, tetapi tersambung ke dalam sistem CBTC, atau sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi dari pusat kendali operasi.

Saat uji coba dan beroperasi, kecepatan maksimal LRT Jabodebek bisa mencapai hingga 80 KM per jam. Akan tetapi, kecepatan itu tidak akan diterapkan sama pada setiap stasiun.

"Jadi kecepatan operasional itu maksimal 80 KM per jam. Tapi tentunya tidak akan sama dari satu titik ke titik yang lain, karena jarak dari stasiunnya beda-beda. Jadi makin dekat jarak stasiun, pasti kecepatannya tidak akan sama dengan kecepatan maksimal," kata dia.

Sebelumnya, PT KAI (Persero) telah melakukan uji coba LRT Jabodebek bersama awak media pada Kamis, 6 Juli 2023. Pemberangkatan dimulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat menuju Stasiun Jatimulya, Kabupaten Bekasi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya