Transaksi Berjalan Defisit, Bank Indonesia Pastikan Rupiah Tak Ikut Melemah

Indonesia mencatat defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) negatif di kuartal II 2023, setelah 7 bulan beruntun mengalami surplus.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 22 Agu 2023, 15:44 WIB
Diterbitkan 22 Agu 2023, 15:44 WIB
nilai rupiah melemah terhadap dollar
Pegawai memperlihatkan mata uang rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Kamis (5/1/2023). Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp15.616 per dolar AS pada Kamis (5/1) sore ini. Mata uang Garuda melemah 34 poin atau minus 0,22 persen dari perdagangan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia mencatat defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) negatif di kuartal II 2023, setelah 7 bulan beruntun mengalami surplus. Namun, Bank Indonesia meyakini capaian itu tidak akan membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah.

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Wahyu Agung Nugroho mengatakan, level defisit transaksi berjalan saat ini masih sangat rendah, jauh di bawah batas aman.

"Enggak (akan membuat rupiah melemah), ini defisit biasa aja sebetulnya dan masih rendah ya defisitnya. Masih jauh di bawah katakanlah defisit CAD yang aman,," kata Wahyu di sela-sela acara Asean Fest 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Ekonomi Kuat

Menurut Wahyu, meskipun CAD per triwulan kedua lalu defisit, namun perekonomian domestik cenderung tidak terganggu. Begitu pun nilai tukar rupiah, tidak sampai terperosok.

"Jadi masih jauh dan ini sesuai aja dengan aktivitas ekonomi yang semakin membaik, sehingga ada dampaknya. Rupiah juga Alhamdulillah menguat kan," imbuhnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Level Aman

Nilai Tukar Rupiah Menguat Atas Dolar
Teller tengah menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, level aman defisit transaksi berjalan berada di bawah 3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Adapun CAD per kuartal II 2023 masih sekitar 0,5 persen dari PDB, atau senilai USD 1,9 miliar.

Sementara kurs rupiah pada Selasa (22/8/2023) pagi justru menguat 0,03 persen atau 5 poin menjadi Rp 15.320 per dolar AS, dari sebelumnya Rp 15.325 per dolar AS.

Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ini mengikuti penguatan nilai tukar mata uang regional dan pergerakan positif indeks saham Asia pagi hari ini.

"Secara keseluruhan, tekanan dolar AS terhadap rupiah tinggi karena tingkat imbal hasil obligasi Pemerintah AS terus naik," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

 

 


Saham Asia Menguat, Rupiah Ikut Perkasa Lawan Dolar AS

nilai rupiah melemah terhadap dollar
Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Kamis (5/1/2023). Nilai tukar rupiah ditutup di level Rp15.616 per dolar AS pada Kamis (5/1) sore ini. Mata uang Garuda melemah 34 poin atau minus 0,22 persen dari perdagangan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah pada Selasa pagi menguat 0,03 persen atau 5 poin menjadi 15.320 per dolar AS dari sebelumnya 15.325 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat mengikuti penguatan nilai tukar mata uang regional dan pergerakan positif indeks saham Asia pagi ini.

“Secara keseluruhan, tekanan dolar AS terhadap rupiah tinggi karena tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS terus naik,” ujar pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Selasa (22/8/2023).Tingkat imbal hasil 10 tahun justru naik ke level yang belum pernah disentuh sejak 2007. Kenaikan yield AS ini dinilai berkaitan dengan ekspektasi pasar, bahwa The Fed mungkin masih mempertahankan suku bunga tinggi AS karena data inflasi AS yang belum menyentuh target 2 persen.

“Oleh karena itu, rupiah mungkin dibuka menguat, tapi bisa berakhir melemah karena faktor yield AS tersebut,” ungkap Ariston.

 


Potensi Rupiah

dolar ke rupiah
Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar, selalu mengalami perubahan setiap saat terkadang melemah terkadang juga dapat menguat.

Dia memperkirakan potensi pelemahan rupiah ke arah 15.350 per dolar AS dengan potensi support di kisaran 15.280 per dolar AS.​​​​​​​

Dolar AS bergerak sedikit lebih rendah terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor menunggu data Purchasing Managers' Index (PMI) Standard & Poor's (S&P) pada Rabu (23/8/2023) dan Simposium Ekonomi Jackson Hole pada 24-26 Agustus 2023.

Simposium Ekonomi Jackson Hole akan dihadiri oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde yang diharapkan memberikan petunjuk untuk panduan lebih lanjut tentang kebijakan moneter soal suku bunga mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya