Bukan Uang, Ini 5 Penyebab Terbesar Perceraian!

Hampir 690.000 pasangan dilaporkan melakukan perceraian pada 2021. Angka ini menunjukkan hampir setengah dari pasangan yang telah menikah. Menariknya, penyebab perceraian tersebut bukan uang.

oleh Amira Fatimatuz Zahra diperbarui 24 Sep 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2023, 07:00 WIB
Perceraian Terjadi Bukan Soal Uang
Hampir 690,000 pasangan dilaporkan melakukan perceraian pada tahun 2021 (Freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data yang dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hampir 690.000 pasangan dilaporkan melakukan perceraian sepanjang 2021. Angka tersebut hampir setengah dari pasangan lainnya yang melakukan pernikahan.

Banyak pasangan yang mengatakan bahwa perceraian tersebut dilakukan tanpa kesalahan. Artinya, perceraian dapat dilakukan tanpa menunjukkan bahwa salah satu pihak telah melakukan kesalahan.

Namun, bukan berarti terjadi tanpa sebuah konflik. Survei yang dilakukan oleh Forbes Advisor menunjukkan ada beberapa faktor yang sering membuat pasangan merasa tidak nyaman dalam rumah tangga pernikahan mereka.

Dikutip dari CNBC, Minggu (24/9/2023), Berikut ini konflik terbesar yang terjadi oleh pasangan yang memutuskan untuk bercerai:

1. Pilihan Karier

Survei menunjukkan hampir 46% pilihan karir menjadi sumber konflik terbesar dalam sebuah pernikahan.

2. Cara Parenting yang berbeda

Permasalahan parenting menjadi konflik terbesar kedua sebesar 43%

3. Pembagian pekerjaan rumah tangga

Menurut sebuah penelitian di tahun 2022, sains membuktikan bahwa wanita yang sudah berpasangan dan memiliki anak memiliki hasrat seksual yang lebih rendah jika mereka melakukan hampir seluruh pekerjaan rumah tangga.

4. Hubungan dengan keluarga

Menikah bukan hanya menyatukan dua manusia. Menikah berarti juga menyatukan dua keluarga besar. Kadang, pendapat keluarga justru membuat tidak nyaman pasangan sehingga bisa mengakibatkan ketidaksesuaian.

5. Hubungan dengan teman

Hubungan dengan teman bisa juga mengakibatkan perceraian. Tidak hanya teman lawan jenis, teman sesama jenis juga kadang bisa membuat cemburu. Menggunakan waktu luang untuk teman dan bukan untuk pasangan kadang bisa membuat pertikaian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6. Masalah finansial

 

Masalah finansial tidak berada urutan atas penyebab perceraian. Ini artinya masalah keuangan bisa dibicarakan dengan pasangan dalam pernikahan. 

7. Alasan kesehatan

Dari pasangan yang melakukan perceraian, hanya 5% yang mengatakan bahwa tidak mungkin pernikahan mereka bisa diselamatkan.

Sebanyak 63% mengatakan bahwa memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai komitmen sebelum menikah dapat membantu para pasangan untuk menghindari perceraian.

Mereka juga mengatakan mungkin mereka masih bisa bersama dengan pasangannya jika memiliki pemahaman yang lebih baik tentang moral dan nilai pasangan mereka ketika belum menikah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya